Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Ini Dia Alfa Fachrulrozi Sang Reenactor

Posted: November 3rd 2018

Hoby yg terjalin dengan kesejarahan memang banyak. Satu diantaranya historical reenactment serta penggemarnya dimaksud reenactor. Satu diantaranya Alfa Fachrulrozi, pemuda asal Desa Beji, Kecamatan Boyolangu.

DHARAKA R. PERDANA

Reenactor merupakan istilah untuk banyak penghobi rekaulang histori. Aktivitas yg mereka melakukan merupakan historical reenactment, suatu proses belajar melalui langkah mengulangi histori yg terdaftar dengan cara otentik dalam catatan histori.

Mereka persis dengan kemeja yg sepatutnya pejuang atau tentara pada era dahulu. Bahkan juga, disana mereka dapat belajar juga sekaligus mengandaikan situasi yg mungkin sungguh-sungguh berlangsung kala berlangsung perlawanan. “Bagi saya, berubah menjadi seseorang reenactor punyai banyak kegunaan.

Satu diantaranya dapat ikuti drama kolosal perjuangan sampai luar daerah, ” kata Alfa Fachrulrozi, salah seseorang reenactor asal Desa Beji, Kecamatan Boyolangu tempo hari.

Menurutnya, hoby yg saat ini digandrunginya itu bukan ada dengan tak diduga. Sejak mulai kecil ia sudah tertarik pada soal memiliki bau histori. Tetapi tetap sekedar membaca buku serta menyaksikan di film. Sampai selanjutnya pada 2014 lalu ia sungguh-sungguh ambyur di kegemaran ini. Semua diawali terlebih dulu dengan mengoleksi pernik-pernik yg diterima dari lokasi mana saja. “Saya lantas mulai menyatukan pernik-perniknya. Tidak tahu dari loakan, pemberian kawan, atau warisan keluarga, ” imbuhnya.

Meskipun demikian, ada masanya Alfa -sapaan akrabnya- mengaku ada sejumlah pernik militer yg sukar diperoleh di lebih kurang Tulungagung atau bahkan juga Indonesia. Terpaksa sekali ia mesti mencari melalui online lantaran benda yg dibutuhkannya itu cuma berada pada luar negeri.

“Kalau sudahlah tidak menemukannya pernik obyek, internet berubah menjadi pemecahannya. Automatic mesti keluar ongkos, ” pungkasnya.

Sudahlah tidak terhitung berapakah kali ia ikuti drama kolosal. Peluang berikut ini yg sangatlah ditunggu-tunggunya. Lantaran dapat masuk dengan banyak reenactor dari area lebih kurang penyelenggaraan. Hasilnya, kenalannya lantas makin bertambah.

Karena amat senangnya pada kegemaran itu, pesta pernikahannya lebih kurang 1 minggu yang silam lantas dikonsep dengan materi perjuangan. Ia ambil obyek Batalyon Mliwis lantaran sepengetahuannya, di Kota Marmer memang benar ada sejarahnya serta disinyalir dengan kehadiran monumennya.

“Saya lantas mau trik belajar histori ada dikit pergantian. Dikarenakan dengan reenactor dapat lebih gamblang lantaran ada praktiknya langsung, ” katanya.

Disamping itu, Muhammad Febri Afnan, relasi Alfa, mengamini saran itu. Ia mengaku gagasan Alfa buat bikin acara sakral pesta pernikahannya berubah menjadi arena pertemuan banyak reenactor pantas dipuji. Dikarenakan semua yg ada ke situ memakai atribut militer pada era dahulu.

“Idenya cukuplah menakjubkan lantaran sekaligus berubah menjadi arena kopi darat kami, ” kata reenactor asal Trenggalek ini.

Read more : http://wikibelajar.com/ 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php