Yunita Gole

Hijaukan Aku

Posted: December 5th 2016

 

Banyak yang belum tahu tentang keberadaan Pulau Sumba. Memang Pulau Sumba tidak setenar pulau-pulau tetangganya, seperti Pulau Komodo, maupun Pulau Lombok. Banyak yang mengira Sumba adalah pulau Sumbawa, NTB. Padahal Pulau Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan diapit oleh Pulau Bima dan Pulau Flores. Sebuah pulau tersendiri yang tidak memiliki akses darat untuk menuju ke pulau lain.

Dengan cuaca yang lebih bersahabat, Sumba Barat menawarkan tanah yang subur, dengan highlight warna hijau menyegarkan. Sumba Timur walaupun hanya berjarak lima jam dari Sumba Barat, namun beriklim lebih kering dibandingkan Sumba Barat, cenderung gersang, lebih banyak padang savanah dengan perpohonan tanpa daun berdiri. Meskipun warna perbukitan di Sumba Timur lebih kecokelatan, tetapi tetap tidak menurunkan kekaguman saya bahwa Sumba Timur memiliki view perbukitan yang indah.

Di beberapa tempat di Sumba Timur, seperti tertulis di atas bahwa terdapat banyak pepohonan tanpa daun berdiri dengan warna perbukitan yang cokelat. Perbukitan yang cokelat sebenarnya juga adalah sebuah pemandangan yang indah, namun akan lebih indah jika perbukitan tersebut terlihat hijau dengan pepohonan yang berdaun hijau. Nah di beberapa tempat di Sumba Timur seperti tempat di sepenjang perjalanan menuju sebuah pantai di Sumba Timur terdapat padang gersang.

aaa

Gambar di atas adalah keadaan sebuah tempat di Sumba Timur dimana sepanjang jalan tersebut hanya terdapat pemandangan rumput dan pohon kering. Action Plan yang ingin saya lakukan disini adalah menghijaukan padang gersang tersebut dengan beberapa jenis pohon seperti pohon elo, mahoni, kemiri, sirih, pisang, dan kelapa yang dapat menghijaukan areal perbukitan ini. Sangat ragu sebenarnya, apakah bisa menghijaukan padang seluas ini, namun tidak ada yang salah jika kita mencoba sesuatu hal yang ingin kita lakukan. Ini sebenarnya bukan suatu masalah konservasi yang sangat serius, tapi menghijaukan alam sekitar saya rasa cukup untuk tetap menjaga agar tanaman yang ada di Indonesia pada umumnya tidak punah.

Pertama-tama yang ingin saya lakukan adalah penyuluhan tentang tujuan menghijaukan areal tersebut, kemudian mengumpulkan bibit tanaman, mengolah lahan bersama masyarakat dan memulai penanaman beberapa jenis pohon tersebut di atas. Dengan adanya penanaman untuk menghijaukan areal tersebut saya sendiri menginginkan agar tanaman yang di tanam tersebut tidak hanya untuk menghijaukan areal tersebut tetapi juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya untuk dikonsumsi. Kira-kira begitulah rencana yang ingin saya lakukan suatu saat nanti.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php