Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Simaklah Usai Sosialisasi SOP, Lion Air dan Wings Air Dapat Kenakan Biaya Bagasi Tercatat

Posted: February 6th 2019

Perjanjian Pergantian Standar Operating Procedure (SOP) Layanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Hawa Niaga Berjadwal Dalam Negeri PT. Lion Mentari Airlines serta PT. Wings Langgeng selanjutnya dikasihkan Direktur Jenderal Perhubungan Hawa pada Selasa (8/1) .

langkah seterusnya merupakan, mengerjakan pemasyarakatan sepanjang 14 hari atau 2 minggu sejak mulai pergantian SOP. Kemudian, baru Lion Air serta Wings Air mulai bisa memungut ongkos atas bagasi tertulis penumpangnya.

Baca Juga : SOP adalah

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Hawa Polana B. Pramesti, keputusan perihal bagasi tertulis dirapikan dalam Clausal 22, Ketetapan Menteri Perhubungan Nomer PM 185 Tahun 2015 Terkait Standard Layanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Hawa Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Peraturan itu memaparkan, dimana tiap-tiap maskapai dalam tentukan standard layanan melihat group layanan yg dipraktekkan semasing maskapai, termasuk juga peraturan bagasi tertulis. Layanan maskapai penerbangan berkenaan perlakuan bagasi tertulis sesuai dengan group layanannya.

Polana memaparkan kalau Tubuh Upaya Angkutan Hawa Niaga Berjadwal Dalam Negeri dalam berikan layanan mesti membuat SOP dalam bahasa Indonesia yg dapatkan perjanjian Direktur Jenderal Perhubungan Hawa. “Demikian juga buat tiap-tiap pergantian SOP mesti dapatkan perjanjian Direktur Jenderal Perhubungan Hawa, ” ujarnya dalam info terdaftar yg di terima Gatra. com, Selasa (8/1) .

Artikel Terkait : CSR adalah

Dia memberi tambahan kalau sama seperti dirapikan dalam clausal 3 PM 185 Tahun 2015, ada tiga group layanan yg dipraktekkan oleh semasing Tubuh Upaya Angkutan Hawa Niaga Berjadwal. “Pertama, layanan dengan standard maksimal (full services) , ke dua, layanan dengan standard menengah (medium services) serta ke-tiga, layanan dengan standard minimal (no frills) , ” jelas Polana.

Polana memaparkan kalau ada tiga group layanan dari semasing maskapai penerbangan ; 1. Full Service : PT. Garuda Indonesia serta PT. Batik Air ; 2. Medium service : PT. Trigana Air service, PT. Travel express, PT. Sriwijaya Air, PT. NAM Air serta PT. Transnusa Air Service ; 3. No frill Service : PT. Lion Air, PT. Wings Air, PT. Indonesia AirAsia, PT. Indonesia AirAsia Extra, PT. Citilink Indonesia serta PT. Asi Pudjiastuti Aviation.

“Berdasarkan group layanannya, PT. Lion Mentari Airlines serta PT. Wings Langgeng merupakan group layanan minimal (no frills) , hingga bagasi tertulis bisa digunakan ongkos serta perihal itu mesti dituangkan dalam SOP Layanan, ” kata Polana.

PT. Lion Mentari Airlines serta PT. Wings Langgeng udah memberikan Rencana Pergantian SOP Layanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Hawa Niaga Berjadwal berkenaan peniadaan bagasi percuma (free baggage allowance/FBA) dengan memastikan peraturan bagasi berbayar serta menambahkan proses bagasi prabayar (pre-paid baggage) .

Seterusnya Polana mengemukakan kalau buat implementasi Pergantian SOP Layanan Penumpang yg udah memperoleh perjanjian, terhadap PT. Lion Mentari Airlines serta PT. Wings Langgeng mesti buat mengerjakan perihal sebagaimana berikut :

a. Meyakinkan distribusi dokumen pergantian SOP Layanan Penumpang sesuai lis distribusi dokumen.
b. Mengerjakan pemasyarakatan pergantian SOP Layanan Penumpang terhadap pemakai serta penyelarasan terhadap semuanya pemangku keperluan.
c. Meyakinkan berjalannya proses perlakuan aduan penumpang sesuai sama keputusan yg laku.
d. Meyakinkan langkah perubahan yg dilaksanakan ini memiliki tujuan buat menambah efisiensi serta efektifitas kemampuan operasi.

“Kepada Lion Air serta Wings Air dikasihkan waktu 2 minggu atau 14 hari buat mengerjakan pemasyarakatan, baik terhadap operator bandara, groundhandling, banyak agen penjualan ticket atau terhadap warga pemakai layanan, ” ujar Polana.

Dengan di lakukannya perihal itu karena itu dikehendaki pergantian keputusan yg dilakukan oleh Lion Air serta Wings Air bisa dimengerti warga serta pada aplikasinya bisa berjalan dengan baik di lapangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php