Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Yuk Intip Disbud DIY Terima Ribuan Proposal Tiap Tahun

Posted: January 16th 2019

Dari penulusuran Tribun Jogja, sehari-hari ada seputar tiga sampai sepuluh proposal mengajukan pemakaian danais yang masuk ke meja Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY.

Bila diambil rata-rata delapan proposal masuk /hari dikali 250 hari kerja, jadi dalam satu tahun ada 2.000 proposal yang masuk.

Lebih dari 80 % proposal yang masuk berisi pekerjaan pertunjukan, serta lebih dari 70 % diserahkan untuk pertunjukan cakupan kecamatan, kelurahan, bahkan juga dusun.

Simak Juga : contoh proposal penelitian

Walau sebenarnya, menurut Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono, baik proposal untuk cakupan pekerjaan dusun, desa, kelurahan ataupun kecamatan langsung bisa diserahkan ke Dinas Kebudayaan Kabupaten/Kota yang mempunyai akses memberi danais.

Umar menyangka, minimnya info tehnis mengajukan proposal mengajukan pemakaian danais ini jadi aspek terpenting penduduk langsung ajukan ke Dinas Kebudayaan DIY.

Walau sebenarnya kewenangan yang ditata ketentuan gubernur mengatakan hal itu adalah kewenangan kabupaten atau kota.

“Coba pikirkan, jika satu hari saja tiga proposal masuk minimum dikalikan satu tahun telah berapakah serta rata-rata diserahkan oleh tingkat dusun. Ini jadi masalah buat kami. Kami tidak dapat menampik proposal yang masuk. Masih kami terima serta kami disposisikan ke bagian-bagian yang mengatasi langsung,” tutur Umar waktu didapati di kantornya, Selasa (21/3/2018).

Umar ambil contoh satu proposal yang hari itu diserahkan ke pihaknya.

Proposal yang terbagi dalam enam lembar kertas itu berisi pekerjaan pertunjukkan wayang kulit yang diserahkan tingkat dusun dengan dana sebesar Rp55 juta.

Karena mengajukan itu masuk kewenangan kabupaten atau kota, jadi pihaknya cuma dapat memberi disposisi ke di bagian yang membawahi pertunjukkan wayang kulit.

Akan tetapi, proposal itu automatis tidak dapat di setujui memperoleh danais, walau saat dikurasi oleh kurator yang ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan DIY lolos.

Artikel Terkait :  contoh proposal penelitian

“Yang langsung bisa ajukan proposal untuk memperoleh danais ialah mereka yang mempunyai pekerjaan lintas kabupaten. Perumpamaannya Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) serta Jogja Street Sculpture Prjocet (JSSP). Diluar itu ialah desa budaya yang sudah ditata lewat ketentuan gubernur,” jelas Umar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php