Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Ini Dia Macam-macam Riba dan Pengertiannya, Serta Dasar Hukum yang Wajib Diketahui

Posted: February 26th 2019

Dalam artian bahasa, riba bermakna penambahan (dalam bahasa Arab azziyadah). Arti penambahan dalam riba ialah penambahan yang datang dari usaha haram yang merugikan salah satunya pihak pada suatu transaksi.

Dalam artian lainnya dengan linguistik seperti Liputan6.com kumpulkan dari beberapa sumber, Selasa (15/1/2019), riba pun bermakna tumbuh serta jadi membesar. Mengenai menurut arti tehnis, riba bermakna pemungutan penambahan dari harta inti atau modal dengan batil.

Artikel Terkait : riba adalah

Pemahaman riba di kamus ialah keunggulan atau penambahan atau surplus. Tapi dalam pengetahuan ekonomi, riba mengacu pada keunggulan dari jumlahnya uang inti yang dipinjamkan oleh si pemberi utang dari si peminjam. Dalam Islam, riba dengan spesial menunjuk pada keunggulan yang disuruh lewat cara yang spesial.

Kata riba dalam bahasa Arab bisa bermakna penambahan walau dikit diatas jumlahnya uang yang dipinjamkan, sampai meliputi sekaligus juga riba serta bunga. Riba dalam perihal ini semakna dalam kata usury dalam bahasa Inggris yang bermakna suku bunga yang lebih dari umumnya atau suku bunga yang mencekik.

Pemahaman Riba
Dari beberapa pengertian, bisa diambil kesimpulan jika riba ialah satu pekerjaan pemungutan nilai lebih yang memberatkan dari akad perekonomian, seperti jual beli atau utang piutang, dari penjual pada konsumen atau dari pemilik dana pada peminjam dana, baik didapati bahkan juga tidak didapati, oleh pihak ke-2.

Riba dapatlah dimengerti cuma hanya pada nilai lebih dari nilai inti pada suatu akad perekonomian.Sesudah tahu pengertian riba, jadi terpenting untuk tahu beberapa macam riba serta pengertiannya.

Pada dasarnya, riba bisa digolongkan jadi dua, yakni riba yang terkait dengan utang piutang serta riba yang terkait dengan jual beli. Dengan tahu beberapa macam riba serta pengertiannya kamu dapat tahu kenapa riba tidak bisa diijinkan.

Beberapa macam Riba serta Pengertiannya
Contoh berbelanja
Contoh berbelanja. Sumber photo: unsplash/rawpixel.
Pada dasarnya beberapa macam riba dibagi jadi dua, yakni riba mengenai piutang serta riba jual beli. Riba hutang piutang terdiri kembali jadi riba Qard serta riba Jahiliyah. Sedang riba jual beli terdiri jadi riba Fadhl serta riba Nasi’ah.

Simak Juga : introvert adalah

  1. Riba Hutang Piutang

Riba hutang piutang terdiri jadi 2 jenis, yakni riba Qard serta riba Jahiliyah.

  • Riba Qard

Riba Qard yakni satu faedah atau tingkat keunggulan spesifik yang diisyaratkan pada yang berhutang.

  • Riba Jahiliyah

Riba Jahiliyah yakni hutang yang dibayar lebih dari intinya, sebab si peminjam tidak dapat bayar hutangnya pada saat yang diputuskan.

  1. Riba Jual Beli

Riba jual beli terdiri pun jadi 2, yakni riba Fadhl serta riba Nasi’ah.

  • Riba Fadhl

Riba Fadhl yakni transisi pada beberapa barang semacam dengan kandungan atau ukuran yang berlainan serta barang yang dipertukarkan termasuk juga dalam type ‘barang ribawi’.

  • Riba Nasi’ah

Riba Nasi’ah yakni penangguhan penyerahan atau penerimaan type barang ribawi dengan type barang ribawi yang lain.

Basic Hukum Riba
Contoh berbelanja
Contoh berbelanja Lebaran di toko online. (iStockPhoto)
Dalam surat Ali Imron ayat 130 yang bermakna ‘Hai beberapa orang yang beriman, jangan sampai kamu mengonsumsi riba dengan berlipat-lipat serta bertakwalah kamu pada Allah, agar kamu mendapatkan keberuntungan’.

Dalam ayat ini tampak jelas mengenai pengharaman riba, akan tetapi masih tetap berbentuk belumlah secara detail. Karena pengharaman riba dalam ayat itu baru pada riba yang berlipat-lipat serta begitu memberatkan buat si peminjam.

Dalam surat Al Baqarah ayat 276, yang bermakna ‘Allah menghancurkan riba serta menyuburkan sedekah. Serta Allah tidak suka pada tiap-tiap orang yang masih dalam kekafiran, serta tetap melakukan perbuatan dosa’.

Begitu halnya surat Al Baqarah ayat 278, yang bermakna ‘Hai beberapa orang yang beriman, bertakwalah pada Allah serta tinggalkan bekas riba (yang belumlah diambil) bila kamu beberapa orang yang beriman’.

Basic Hukum Riba
Contoh Berbelanja Online
Contoh Berbelanja Online (Photo: Pixabay.com)
Dalam surat Al Baqarah ayat 276 serta 278, Allah SWT mengatakan menghancurkan riba serta memerintah untuk tinggalkan semua bentuk riba yang masih tetap ada. Sebagai tinjauan dalam ayat ini adalah periba itu cuma mencari keuntungan dengan jalan riba, serta pembangkang sedekah mencari keuntungan dengan jalan tidak ingin membayar sedekah.

Oleh karenanya Allah mengatakan riba itu mengakibatkan minimnya harta serta tidak mengembangnya harta. Tengah sedekah demikian sebaliknya, yaitu bisa mengakibatkan makin bertambah serta mengembangnya harta.

Yang butuh digarisbawahi adalah jika jual beli tidak sama juga dengan riba, oleh karena itu jadi begitu penting agar bisa memperbedakan pada riba serta perdagangan biasa. Bisa saja jika riba yang disebut dalam ayat-ayat itu ialah seperti yang dimengerti waktu Alquran di turunkan. Diantaranya ialah ‘riba Al-Jahilliya’, yakni menambahkan jumlahnya hutang buat peminjaman yang tidak bisa membayar saat jatuh tempo.

Mudah-mudahan berguna serta dapat jadi rujukan ilmu dan pengetahuan dalam mengerti apakah beberapa macam riba serta pengertiannya. Mudah-mudahan dengan kita mengerti beberapa macam riba serta pengertiannya dapat jadi rujukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php