Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Jangan Lewatkan 14 Keutamaan Shalat Dhuha 6 Rakaat

Posted: December 20th 2018

shalat dhuha adalah sholat yg dilaksanakan sehabis muncul matahari sampai saat masuk waktu dzuhur. Saatnya di mulai kala matahari kelihatan kelihatan lebih kurang setinggi tombak serta selesai sampai tergelincir matahari (waktu Dzuhur) . Buat jam nya lebih kurang waktu 07. 00 sd 10. 00 waktu ditempat. Hukum sholat dhuha merupakan sunah muakkad.
ads

Oleh sebab itu, barang siapa yg mau dapatkan pahala serta kelebihannya atau memperoleh keutamaan shalat dhuha yg menakjubkan, silakan melakukan sholat dhuha. Bila lantas tak menjalankannya, karena itu tak kan berdosa. Ada amat banyak keutamaan sholat dhuha. Semua keutamaan itu dapat teman dekat dapatkan di sebagian hadits Rasulullah SAW. Mengenai 14 Keutamaan Shalat Dhuha 6 Rakaat merupakan sebagaimana berikut.

  1. Bentuk Sedekah

Gadis dari Bandungini berubah menjadi miliarder
Binomo
Rasulullah sempat memaparkan kalau sholat dhuha adalah sesuatu bentuk sedekah orang muslim di mana ada hikmah sedekah dalam islam. Pembicaraannya ini ada dalam suatu hadits yg diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bunyi haditsnya merupakan sebagaimana berikut.

Artikel Terkait : waktu sholat dhuha

“Setiap ruas dari anggota badan pada kalian waktu pagi hari, mesti dikeluarkan sedekahnya. Tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, tiap-tiap takbir adalah sedekah, memerintah kebaikan adalah sedekah, serta menghindar kemungkaran adalah sedekah. Serta semuanya itu dapat disejajarkan dengan melakukan Sholat Dhuha dua rakaat”. (H. R Muslim dari Abu Dzar)

  1. Jadi simpanan amal

Sholat dhuha dapat jadikan jadi simpanan amal cadangan yg dapat kamu bisa pahalanya dalam hari akhir dima kita haruss yakin dikarenakan ada hukum tak yakin dalam hari akhir sebagai tindakan dosa. Rasulullah SAW memaparkan dalam haditsnya ; “Sesungguhnya yg pertama dihisab pada diri hamba dalam hari kiamat dari amalannya merupakan sholatnya. Apabila benar (sholatnya) karena itu dia udah lulus serta untung, sekiranya rusak (sholatnya) karena itu dia bakal sedih serta rugi.

Apabila ada kekurangan pada sholat wajibnya, karena itu Allah berfirman, ‘Perhatikanlah, apabila hamba Ku punyai sholat sunah karena itu sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekadar apakah sebagai kekurangan pada sholat wajibnya. Apabila usai masalah sholat, baru amalan yang lain. ” (H. R. Ash habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

  1. Dapatkan keuntungan dunia akherat

  2. Baca juga : doa sholat dhuha

Sholat dhuha punyai keutamaan satu diantaranya merupakan di dalamnya ada keuntungan yg besar serta terutama apabila dikerjakan pada kala shalat dhuha yg baik menurut islam. Masalah ini kelihatan dari keterangan hadits Rasulullah SAW yg berbunyi “Barangsiapa sholat Dhuha 2 rakaat, dia tak kan termasuk juga grup pelupa/lupa. Barangsiapa sholat Dhuha 4 rakaat, bakal dimasukkan terhadap grup orang orang yg taubat (kembali terhadap Allah) .

Barangsiapa sholat Dhuha 6 rakaat, bakal dicukupi kebutuhannya hari itu. Barangsiapa sholat Dhuha 8 rakaat, termasuk juga grup hamba hamba yg taat. Serta barangsiapa sholat Dhuha 12 rakaat karena itu Allah bakal membuat baginya rumah di surga”. (H. R. Thabrani dari Abu Darda’)

  1. Memperoleh kelapangan rizki

Orang yg rajin melakukan sholat dhuha lantaran Allah bakal dikasihkan kelapangan rizki oleh Nya. Dalam hadits Qudsi dari Abu Darda’ Rasulullah SAW memaparkan kalau Allah SWT berfirman : “Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) lantaran Saya pada awal siang (sholat Dhuha) empat rakaat, karena itu Saya bakal cukupi (kepentingan) mu hingga sore hari”. (H. R. Tirmidzi)

  1. Pahala seperti haji serta umrah

Keutamaan beda dari sholat dhuha merupakan mendapat pahala haji serta umrah untuk barang siapa yg menjalankannya. Dalam hadits dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yg sholat shubuh berjamaah lantas duduk berzikir buat Allah sampai matahari muncul lantas (dilanjut dengan) melakukan sholat dhuha dua rakaat, karena itu baginya seperti mendapat pahala haji serta umrah, semuanya, semuanya, sepenuhnya”. (H. R. Tirmidzi)

  1. Memperoleh ampunan dosa

Orang yg kerap melakukan sholat dhuha, Allah bakal mengampuni semua dosanya walau sejumlah buih di laut. Dalam hadits yg bersumber dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yg mengontrol sholat dhuha, karena itu dosa dosanya bakal diampuni walaupun sejumlah buih di lautan”. (H. R. Tirmidzi, Ibnu Majah, serta Ahmad) .

  1. Memperoleh rumah di surga

Keutamaan yg ada dalam sholat dhuha amatlah banyak serta spesial. Mengenai satu diantaranya kelebihannya merupakan Allah bakal membangunkan istana di surga untuk orang yg kerap melakukan sholat dhuha. Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa sholat Dhuha dua belas rakaat, karena itu Allah bakal membuat baginya istana dari emas di surga”. (H. R. Tirmidzi serta Ibnu Majah) .

  1. Berubah menjadi hamba yg sholeh

“Wahai Tuhanku, kenyataannya waktu dhuha merupakan waktu dhuha Mu, keagungan merupakan keagungan Mu, keindahan merupakan keindahan Mu, kapabilitas merupakan kapabilitas Mu, penjagaan merupakan penjagaan Mu, Wahai Tuhanku, seandainya rezekiku ada diatas langit

karena itu turunkanlah, seandainya ada dalam bumi, karena itu keluarkanlah, seandainya susah mudahkanlah, seandainya haram sucikanlah, seandainya jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha Mu, kekuasaan Mu (Wahai Tuhanku) , datangkanlah padaku apakah yg Engkau datangkan terhadap hamba hambaMu yg soleh”.

  1. Ikuti teladan Rasulullah

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sempat melakukan sholat dhuha sejumlah delapan rakaat. Pada tiap-tiap dua rakaat, beliau mengucap salam (HR. Abu Dawud ; shahih)

  1. Adalah wasiat dari Rasulullah

Shalat dhuha diwasiatkan Rasulullah terhadap Abu Hurairah untuk jadi amal harian. “Kekasihku –Rasulullah SAW mewasiatkan tiga soal padaku : berpuasa tiga hari tiap-tiap bulannya, mengerjakan shalat dhuha dua raka’at serta shalat witir sebelum tidur. ” (Muttafaq ‘alaih)

  1. Dicatat jadi orang yg patuh

Shalat dhuha merupakan shalat awwabin, ialah shalatnya orang orang yg patuh. Merutinkan shalat dhuha membuat seorang dicatat jadi orang orang yg patuh. Abu Hurairah RA berkata : “Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga masalah yg saya tak meninggalkannya : biar saya tak tidur terkecuali sehabis mengerjakan shalat witir, biar saya tak tinggalkan dua rakaat shalat Dhuha lantaran dia merupakan shalat awwabin dan biar saya berpuasa tiga hari tiap-tiap bulan” (HR. Ibnu Khuzaimah ; shahih)

  1. Dapatkan kebaikan selama seharian

Dari Abu Darda’ ra, dia berkata kalau Rasulullah SAW berkata : Allah ta`ala berkata : “Wahai anak Adam, shalatlah buat Ku empat rakaat dari mula hari, karena itu Saya bakal cukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya” (Shahih al Jami : 4339) .

  1. Menghindar tenggelam dalam dosa

Penulis ‘Aunul Ma’bud –Al ‘Azhim Langgeng menuturkan, “bahwa shalat Dhuha bakal menyelematkan pelakunya dari beragam soal yg membahayakan. Dapat pula bertujuan kalau shalat Dhuha bisa mengontrol dirinya sendiri dari tenggelam dalam dosa atau dia bakal dimaafkan apabila tenggelam di dalamnya. Atau maknanya dapat lebih luas dari itu. ” (‘Aunul Ma’bud, 4 : 118)

At Thibiy berkata, “Yaitu engkau bakal dikasih kecukupan dalam kegiatan serta urusanmu, dan bakal di hilangkan dari banyak hal yg tak digemari sehabis engkau shalat sampai akhir siang. Yg disebut, selesaikanlah urusanmu dengan ibadah pada Allah di muka siang (di waktu Dhuha) , karena itu Allah bakal mudahkan urusanmu diakhir siang. ” (Tuhfatul Ahwadzi, 2 : 478) .

  1. Isyarat Iman

Dalam hadits yg beda, Rasulullah SAW memaparkan kembali kalau sholat dhuha merupakan sedekah. “Dalam diri manusia ada tiga ratus enam puluh ruas tulang, lebih baik dia keluarkan satu sedekah buat tiap-tiap ruas itu. Banyak kawan akrab ajukan pertanyaan, ‘Siapa yg bisa melakukan perihal itu wahai Nabi Allah? ’ Nabi berkata, ‘Dahak di masjid yg engkau kubur, satu aral yg engkau singkirkan dari jalan. Apabila kamu tak dapatkan suatu hal yg seimbang, karena itu cukup bagimu sholat Dhuha dua rakaat”. (H. R. Abu Daud serta Ahmad dari Abu Buraidah) .

Tata trik shalat dhuha 6 rakaat sama seperti sholat sunnah dua rakaat umumnya, ialah :

Tekad
Takbiratul ikram, lebih baik apabila disertai dengan doa iftitah
Membaca surat Al Fatihah
Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Dapat surat Asy Syams atau yang lain.
Ruku’ dengan tuma’ninah
I’tidal dengan tuma’ninah
Sujud dengan tuma’ninah
Duduk pada dua sujud dengan tuma’ninah
Sujud ke dua dengan tuma’ninah
Berdiri kembali buat menunaikan rakaat ke dua
Membaca surat Al Fatihah
Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Dapat surat Adh Dhuha atau yang lain.
Ruku’ dengan tuma’ninah
I’tidal dengan tuma’ninah
Sujud dengan tuma’ninah
Duduk pada dua sujud dengan tuma’ninah
Sujud ke dua dengan tuma’ninah
Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
Salam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php