Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Yuk Intip Mapala Terbitkan Kumpulan Cerpen Bahasa Daerah

Posted: January 6th 2019

Angkatan 28 Pergerakan Mahasiswa Pencinta Alam Pergantian (GEMPAR) FKIP Untan menerbitkan antologi narasi pendek berbahasa daerah Bidayuh.

Baca Juga : Contoh cerpen

Buku berjudul Hembusan Betuah Batas Borneo. ini berisi 12 narasi yang diambil dari legenda di sejumlah daerah di Kabupaten Sanggau.

Ketua ekspedisi, Saropah menuturkan ada 7 peserta yang ikuti pekerjaan ini, empat orang team ekspedisi serta tiga orang pendamping. Mereka berkunjung ke beberapa daerah kecil di Kabupaten Sanggau saat 11 hari.

“Kampung-kampung yang kami kunjungi ada Merau, Entabang, Mangkau, Kebak Raya, serta Batu Ampar,” tuturnya, Jumat (23/2/2018).

Mahasiswa pendidikan ekonomi ini menuturkan bila buku ini lahir dari kemauan untuk memberi output riil pada penduduk tentang perjalanan yang mereka kerjakan.

“Saya pikir anak mapala tidak sekedar hanya tahu naik gunung tetapi dalam lakukan perjalanan masih tetap ada output riil yang dapat dikasihkan, yakni satu buku,” katanya.

Ia menjelaskan dalam proses pengumpulan narasi mereka alami masalah komunikasi sebab narasumber yang tidak fasih berbahasa Indonesia, mereka banyak dibantu oleh ketua RT ataupun pemuda-pemuda di kampung yang mereka kunjungi.

“Narasumber kita beberapa tetua kebiasaan, mereka telah berusia serta tidak lancar berbahasa Indonesia,” imbuhnya.

Dari jumlahnya kampung yang mereka kunjungi serta narasi yang terkumpul, ia menjelaskan jika narasi mengenai mengayau sangat menguasai.

Dengan membukukan legenda dari beberapa daerah yang mereka jejaki, ia menjelaskan perjalanan jadi mempunyai arti serta kesan-kesan mendalam.

Dengan keluarnya buku berbahasa daerah inilah mengharap makin banyak pula beberapa orang yang ingin menjaga bahasa ibu.

Sumber : http://wikibelajar.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php