Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Jangan Lewatkan 10 Doa Akhir Ramadhan Yang Dibaca Rasulullah Di 10 Malam Yang Terakhir

Posted: December 31st 2018

Hakikatnya tak ada tempat buat menopangkan impian kita tidak cuman terhadap Allah SWT.

Allah berubah menjadi salah satu tempat kita buat memohon atas semuanya serta Allah jualah tempat kita tergantung.

Baca Juga : Doa qunut

Lantaran Allah senantiasa meluluskan apakah yg kita pinta, apabila kita memintanya dengan khusuk serta hati yg ikhlas lantaran Allah.

Ditambah lagi apabila kita memohon di bulan Ramadhan ini, yakinkan bila kita memohon suatu hal terhadap Allah di bulan Ramadhan ini, pastinya Allah bakal mengabulkannya.

Dari Ahmad serta Ash-habus Sunan dari Nu’man bin Basyir kalau Rasulullah saw. bersabda : ” Kenyataannya berdoa itu adalah beribadah, terus dibacanya ayat yg mempunyai arti : ” Berdoalah kamu kepada-Ku tidak mustahil Ku wujudkan doamu itu’! Beberapa orang yg menyombongkan diri sampai gak ingin ibadah kepada-Ku benar-benar mereka itu bakal masuk neraka dalam situasi hina dina! ” (Q. S. Al-Mukmin : 60) .

Ini adalah janji Allah pada seseorang yg mengerjakan puasanya dengan perasaan ikhlas serta khusyu di mana bakal terlahir hati yg suci serta jiwa yg bersih cuma pada Allah.

Seperti doa yg udah di ajarkan Rasulullah privat di bulan suci, “Asyhadu an-laa ilaha illa-Allah, astaghfirullah. . Asaluka ridhoka wal jannahwa a’uudzu bika min sakhatika wan naar “. Saya bersaksi kalau tidak ada tuhan tidak cuman Allah, saya meminta ampunan Allah, saya meminta ridho-Mu serta surga, ya Allah serta saya meminta dihindarkan dari kemurkaan-Mu serta azab neraka.

Dan buat tiap-tiap malam, kita pun diminta buat melantunkan doa, “Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa’fu annaa”. Ya Allah sesuangguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyintai permaafan, sebab itu maafkanlah daku.

Kala bulan Ramadhan bertambah mendekati akhir, tak mengartikan amal kebaikan berubah menjadi bertambah longgar dikarenakan mendekati akhir Ramadhan kita mesti lebih rajin dalam mengamalkan kebaikan.

Sebelum kedepannya hingga dalam akhir Ramadhan, satu diantaranya yg dapat kita melakukan merupakan berdoa.

Sepuluh Hari Paling akhir

Pada sejarah, Sayyidah ‘Aisyah r. a di ceritakan kala bulan Ramadhan masuk 10 hari paling akhir, Nabi Muhammad saw tinggalkan banyak istrinya serta konsentrasi buat beribadah saat malam hari serta membangunkan banyak istrinya buat beribadah.

Beribadah yg dilaksanakan Nabi waktu malam hari merupakan dzikir, itikaf serta tilawah Alquran.

Udah ceritakan terhadap kami Abu al-Yaman berkata, udah memberitakan terhadap kami Syu’aib berkata, udah ceritakan terhadap kami Abu az-Zanad dari al-A’raj dari Abu Hurairah berkata kalau Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa menegakkan lailatul qadar lantaran iman serta mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yg udah waktu lalu. ” (H. R. Bukhari 34, diriwayatkan pun oleh jamaah pakar hadis) .

Dari perintah-perintah amalan Nabi saw do 10 malam paling akhir ialah doa Ramadhan serta ada 2 doa yg diprioritaskan jadi doa akhir Ramadhan ialah doa Qunut waktu shalat Witir serta doa pengharapan lailatul qadar.

Doa Qunut

Udah ceritakan terhadap kami Qutaibah udah ceritakan terhadap kami Abu al-Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu al-Khaura’ As Sa’di ia berkata, al-Hasan bin Ali r. a. berkata, “Rasulullah saw. mengajariku sejumlah kalimat yg saya katakan dalam salat Witir, ialah Allahummahdini fiiman hadait, wa’aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a’thait, waqinii syarrama qadlait, fainnaka taqdli walaa yuqdla ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarakta rabbana wata’aalait.

Doa Mengharapkan Malam Lailatul Qadar

Udah ceritakan terhadap kami Qutaibah udah ceritakan terhadap kami Ja’far bin Sulaiman Adh Dhuba’i dari Kahmas bin al-Hasan dari Abdullah bin Buraidah dari Aisyah dia berkata, “Wahai Rasulullah, seandainya saya paham malam apa lailatul qadar, apa yg saya katakan kepadanya? ”

Beliau mengemukakan, “Ucapkan : Allaahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Ya Allah, kenyataannya Engkau Maha Pemberi Ampunan serta Maha Pemurah, Engkau puas berikan ampunan, karena itu ampunilah saya) . ” Abu Isa berkata, “Hadis ini merupakan hadis hasan sahih. (H. R. Tirmidzi 3435 diriwayatkan pun oleh Ibnu Majah 3840, Ahmad 24215, 24320, 24322, 24330, 24559, serta 25018) .

Satu diantaranya trik terpilih buat menyudahi bulan Ramadhan yakni dengan memanjatkan doa perpisahan yg dibacakan waktu malam paling akhir Ramadhan, namun diminta pun buat membaca doa di 2 malam paling akhir Ramadhan ialah waktu malam ke-29 serta malam ke-30.

Dibawah ini merupakan sejumlah pilihan doa yg dapat anda pakai dalam akhir Ramadhan.

Doa Akhir Ramadhan 1

Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al Mustafa SAW : “Siapa yg membaca doa ini saat malam paling akhir Ramadhan, dia bakal dapatkan salah satunya dari dua kebaikan : menjumpai Ramadhan lain kesempatan atau pengampunan serta rakhmat Allah”. “Ya Allah, jangan sampai Engkau buatlah puasa ini jadi puasa yg paling akhir dalam hidupku. Apabila Engkau berketetapan demikian sebaliknya, karena itu jadikanlah puasaku ini jadi puasa yg dirakhmati bukan yg hampa semata”.

Doa Akhir Ramadhan 2

Ya Allah, saya meminta dengan perantaraan rakhmat, keluhuran, kebaikan, ampunan, rakhmat, kebaikan, serta pemberianMu. Jangan sampai Engkau membuat Ramadhan ini jadi peluang terakhirku. Sudilah duganya Engkau membawa saya sampai Ramadhan seterusnya dalam situasi yg terbaik serta tampilkan saya hilal Ramadhan seterusnya bersama-sama beberapa orang yg menyaksikan keleluasaan rakhmatMu. Limpahkanlah anugerahMu. Tidak ada Tuhan tidak cuman Allah.

Doa Akhir Ramadhan 3

Ya Allah, saya meminta padaMu, sudilah Engkau mencurahkan RakhmatMu pada Muhammad serta keluargaNya serta buatlah pun bulan ini penuh dengan keagungan Ramadhan yg udah berlalu dari kami sejak mulai Kau turunkan ke dunia ini jadi suatu barokah dalam mengontrol agama, jiwa serta semua kebutuhanku. Berilah saya atas buat menanggulangi semua soal, sempurnakan pun pemberian nikmatMu ini, palingkan saya dari semua keburukan serta hias saya dengan kemeja kesucian pada bulan ini.

Doa Akhir Ramadhan 4

“Ya Allah, hamba mengharapkan jangan sampai Engaku buatlah puasa ini berubah menjadi puasa paling akhir dalam kehidupanku. Semisalkan Engkau punyai keputusan demikian sebaliknya, karena itu hamba meminta buat membuat puasaku berubah menjadi puasa yg penuh dengan berkah serta bukan suatu puasa yg buang waktu dan tak bermakna. Apabila ada dosaku yg belum juga Engkau ampuni atau siksaan yg bakal saya peroleh lantaran dosa itu hingga sebabkan muncul fajar pada ini malam atau bulan ini berlalu, karena itu hamba meminta ampunilah hamba wahai Zat yg maha pengasih dari semua yg mengasihi. ”

Doa Akhir Ramadhan 5

Ya Allah, terima puasaku dengan sebaik baiknya penerimaan, pengampunan, kemurahan serta pokok keridhaanMu hingga selanjutnya Kau dapat memenangkanku dalam semua kebaikan serta semua anugerah yg udah Engkau curahkan pada bulan yg suci ini.

Selamatkan hamba dalam perasaan bingung pada petaka yg tengah mengintai serta doa berkesinambungan. Dengan rahmatMu, golongkan saya pada seseorang yg memperoleh keutamaan malam al-Qadar, malam yg udah Engkau pastikan berubah menjadi malam baik dari seribu bulan dalam keagungan ganjaran, keindahan sukur, kemuliaan kumpulan, panjang usia dan keringanan yg berkesinambungan.

Doa Akhir Ramadhan 6

Doa ini merupakan doa yg di ajarkan Rasulullah jadi doa perpisahan bulan Ramadhan malam ke-28 serta malam ke-29. Orang yg mendoakan ini waktu malam paling akhir bulan Ramadhan maka dapat memperoleh 2 kebaikan ialah bersua dengan Ramadhan seterusnya atau pengampunan dan berkah dari Allah.

Ya Allah, Ramadhan tidak lama kembali bakal berlalu, Saya mohonkan padaMu dengan perantaraan WajahMu yg mulia, dengan perantaraan kalimatMu yg prima, apabila tetap bersisa padaku dosa yg belum juga Kau ampuni, atau dosa yg sebabkan saya disiksa oleh karena itu atau sampai berlalunya bulan Ramadhan ini, karena itu ampunilah seluruhnya ya Allah.

Ya Allah, jangan sampai Engkau buatlah puasa ini jadi puasa yg paling akhir dalam hidupku. Apabila Engkau berketetapan demikian sebaliknya karena itu jadikanlah puasaku ini jadi puasa yg dirahmati serta bukan puasa yg hampa semata-mata Maha Suci Allah dengan semua Firmannya. Amin.

Doa Akhir Ramadhan Ke-7

Ya Allah, berilah hamba arahan ketujuan pada keredhaanMu serta jangalah Kau berikan jalan pada syaitan biar kuasai saya. Jandikan syurga bagiku sebagai tempat tinggal serta peristirahatanku, wahai pemenuh kebutuhan untuk orang yg memohon.

Doa Ramadhan Ke-8

Ya Allah, penuhkan hidupku dengan sejumlah amalan sunnah serta muliakan saya dengan terkabulnya semuanya doaku. Dekatkan perantaraanku padaMu di antara semua penghubung, wahai yg gak repot dengan permohonan orang yg memohon.

Doa Ramadhan Ke-9

Ya Allah, liputi saya dengan berkah serta kasih pun padaku taufiq dan penjagaan. Sucikan hatiku serta noda fitnah wahai pengasih banyak hambaNya yg mukmin.

Doa Ramadhan Ke-10

Ya Allah, buatlah puasaku diikuti dengan sukur serta penerima di atas keredhaanMu serta keredhaan rasul. Cabangnya kukuh serta kuat atas utamanya serta selanjutnya, terima pokok kefardauan puasa Ramadhan serta ikhlaskan hati kala melaksanakannya cuma semata-mata buat Allah SWT.

Pada penghujung bulan Ramadhan ini, cuma ampunan serta pembebasan dari siksa neraka yg dapat kita mengharapkan dari Allah yg Maha Pengampun serta kita mengharapkan mudah-mudahan Allah dapat terima semua amal dan beribadah yg udah kita melakukan sepanjang Ramadhan walaupun cuma dikit serta banyak sekali kekurangan.

Mudah-mudahan Allah dapat membuat kita insan yg istiqomah dalam menjalankan beribadah sesudah bulan suci Ramadhan.

Sumber :  http://www.gopintar.com/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php