Yurri Wagiu

IT in Modern Organization

Posted: September 15th 2012

Dizaman yang modern ini, penggunaan TI sudah tidak asing lagi untuk kehidupan kita. Mengapa demikian ? karena TI berperan penting dalam kehidupan kita sehari – hari. Contohnya saja ketika kita tidak mempunyai waktu berpergian ke bank untuk mengetahui sisa saldo kita. Kita bisa menggunakan fasilitas yang TI telah sediakan yaitu e-banking. Dengan fasilitas ini kita bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja dengan melalui handphone atau computer.

Sebelum membahas lebih dalam, kita harus pahami dahulu dasar – dasar hubungan antara TI dengan organisasi modern.

Infratruktur informasi, yaitu :

Fasilitas fisik, jasa dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi dalam suatu organisasi. Infrastruktur informasi juga mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi dan juga bagaimana sumber daya komputasi diatur, dioperasikan, dan dikelola.

Arsitektur informasi, yaitu :

Menggabungkan kebutuhan informasi, yang ada dan infrastruktur informasi yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak dan membantu memastikan bahwa organisasi TI memenuhi kebutuhan strategis dalam organisasi bisnis.

Sistem informasi, yaitu :

Mengoleksi, memproses, menyimpan dan menganalisa data. Kemudian menyajikan informasi untuk suatu tujuan tertentu.

Berikut adalah tipe – tipe sistem informasi :

  1. Transaction Processing System
  2. Management Information System
  3. Support Systems
  4. Intelligent Systems
  5. End- User Computing
  6. Knowledge Management System
  7. Data Warehouse
  8. Mobile Computing

Transaction Processing System, yaitu mendukung atau melakukan kegiatan bisnis rutin. Hal ini mengkin lebih kompleks dan canggih.

Management Information System, yaitu mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi yang didapat. Dan membantu mengambil keputusan dari suatu masalah.

Support Systems, yaitu sistem yang fungsinya mendukung pekerja di suatu organisasi.

Intelligent Support System (ISS), merupakan sistem yang memiliki kemampuan mempelajari history. Dengan kata lain dapat mempelajari dari awal sampai membuat keputusan.

End- User Computing, yaitu penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari sistem output seperti analis dan manajer.

Knowledge Management System, yaitu suatu hasil pekerjaan pada sebuah kantor yang diukur secara secara kualitatif.

Data Warehouse, yaitu Sebuah gudang data yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis.

Mobile Computing, yaitu sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, tetapi dapat dilakukan melalui jaringan nirkabel.

 

Sekian, Terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php