Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Yuk Kenali Empat Perkara Iman kepada Allah

Posted: January 21st 2019

Iman terhadap Allah swt merupakan rukun iman yg pertama. Rukun pertama ini sangat utama serta punyai tempat paling tinggi dalam Islam. Di mana dalam rukun itu, diterangkan kalau iman terhadap Allah subhanhau wa ta’ala merupakan mempercayainya, yakininya dengan sepenuh hati.

Yakin kalau Allah subhanhau wa ta’ala lah yg punya hak disembah serta pemilik dari alam semesta ini. serta semua yg berlangsung id dunia ini merupakan kehendak dariNya.

Dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yg ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, di sebutkan kalau iman terhadap Allah subhanahu wa ta’ala termasuk empat masalah, ialah :

  1. Iman Pada Kehadiran (Bentuk) Allah subhanahu wa ta’ala.

A. Dengan cara fitrah Allah membuat tiap-tiap makhluk beriman terhadap Sang Pencipta. Dalam firmanya,

Baca Juga : rukun islam

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus terhadap agama (Allah) ; (masih atas) fitrah Allah yg udah membuat manusia menurut fitrah itu. Tak ada pergantian pada fitrah Allah. ” (QS. Ar Rum : 30)

B. Akal yg kita punyai memberi isyarat kalau alam ini ada penciptanya, dan tiap-tiap makhluk baik yg terdahulu atau akan tiba hauslah ada zat yg membuat serta mengadakannya.

“Apakah mereka dicetak tiada sesuatupun atau mereka yg membuat (diri mereka sendiri) ? Atau mereka udah membuat langit serta bumi itu? ; sesungguhnya mereka tak yakin (apakah yg mereka ungkapkan) . ” (QS. Ath Thur : 35-36)

C. Tidak hanya itu, panca indra yg kita punyai merupakan satu diantaranya isyarat yg memperlihatkan bakal kehadiran Allah subahanhau wa ta’ala. Kita yg dapat rasakan hangatnya cahaya maahari serta saksikan perubahan siang serta malam merupakan bukti nyata-nyatanya.

“Allah mempergantikan malam serta siang. Kenyataannya pada yg demikian itu ada pelajaran yg besar untuk beberapa orang yg miliki pandangan. ” (QS. An Nur : 44)

D. Ada syariat memberi isyarat ada Allah subhanahu wa ta’ala.

Hukum-hukum berkenaan keperluan umat Allah yg tertuliskan dalam kitab-kitabNya lewat banyak Nabi serta RasulNya. Yg manakah dari semuanya itu merupakan bukti fakta kalau hokum itu dibikin oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

  1. Iman kalau Allah merupakan Tuhan yg Tak Ada Sekutu BagiNya

Yakin kalau Allah subhanahu wa ta’ala merupakan zat yg membuat semua makhuk, menghadirkan semua sesuatunya, membuat alam semesta, membuat langit serta bumi, membuat matahari serta bulan, menciotakan malam serta siang, hewan, tumbuhan, lautan, serta gunung. Karena itu cuma Dial ah yg punya hak disembah, lantaran Dialah yg membuat seluruhnya.

Artikel Terkait : rukun iman

“Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit serta bumi serta apakah yg berada pada dalamnya ; serta Ia Maha Kuasa atas semuanya. . ” (QS al-Maidah : 120)

  1. Beriman dengan Uluhiyyah Allah subhanahu wa ta’ala.

Yakin kalau Allah subhanahu wa ta’ala merupakan Yg Maha Esa dalam segi rububiyyah (ketuhanan) tak ada sekuti bagi-Nya, serta Esa dalam uluhiyyah (peribadatan) tak ada sekutu bagiNya. Karena itu cuma Dialah yg punya hak buat disembah. Menyembah kepada-Nya dengan apakah yg semua diperintahkan-Nya tiada mempersekutukan-Nya.

“ (Yg punyai sifat-sifat yg) demikian itu yaitu Allah Tuhan kamu ; tak ada Tuhan tidak cuman Ia ; Pencipta semuanya, karena itu sembahlah Ia ; serta Ia merupakan Pemelihara semuanya. ” (QS al-An’am : 102)

  1. Beriman dengan Asma’ (beberapa nama) serta sifat-sifat Allah subhanahu wa ta’ala.

Asma Al Husna yg kita pahami merupakan beberapa nama yg mendeskripsikan bakal sifat-sifat dari Allah subhanhau wa ta’ala yg terdiri atas 99 nama, salah satunya merupakan Ar Rahman, Al Malik, As Salam, serta yang lain.

Dari semua nama serta pembawaan itu kita mesti yakininya dengan memahaminya, mengingat, mengaku, serta menyembah Allah subhanhau wa ta’ala dengannya.

“Hanya punya Allah asmaa-ul husna, karena itu bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutkan asmaa-ul husna itu serta tinggalkanlah beberapa orang yg keluar batas dari kebenaran dalam (menyebutkan) nama-nama-Nya. Kelak mereka bakal memperoleh balasan pada apakah yg udah mereka laksanakan. ” (QS al-A’raf : 180)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php