Yurri Wagiu

ELECTRONIC COMMERCE

Posted: November 2nd 2012

Sejarah

Pada tahun 1970an (sebelum ada internet), masyarakat mulai memikirkan bagaimana cara melakukan transaksi  jarak jauh. Sehingga munculah Electronic Fund Transfer (EFT) yang merupakan transaksi pembayaran dengan media elektronik dan Electronic Data Interchange ( EDI ) yang merupakan proses transfer data yang terstruktur.

E-commerce mencakupi :

  1. Periklanan
  2. Pencarian pekerjaan
  3. Jual beli saham
  4. Melakukan lelang
  5. Dll

Definisi

E-Commerce merupakan proses membeli/menjual, memberikan informasi pada komputer dalam berbasis internet. Konsep e-commerce bukan sebagai transaksi jual beli saja, tetapi juga sebagai proses bisnis.

Aspek-aspek dari E-Commerce :

  1. Komunikasi,
  2. Bisnis,
  3. Layanan,
  4. Online,
  5. Kolaburasi,
  6. Komunitas.

E-Commerce terbagi atas 3 konsep, yaitu :

A.Traditional Commerce

Merupakan transaksi fisik atau (bertemu secara langsung) antara si penjual dan si pembeli di suatu tempat. Contohnya : minimarket, warung makan, dll.

B. Pure E-Commerce

Merupakan transaksi non fisik (tidak bertemu secara langsung) yang dilakukan secara virtual atau maya dan memcakupi jual beli secara online. Contohnya : amazon.com.

C. Partial E-Commerce

Merupakan gabungan dari Tranditional Commerce dan Pure E-Commerce. Yang melakukan transaksi secara virtual atau maya dan bisa juga bertemu secara langsung antara si pembeli dan si penjual. Contohnya : bhineka.com, tokobagus.com, kaskus.co.id, dll.

Tipe – tipe E-Commerce :

  1. Business-to-business EC (B2B)
  2. Collaborative commerce (c-commerce)
  3. Business-to-consumer EC (B2C)
  4. Consumer-to-businesses (C2B)
  5. Consumer-to-consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  7. Government-to-citizens (G2C) and others
  8. Mobile commerce (m-commerce)

Hal – hal yang mendukung E-Commerce dapat berkembang yaitu :

  1. Orang
  2. Kebujakan publik
  3. Teknologi
  4. Partner bisnis
  5. Support service

E-Commerce dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh 3 hal berikut yaitu :

  1. Infrastruktur : Hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
  2. Electronic Payment Mechanisms : tata cara pembayaran secara online harus jelas.
  3. Security : bagian yang sangat penting dalam melakukan transaksi agar tidak merugikan kedua belah pihak yang melakukan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php