Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Psikis dan Psikologi Anak

Pengaruh game online terhadap perkembangan psikis dan psikologi anak – Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, membuat anak memiliki akses untuk mengeksplor apapun sesuka hatinya dengan lebih mudah. Anak pun bisa belajar lebih mandiri sehingga bisa mencari materi maupun keperluan belajarnya dengan mudah tanpa bantuan dari orang lain. Simak juga di situs pkv games online yang bisa menghibur Anda dalam permainannya, yuk simak sekarang.

Dengan adanya koneksi internet membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Tidak perlu lagi menunggu untuk membuka dan mencarinya dibuku, karena dengan membuka laman pencarian google saja, lalu mengetikkan keywordnya, maka apapun yang sedang dicari akan lebih cepat didapatkan.

Tidak hanya itu, dengan adanya jaringan internet ini pula kebutuhan dalam berkomunikasi menjadi lebih mudah. Begitu pula dengan banyaknya aplikasi pendukung yang bisa digunakan sebagai media dalam penyempurna komunikasi tersebut.

Hal ini jugalah yang terjadi pada game online. Dimana game ini telah mengalami banyak perkembangan yang cukup signifikan hingga saat ini. Dan dengan bantuan internet inilah maka game bisa diakses secara daring dan dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja secara mudah.

Permainan ini dulunya hanya bisa dimainkan secara konvensional, barulah seiring perkembangan teknologi yang semakin modern membuat game merambah dan berkembang pada perangkat PC. Hingg kini, game pun sudah bisa dimainkan secara online malalui gadget.

Dengan adanya jaringan internet yang membuat game bisa dimainkan secara daring ini juga memiliki banyak dampak. Dimana salah satu dampak dari perkembangan teknologi ini adalah pengaruh game online terhadap perkembangan anak. Pengaruh ini ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif.

Pengaruh Positif dari Game Online Terhadap Perkembangan Anak

Saat ini banyak sekali metode belajar yang bisa dicoba dan diterapkan dalam proses belajar mengajar, baik itu disekolah maupun dirumah. Salah satunya adalah penggunaan metode belajar sambil bermain.

Metode ini sendiri sudah banyak diterapkan dan cukup berhasil digunakan dalam proses belajar mengajar. Metofe ini juga sudah diterapkan pada sistem pembelajaran PlayGroup, PAUD, dan TK.

Dengan metode belajar sambil bermain ini, anak akan lebih mudah memahami dan meneyrap semua pelajaran yang disampaikan oleh pihak pengajar. Anak akan merasa senang dan nyaman dalam proses belajarnya dari pada harus belajar dengan kondisi yang fornal.

Dengan begitu, maka akan ada banyak manfaat dan sisi positif yang bisa didapatkan. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya pengaruh game online ini bagi perkembangan seorang anak.

Melatih Kemampuan Bahasa

Dengan metode belajar sambil bermain game online, anak bisa bermain sambil belajar tentang kebahasaaan. Seperti yang diketahui bersama bahwa hampir semua game menggunakan bahasa asing dalam sistemnya.

Nah, secara tidak langsung, ketika anak bermain game online ini, maka anak akan secara otomatis mendengar, membaca, dan memahami bahasa asing tersebut. Dikarenakan dari kebiasaan inilah, lama kelamaan anak akan terbiasa dan bisa berbahasa asing dengan baik secara otodidak.

Melatih Logika Anak

Ketika bermain game online, secara otomatis anak juga akan belajar tentang logika dan belajar mengasah otaknya. Dimana dengan game online ini anak akan belajar sekaligus memahami tentang strategi dalam permainan guna untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi ketika bermain. Hal ini sangat baik dan akan menjadi salah satu pengaruh game online  pada kehidupannya di dunia nyata nantinya.

Merangsang Imajinasi

Dalam game online, tentunya yang dihadirkan adalah permainan yang didominasi dengan animasi. Dimana dengan adanya animasi ini dapat menjadikan imajinasi pada anak menjadi lebih luas.

Tidak hanya itu, kreatifitas anak juga akan berkembang seiring dengan semakin seringnya bermain game online ini. Namun, Anda sebagai orangtua tetaplah harus waspada dan tetap mengawasi serta membimbing anak saat mulai mengakses game online agar tidak timbul rasa candu akibat terlalu seringnya bermain game online ini.

Melatih Fokus dan Gerak Refleks

Tidak hanya bermain game saja, hampir semua kegiatan membutuhkan yang namanya fokus. Dimana ketika anak bermain game, maka saat itu juga anak akan fokus pada permainannya. Hal ini membawa pengaruh game online yang mana bermanfaat pada saat proses belajarnya, dimana anak sudah terbiasa untuk fokus sehingga mampu menyerap semua materi pelajaran dengan sangat baik.

Tidak hanya itu, dengan bermain game ini anak juga akan diajarkan mengenai gerak refleksnya. Dimana semua jari, otak, mata, telinga akan bekerjasama dalam refleksnya ketika bermain. Hal ini juga akan berpengaruh ketika anak mulai belajar sehingga mampu menggerakkan motoriknya dengan baik.

Pengaruh Negatif dari Game Online Terhadap Perkembangan Anak

Nah, dimana ada pengaruh positif tentunya akan ada juga pengaruh negatif yang ditimbulkan. Dimana dengan bermain game online, orangtua juga diharapkan untuk tetap berhati- hati dalam mengawasi anaknya ketika bermain. Hal ini dilakukan karena ada banyak sekali pengaruh game online yang bersifat negatif dari bermain game online ini.

Menyebabkan Kecanduan

Memang, bermain game online merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, karena terlalu menyenangkan inilah yang pada akhirnya membuat anak menjadi kecanduan. Ketika sudah kecanduan, anak akan terus bermain dan bermain tanpa memperdulikan apapun, termasuk belajar.

Nah, hal inilah yang ditakutkan terjadi pada anak yang sudah kecanduan game online. Untuk itu, peran orangtua dalam membimbing anak belajar sambil bermain game online ini sangatlah penting.

Kurangnya Pergaulan

Pengaruh game online yang selanjutnya adalah kurangnya pergaulan pada anak yang sudah mulai kecanduan game online. Dimana biasanya anak akan lebih memilih untuk menyendiri dan bermain game online dari pada harus bermain bersama teman-temannya.

Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh dalam pergaulannya dan kehidupan sosialnya. Dimana anak akan menjadi lebih tertutup dan malas dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Perubahan Perilaku

Akibat bermain game online, seorang anak pun bisa berubah perilakunya. Hal ini diakibatkan dari pengaruh buruk game online. Dimana anak yang awalnya memiliki perilaku yang periang, suka bermain dengan temannya, atau biasa makan tepat pada waktunya, kini bisa berubah menjadi tertutup, pendiam, lebih suka menyendiri dengan permainannya, bahkan lupa akan makan dan belajar.

Perubahan perilaku inilah yang menjadi pengaruh game online yang lama-kelamaan akan mengakibatkan perasaan depresi, dan gelisah yang perlahan muncul. Perasaan depresi ini bisa muncul akibat kekalahan ketika bermain game online atau ketika anak sudah mulai kecanduan namun orangtua melarangnya.

Tidak hanya itu, anak juga akan merasa gelisah ketika tidak memegang gadget dan bermain game online. Tentu ini akan sangat mengganggu kondisi psikisnya.

Pemalas dan Tertutup

Anak dengan tingkat kecanduan game online yang tinggi akan menjadi lebih malas dan tertutup. Dimana anak akan lupa akan segala kewajibannya hanya karena kecanduan game online ini. Tidak hanya itu, sang anak juga akan lebih tertutup kepada semua orang karena lebih bisa menemukan dunianya pada game online.

Tidak hanya berdampak baik pada pengaruh game online saja, namun juga berdampak buruk bagi kehidupan di dunia nyata. Dimana kedua dampak ini berimbang dan saling melengkapi. Oleh karena itu, peranan orangtua disini sangatlah penting dalam membimbing anak untuk memanfaatkan teknologi seperti game online dengan baik dan cara yang tepat.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.