Posted: December 5th 2012
Chapter Perview
Manager: Mengelola dan membuat suatu keputusan agar perusahaan itu dapat berjalan dengan lancar.
- Interpersonal roles: berasal dari dirinya sendiri
- Decisional roles
- Informational roles: meneliti
Mengapa manager memerlukan sistem tersebut?
- Karena untuk mencari informasi
- Untuk menganalisa informasi yang didapatkannya
Data, Information and Knowledge
Data Seurces
- Internal data
- Personal data
- External data
Koleksi metode data
- Manual
- Instrument dan sensor
- Scaning elektronik
Karakteristik:
- Data berkualitas
- Acurate
- Sesuai dengan yang di butuhkan( Relevan)
- Data yang terkini (timely)
- Data harus lengkap(Complete)
- Saat data diakses akan sama/ tidak berubah-ubah(Consistent)
- Data Storage(media penyimpanan)
- Data Warehouse
- Contoh: Careffour, Lottemart, Marko, dll
- Data Mart:
- Contoh: Indomart, Alfamart, dll
-
- Data Management Difficulties:
- Menambahkan volume data
- Cara untuk mengakses data
- Data yang bisa didapatkan di mana saja
- Kesulitan dalam menyeleksi data
- Integrasi data
Sistem cerdas yang terkait dengan bussines
- Tidak terdiri pada suatu proses tetap terdiri dari banyak proses
- Menggabungkan semua data , menganalisa, melakukan perbandingan dan menghasilkan suatu keputusan
- Memberikan prediksi untuk membuat suatu anggaran berikutnya
Istilah model:
- Iconic models: replikasi sistem secara fisik
- Analog models: Sangat serupa hanya beberapa fungsi yang tidak ada
- Matematical Model: hasil yang akan didapatkan
- Mental Model: bagaimana seseorang bisa menggambarkan sistem yang sedang berlangsung
Kelas keputusan terstruktur telah ditangani dengan model matematis Ilmu Manajemen
- Mendefinisikan masalah
- Klasifikasikan masalah ke dalam kategori standar
- Buatlah sebuah model matematika standar
- Temukan solusi potensial
- Memilih dan merekomendasikan solusi yang spesifik
Executive information sistem
- Memfisualisasikan suatu data
- Terkoneksi secara online
- Menganalisa suatu sistem
Analytical Processing: Kegiatan analisis data dan akumulasi
Online analytical processing (OLAP): Data yang dapat di akses ke mana saja
- An end-user activity
- Libatkan set data yang besar dengan hubungan yang kompleks
- Gunakan Sistem Dukungan Keputusan model
- Retrospektif
Stored data
- Data mining: pencarian cerdas dari data yang disimpan dalam data mart atau gudang
- Temukan informasi prediktif
- Temukan pola diketahui
- Akhir pengguna melakukan tugas pertambangan dengan alat yang sangat kuat
- Alat pertambangan menerapkan teknik komputasi canggih (belajar, kecerdasan)
IT Support for Knowledge Management
- Knowledge identification: apa yang penting?
- Knowledge discovery and analysis: menemukan dan mengatur pengetahuan
- Knowledge acquisition: pergi dan mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan dengan bertanya atau mempromosikan generasi ide
- Establishment of organizational knowledge bases: pengetahuan perusahaan menyimpan dan organisasi
- Knowledge distribution and use: memastikan bahwa mereka yang membutuhkan pengetahuan dapat mengaksesnya