Yuldina Andika Tabeo

Eboni Mengubah Segalanya Menjadi Indah

Posted: February 20th 2017

Pohon Eboni  (Diospyros celebica)

Sumber: Gardenmatrial

Sulawesi merupakan salah satu daerah peralihan sehingga memiliki endemisitas keanekaragaman hayati yang berbeda dengan daerah lain, pohon eboni misalnya. Pohon eboni atau yang sering di kenal kayu hitam merupakan jenis kayu unggulan dari pulau sulawesi. Di katakan kayu hitam karena pohon eboni ini memiliki kayu yang berwarna hitam. Klasifikasi Pohon eboni sebagai berikut:

Kerajaan Plantae
Divisi Tracheophyta
Sub divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Ordo Ericales
Famili Ebenaceae
Spesies Diospyros celebica

Tabel Daerah Persebaran Pohon Eboni Di Pulau Sulawesi (Santoso dkk., 2002)

Pohon Eboni dapat tumbuh di beberapa tipe tanah seperti  di tanah berkapur, berpasir, sampai tanah liat dan berbatu asal tidak tergenang. Ketinggian tempat tumbuh eboni dari 50-400 m di atas permukaan laut.  Pohon eboni dapat tumbuh mencapai tinggi 40 m dengan garis tengah batang 100 cm dan sering berbanir besar. Permukaan atas daun tidak berbulu dan berwarna hijau tua. Bunganya mengelompok pada ketiak daun, berwarna putih. Buahnya bulat telur, berbulu dan berwarna merah kuning sampai coklat bila tua. Kulit batangnya beralur dan mengelupas kecil-kecil, berwarna coklat-hitam. Daunnva tungal berseling, berbentuk jorong memanjang, permukaan bawahnya berbulu dan berwarna hijau abu-abu.

Hasil Kerajinan dari Kayu Hitam (Lidiawati, 2014)

Kayu eboni memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena selain keindahan serat dan warna kayunya, eboni juga termasuk jenis eksotik yang memiliki kekuatan dan keawetan yang tinggi. Tekstur kayu eboni dengan komposisi dan struktur serat-serat yang terdiri dari warna gelap dan terang, menjadi penentu utama keindahan kayu eboni (Prasetyawati, 2015). Keunggulan tersebut menjadikan kayu eboni banyak dimanfaatkan sebagai bahan mewah seperti jam dinding, patung-patung, alat musik gitar, meja dan kerajinan lainnya seperti gantungan kunci. Eboni dikenal masyarakat sebagai kayu yang kuat dan tahan lama/awet .. Beberapa hasil kerajinan tangan dapat dijumpai di beberapa toko souvenir di kota Palu, kios di pelabuhan laut maupun pelabuhan udara.

Klasifikasi sumberdaya pohon eboni sebagai berikut:

  1. Klasifikasi SDA berdasarkan sumber asalnya yaitu biotik (biotic)
  2. Klasifikasi SDA berdasarkan tahapan perkembangannya yaitu SDA aktual (actual resources).
  3. Klasifikasi SDA berdasarkan keterbaruannya yaitu SDA terbarukan (renewable resources)
  4. Klasifikasi sumberdaya alam berdasarkan sifat atau kondisinya yaitu SDA yang tergantikan dan bisa dipelihara (replaceable and maintainable natural resources)

Daftar Pustaka

http://www.gardenmatrial.com/2012/12/kayu-hitam.html

Lidiawati, D. E. 2014. Kayu Eboni Terbatas, Mampukah Perajin Kecil Bertahan?. http://www.mongabay.co.id/2014/08/29/kayu-eboni-terbatas-mampukah-perajin-kecil-bertahan/

Prasetyawati, A. C. 2015. Pertumbuhan Anakan Alam Eboni (Diospyros Celebica Bakh.) Dari Tiga Populasi Di Persemaian. Info Teknis Eboni 12(1): 39-49.

Santoso, B., Anwar, C. Dan Nompo, S. 2002. Pembudidayaan Pohon Eboni (Diospyros celebica Bakh.). Jurnal Berita Biologi 6(2):278.


4 responses to “Eboni Mengubah Segalanya Menjadi Indah”

  1. victoriaintan08 says:

    Tanaman yang unik. Semoga terus dijaga keberadaannya oleh masyarakat setempat dan dibatasi juga pemananfaatannya sehingga keberadaanya tidak punah 🙂

  2. kevinisaac says:

    Informasi yang disampaikan sangat menginspirasi karena saya baru tahu potensi dari kayu eboni dalam bidang industri. Semoga kedepannya pemanfaatan kayu eboni dapat lebih lagi dari sekarang dan menyebar tidak hanya terfokus di Sulawesi namun juga ke seluruh Indonesia bahkan mendunia. Kayu yang dimanfaatkan juga semoga dapat terjaga kelestariannya tanpa ada kerusakan hutan karena eksploitasi,

  3. krisdianti says:

    Eboni menjadi salah satu tanaman yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

  4. Carolina Arum Permatasari says:

    artikel yang menarik! semoga kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dan mengkonservasi kayu eboni, dan tidak terjadi eksploitasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php