Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Ini Dia Faktanya Minum Air Hujan Ternyata Tak Jorok

Posted: March 14th 2019

PERNAHKAH Anda bertanya-tanya apa minum air hujan beresiko untuk badan? Atau barangkali sampai sekarang Anda belumlah juga menemukannya jawabannya?

Pengamat dari Monash University di Melbourne, Australia mengerjakan analisa berkenaan masalah ini. Studi ini dilatarbelakangi oleh kegalauan terkait rusaknya lingkungan gara-gara kotoran air paket (galon atau botol) , yg kerapkali diangkut jarak jauh serta dikemas dalam plastik yg menyumpal tempat pembuangan sampah.

Pengamat memonitor 300 rumah yg memanfaatkan air hujan jadi sumber air minum khusus yg dihimpun di tangki air. Banyak keluarga itu mencatat situasi kesehatan mereka lebih dari 1 tahun.

Artikel Terkait : hujan asam

Banyak periset lantas menemukannya kalau tingkat gastroenteritis atau flu perut yg diakibatkan oleh virus atau bakteri khusus yg dicatat, sangatlah menyerupai dengan warga yg minum air keran yg terurus. Mempunyai arti mengkonsumsi air hujan dengan cara langsung termasuk aman dari kemungkinan penyakit.

Karin Leder, kepala unit penyakit menebar di departemen epidemiologi Monash University, menjelaskan kalau beberapa orang yg minum air hujan dengan cara langsung tak memberikan ada penambahan kemungkinan penyakit, apabila ketimbang dengan mereka yg minum air hujan yg disaring.

Jadi, apa air hujan aman dikonsumsi?

Air hujan dengan cara alami punya sifat asam dengan pH rata-rata lebih kurang 5, 6. Untungnya, masalah ini tak beresiko. Air minum tersebut bahkan juga jarang punyai pH netral lantaran mempunyai kandungan beragam mineral terlarut. Karena itu sejumlah besar air hujan aman buat diminum.

Namun, tidak bisa disanggah, air hujan tak semuanya bersih. Ada bakteri serta mungkin debu dan zat yang lain. Dan tingkat polusi, jamur, serta kontaminan yang lain kebanyakan rendah.

Lihat Juga : daur nitrogen

Bagaimana caranya bikin air hujan biar lebih aman dikonsumsi?

Air hujan dapat dihimpun melalui langkah ditampung dengan cara langsung pada ember atau bak. Soal yg terutama yaitu yakinkan kalau wadah yg Anda pakai bersih dari kotoran.

Sehabis Anda menampungnya, biarkanlah sedikitnya sepanjang satu jam biar partikel berat yg ada di dalamnya melekat di basic ember. Langkah barusan akan juga membatasi perkembangan sejumlah besar mikroorganisme yg dikandungnya.

Tetapi, ada dua langkah utama yang bisa Anda melakukan buat menambah mutu air hujan, ialah dengan merebus serta menyaringnya. Merebus air hujan yg udah ditampung hingga mendidih bakal membunuh bakteri.

Hingga, walau air hujan pada prinsipnya aman dikonsumsi, namun merebusnya bikin Anda terasa makin lebih tenang memakannya. Tidak hanya itu, trik yg ke dua yaitu memanfaatkan penyaring air di bak penampungan air hujan. Lewat alat penyaring berikut ini beberapa zat kimia, debu, jamur, serta kontaminan yang lain dapat tersaring dengan baik.

Kapan air hujan tak aman dikonsumsi?

Minum air hujan yg jatuh di daerah pabrik atau daerah industri. Anda sangatlah tak diminta buat minum air hujan yg jatuh di daerah pabrik.

Masalah ini disebabkan hujan di pengaruhi oleh pindahan air di atmosfer bumi serta lautan. Disaat turun hujan, air yg berada pada bumi termasuk juga air laut, kotoran, air sungai, dan seterusnya bakal alami penguapan gara-gara ada pemberian dari panas gara-gara cahaya matahari.

Air itu lantas berubah menjadi uap melayang-layang ke hawa serta selanjutnya senantiasa bekerja ketujuan langit yg tinggi berbarengan uap-uap air yg beda. Perihal ini pula yg bakal membahayakan apabila minum air hujan yg turun di lebih kurang daerah industri dimana ada banyak pabrik. Lantaran hawa disekitarnya kebanyakan udah terkontaminasi beberapa zat radioaktif beresiko.

Air udah tergenangi dalam sesuatu tempat atau ada pada tanaman. Ini lantaran airnya udah tercampur dengan kotoran yg berada pada permukaan tanaman atau benda itu.

Apabila di lebih kurang rumah Anda tetap ada sumber air bersih yang lain, lebih baik tidak untuk memanfaatkan air hujan jadi sumber air khusus Anda. Masalah ini ikut dilaksanakan jadi usaha buat turunkan kemungkinan negatif yg mungkin disebabkan gara-gara minum air hujan. Anda dapat menggunakan buat kebutuhan beda seperti menyiram tanaman atau membasuh kendaraan.

Lebih apabila Anda punyai soal dengan metode ketahanan badan, karena itu Anda butuh mengonsultasikan lebih dahulu pada dokter dalam mengkonsumsi air hujan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php