Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Nadia Comaneci, Sang Legenda ‘Kesempurnaan’ Dunia Senam Atletik

Posted: November 28th 2018

Nadia Comaneci berubah menjadi orang pertama yg sempat menggapai angka prima, ialah 10, dalam persaingan Olimpiade cabang senam. Prestasi menakjubkan itu dia raih kala jadi pemenang medali emas pada arena sangat berkelas pada dunia olah-raga, Olimpiade, yg dilangsungkan di Montreal tahun 1976.

Dalam persaingan itu, Nadia Comaneci mendapat tiga medali emas, dua perak, serta satu perunggu. Sesaat pada Olimpiade tahun 1980, dia jadi pemenang dua medali emas, serta dua perak.

Baca yuk : kebugaran jasmani

Nadia Comaneci dilahirkan di Onesti, Rumania, pada 12 November 1961. Dia udah berlatih senam sejak mulai usianya sangatlah muda, bahkan juga disaat beranjak umur 6 tahun, Comaneci udah diarahkan oleh Bela Karoli, pesenam hebat dari negerinya. Kala itu, Karoli tengah mencari anak-anak memiliki bakat yg bakal ikut serta dalam team senam junior Rumania, serta Comaneci sukses undang perhatian Karoli, sampai selanjutnya di terima dalam team junior itu.
Pada 1969, Comaneci diikutkan dalam suatu persaingan nasional, sebagai pengalaman profesional pertamanya, serta dia sukses menduduki posisi ke-13. Tahun seterusnya, Comaneci turut dalam arena kejuaraan senam junior tingkat nasional, serta sukses keluar jadi juara. Suatu prestasi yg sangatlah menakjubkan ditampakkan oleh Comaneci, yg cuma 1 tahun berlalu dari persaingan awal kalinya.
Nadia ComaneciNadia Comaneci (Poto : Wikimedia Commons)
Nadia Comaneci terus berlaga di sebagian kejuaraan senam Blok Timur, serta senantiasa keluar jadi pemenang. Perjalanan karir pertamanya di luar lokasi Rumania di mulai pada 1975, disaat dia jadi pemenang Kejuaraan Eropa di Skien, Norwegia. Comaneci sukses menggapai empat dari lima medali emas yg diperebutkan dalam arena itu.
Dalam sesi penyisihan Olimpiade tahun 1976, dia membuat enam dari delapan angka prima. Sembari menyediakan diri berlaga dalam Olimpiade, Comaneci ikuti persaingan di Amerika, serta sukses keluar jadi juara dengan menggapai beberapa angka prima.
Beragam prestasi yg dia toreh, serta beberapa piala bergensi yg menyenangkan negerinya, dilaksanakan disaat usianya baru beranjak 15 tahun. Nama Nadia Comaneci lantas berubah menjadi buah bibir di semuanya dunia. Dia berubah menjadi ide untuk banyak orang, terlebih mereka yg bergulat pada dunia olah-raga senam.

Di Montreal, dia jadi pemenang medali Olimpiade buat semua cabang yg dia ikuti, serta medali emas buat semua putaran. Pada cabang Palang Bertingkat, dia mendapat dua angka prima (20 point) , serta pada Balok Keselarasan, dia mendapat keseluruhan angka yg hampir prima (19, 95 point) . Disamping itu dalam cabang Senam Lantai, dia jadi pemenang medali perunggu.
Nadia Comaneci mengulangi keberhasilannya pada arena Olimpiade tahun 1980, dengan mengambil emas dari arena Balok Keselarasan, serta Senam Lantai. Dia terus jadi pemenang medali perak dari semua putaran, tetapi menyebabkan pembicaraan lantaran team Rumania terasa Comaneci selayaknya menggapai medali emas. Bela Karoli menuduh Jerman Timur bertanggung-jawab pada kecurangan yg di alami Comaneci.

Artikel Terkait : senam lantai

Nadia Comaneci terus menentukan buat tinggalkan Rumania pada 1 November 1989, serta hendak memutuskan untuk jadi penduduk negara Amerika Serikat. Disana, dia tetap terkadang mengkuti sejumlah arena senam dunia, meski karirnya tak seperti awal kalinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php