Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar Teknologi Informasi

Posted: October 7th 2013

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Hallo teman-teman saya akan menyampaikan atau mengshare apa yang saya dapatkan atau saya pelajari selama sebelum Uts ini mengenai materi-materi yang saya dapat selama belajar tentang Pengantar Teknologi Informasi pada pertemuan pertama kami di jelaskan mengenai tata aturan yang berlaku mengenai kedisplinan,satuan acara perkuliahan,serta mengenai penilaian Tugas dan projek.

Pada pertemuan ke-2 kami dijelaskan mengenai “Teknologi informasi pada lingkungan bisnis” yang berkembang sangat cepat yang mepunyai beberapa ciri yaitu perubahan yang sangat cepat,kompleksitas,ekonomi global,kompetisi yang ketat,fokus pada komsumen. Beberapa alasan  mengapa kita harus memahami IT adalah agar kita dapat mendiskusikan bisnis pada era reformasi,memahami perbedaan antara data,informasi,pengetahuan(knowledge) serta dapat menjelaskannya,menyebutkan dan menjelaskan komponen dari sistem komputer,serta kita dapat menjelaskan kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi organisasi modern. Berikut beberapa defini yang saya pelajari pada pertemuan ke-2 ini. Kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan Data,Data adalah fakta mentah yang dikumpulkan,tidak terorganisasi. Sedangkan informasi adalah data yang terorganisir sehingga mempunyai makna atau mempunyai arti. Berbeda dengan pengetahuan atau knowledge informasi yang terorganisir yang digunakan untuk menyampaikan pemahaman,pengalaman serta pembelajaran dan keahlian. Computer Literacy yaitu pengetahuan dan pemahaman mengenai komputer dan penggunaannya.

Selanjutnya mengenai definisi dari komputer itu sendiri adalah peralatan elektronik yang beroperasi dibawah intruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut,komponen dari komputer tersebut terdiri dari beberapa bagian yaitu Hardware,Software,dan Brainware.

Pertama mengenai komonen dari Hardware itu sendiri yang terdiri dari input(masukan),process/system unit,ouput(keluaran),storage(penyimpanan),komunikasi/jaringan(network). Kemudian ada 2 komponen utama dari motherboard yaitu central procecing unit atau biasa yang kita kenal dengan cpu atau biasa disebut dengan processor yang berfungsi menjalankan intruksi yang memberitahukan apa yang dikerjakan di komputer Dan Komponen berikutnya yaitu Memory yaitu tempat penyimpanan sementara untuk data dan intruksi. Berikut mengenai definisi apa yang dimaksud dengan system?system adalah komponen-komponen yang saling berinteraksi/berhubungan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangakan information system adalah sebuah system yang mengumpulkan,memproses,menyimpan,dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik. Selanjutnya saya akan membahas mengenai software program adalah urutan dari intruksi yang memberitahukan apa yang harus dilakukan oleh komputer,yaitu system software adalah program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya (operating system/OS Dan Utility Programs),sedangkan aplication software adalah program yang melakukan tugas yang tujuan penggunaanya lebih spesifik. Contoh dari penggunaan komputer pada diarea masyarakat yaitu dibidang pendidikan(education),finance,goverment,healthcare,science,publishing,travel dan industry.

Pada pertemuan ke-3 yang dibahas adalah mengenai IT didalam lingkungan Bisnis yaitu mengenai fasilits,layanan,dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi semua perusahaan (hardware,software,fasilitas komunikasi&jaringan,basis data,Dan information management personnel) disini kita mempelajari berbagai konsep yang pertama mengenai information infrastructure yaitu yang mendefinikan integrasi,operasi,dokumentasi,pemeliharaan dan pengelolaan dari sumber daya komputasi serta mendefinikan bagaimana sumber daya komputasi diatur,dioperasikan dan dikelola.

pemrosesan informasi) yang dapat Mengotomatisasikan transaksi bisnis harian,mengumpulkan,menyimpan,memproses,dan menyebarluaskan data transaksi bisnis. Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya,cukup kompleks,rumit dan sangat  penting untuk kesuksesan bisnis saat ini. “management information system (sistem informasi manajemen) Dapt membantu dalam mendukung keputusan yang diambil secara rutin,dapat mengakses,menata,merangkum,dan menampilkan informasi,menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi,serta menjawab permintaaan dan perkiraan. m Berikutnya pembahasan mengenai Jenis dari SI secara umum “Office Automation System” adalah semacam sistem pengolahan kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi. “decision Support System (sistem pendukung keputusan) yang bersifat komplek,non-routine dan manajerial. Kemudian jenis dari SI secara “an overview” yaitu yang pertama “inteligent Support system(ISSs) yang menyediakan pengetahuan yang cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa(non-experts) dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalah masa lalu. Yang kedua yaitu “End-User computing” pengembangan atau penggunaan dari sistem informasi oleh pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analisis,manager,atau profesional lainnya. Yang ketiga “knowledge Management Systems” proses menciptkan,mengumpulkan,mengorganisasikan,mengintegrasikan,dan menyebarkan pengetahuan perusahaan. Yang ke-empat yaitu “Data  Warehouse(gudang data)” basis data yang dibikin atau dirancang untuk mendukung DSS,ESS, intinya semua aktivitas yang membutuhkan analisis data. Dan yang terakhir yaitu “MobileComputing” sistem informasi yang mengunakan jaringan wireless yang memungkinkan atau mendukung karyawan yang berkerja dengan komsumen atau rekan kerja perusahaan diluar area fisik perusahaan. Bagaimana sistem informasi mendukung perusahaan pertama organisasi tersebut harus distrukturkan terlebih dahulu yaitu pertama berdasarkan fungsionalitas dari departemen,berbentuk hirarki dan berbentuk struktur matrik. Kedua terdapat dua klasifikasi sistem informasi yang paling umum (classification by breath of support an classification by organizational level).

Sistem informasi terdiri dari beberbagai macam aplikasi,aplikasi dan sistem dapat mendukung individual/tim,departemen,divisi/unit,dan keseluruhan perusahaan/enterprise. Sistem informasi juga bersifat interorganizational yang berarti menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis dan penting dalam menfasilitasi e-commerce. Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna perusahaan tersebut,Information resources mencakup banyak hal diantaranya hardware(computers,servers,other devices),software(devolopment tools,language,applications),Databases,Network(local area,wide area,internet,intranet),Procedures,physical buildings. Yang terakhir dari pertemuan kali ini yaitu membahas mengenai peran dari departement SI yaitu yang pertama pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi manajerial,meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis,manajemen dari SI lebih kompleks dan Chief Information Officer (CIO) menjadi pimpinan dari departement SI dibanyak perusahaan.

Pada pertemuan ke-4 membahas mengenai Perangkat keras Komputer pada pertemuan kedua mungkin sudah di singgung sedikit mengenai komponen komputer yaitu hardware atau biasa di artikan sebagai perangkat keras komputer yaitu CPU,Memory,input dan ouput devices. Motherboard adalah papan sirkuit yang terdapat didalam unit sistem terdapat komponen utama pada motherboard yaitu Cpu (central procecing unit)  atau bisa juga disebut processor yang berfungsi memberitahukan bagaimana komputer tersebut bertindak,dan Memory tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi..

Berikut ini mengenai komponen dalam cpu  yaitu  processor,memory,adapter cards(sounds cards,modem card,vidieo card,network card),Ports,drive bays,power supply, central procecing unit mempunyai sebuah microprocecor yang mengeksekusi intruksi untuk menjalankan tugas  pengolahan komponen-komponennya adalah

  1. Control unit (mengakses intruksi program,mentafsirkan decode/intruksi,mengontrol aliran data,jalur aliran data ini biasa juga disebut buses.
  2. Arithmetic-Logic Unit(melakukan proses komputasi pada data,dan proses komparasi)
  3. Registers(area penyimpanan kecepatan tinggi,menyimpan data dan instruksi)

Yang juga kita kenal sebagai main memory dalam arti komponen elektronik yang menyimpan instruksi,data,dan hasil. Terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard,setiap byte tersimpan dilokasi unik terdiri dari dari 2 jenis yaitu Primary dan Secondary memory,

Pengertian dari primary storage itu sendiri adalah penyimpanan sementara yang menyimpan 3 hal yaitu informarsi,aplikasi dan sistem operasi yang dibutuhkan. Primary storage juga dapat meningkatkan performa sistem,dan mempunya kapasitas yang tinggi.

Tipe dari primary storage ada beberapa jenis yaitu

  1. Register(bagian dari Cpu,Sangat cepat,kapasitasnya sangat terbatas)
  2. Random Access Memory/RAM(memory chips pada motherboard,general storage dari instruksi program dan data,volatile
  3. Chache memory(lebih cepat dari RAM berfungsi sebagai menyediakan intermediate storage antara secondary storage dan RAM
  4. Read Only memory(ROM)-Chips yang digunakan untuk menyimpan  instruksi permanen yang dibutuhkan komputer,non-volatile.

Secondary Memory yaitu  Memory yang bisa dihapus secara elektronik dan dapat diprogram ulang,mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar,lebih murah dari Primary Storage,lebih lambat dari primary storage,magnetic dan optical storage media.

Komputer adalah digital dan data direprensentasikan dalam pola bit,bit sendiri adalah Binary DigIT.sistem biner terdiri dari 0 dan 1,byte adalah ukuran dasar dari penyimpanan di komputer.

Komputer sendiri terdiri dari beberapa tingkatan atau yang biasa disebut Hirarki

  1. Supercomputers ini sangat canggih,komputasinya yang kompleks,FASTEST CPUs,simulasi yang besar,State of the art components,dan mahal contohnya seperi “Google”
  2. Minicomputer ini middle-range,universities,factories,labs dan digunakan sebagai Front-end Processor untuk mainframe.
  3. Microcomputers yaitu seperti desktop/portable,personal/business computers,komponennya banyak tersedia,can be networked.

Terdapat juga tren perangkat keras yaitu microprocessor yang berkembang pesat karena miniaturisasi transitor,penurunan jarak antara transitor pada chip atau decreasing line width,peningkatan konduktivitas(aliran)dari listrik dan peningkatan pemograman instruksi dari chip serta lebih murah. Terdapat juuga Smallaer,Faster,Cheaper,More Powerful chips with each generation.

Pada pertemuan ke-5 kami membahas mengenai perangkat lunak komputer,pertama kali saya akan memulai dari beberapa istilah dasar dari software itu sendiri yaitu computers program(urutan instruksi untuk komputer atau untuk membuat perintah),stored program concept(disini perintah yang dibuat akan disimpan dan dieksekusi oleh CPU saat dibutuhkan),Programing( proses menulis atau coding program/melakukan program),dan yang terakhir yaitu kita sendiri/individu sebagai programmer. Berikutnya mengenai pengertian dari system software itu sendiri yaitu yang mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer serta mengarahkan fungsi dasar dari komputer,memfasilitasi pengembangan,pengujian,dan debugging,serta independen dari semua jenis aplikasi. System software sendiri dibagi menjadi 2 yaitu system control program ini yang berfungsi mengontrol aktivitas program(hardware,software,data) dan system supports program yang mendukung secara khusus kemampuan program.

~  Ada beberapa istilah dalam process management(mengelola  program yang berjalan pada processor) :

  1. Multitasking/multiprogramming(mengelola dua atau lebih tugas/program pada komputer pada waktu bersamaan)
  2. Multithreading(menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan)
  3. Timesharing(banyaknya pengguna yang mengunakan cpu secara bersama-sama)
  4. Multiprocecing(simultaneous processing dengan beberapa cpu,dalam hal ini terdapat lebih dari satu procecor)

~ virtual memory (mensimulasikan memory utama lebih besar dari yang seharusnya pada sistem komputer)

~ file management and security(mengakses kesalahan atau eror)

~ fault tolerance (dapat beroperasi meskipun terdapat kesalahan)

~ user interface(mengijinkan pengguna memiliki kontrol langsung terhadap objek atau tindakan yg terlihat)

Berikutnya Yaitu mengenai Tipe dari sistem operasi ada Major Desktop Operating Systems (microsoft products=MS-DOS,windows 95,98,ME,NT,2000,XP dan Other Products=linux,unix,javaOS,IBM O/S2(server),macintosh operating system)

Type Aplication software  : proprietary application software(mengarah pada kebutuhan bisnis atau unik dari perusahaan),Off The Shelf application software(mengembangkan program yang dijual kebanyakan perusahaan,bisa dalam paket yang standar atau customizable)

Bahasa Pemograman: seperti yang kita ketahui banyak sekali muncul-muncul bahasa pemograman yang berkembang di zaman ini,oke sekarang saya akan langsung mulai membahas bahasa pemograman pertama yaitu bahasa mesin(generasi pertama dari bahasa pemograman) disini “native language” dari komputer,terdiri dari bilangan biner(0,1),bahasa satu-satunya yang dipahami oleh komputer.kedua adalah bahasa Assembly,bahasa ini mempunyai korepondensi,lebih user friendly,assembler yaitu program yang menterjemahkan bahasa assembly kebahasa lain. Yang ke-3 yaitu bahasa prosedural yaitu yang menggunakan kata umum,satu instruksi diterjemahkan kebanyak instruksi bahasa mesin,dan program mendeskripsikan proses dari dari komputer langkah-perlangkah.yang ke 4 adalah bahasa non-procedural yaitu memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanpa harus mendeskripsikan secara rinci,contoh database query language-SQL,bisa digunakan untuk non-technical users. Yang ke-5 yaitu bahasa natural language programing languageyaitu menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin,are extremely complex and experimental. Selanjutnya visual programing languages yaitu yang mengunakan graphical environment ex: visual basic and visual C++ dan populer untuk non technical users. HTML bahasa yang digunakan di world wide web,mengandung teks gambar,dan berbagai jenis informasi. Berikutnya lagi Extensible Markup language (XML) peningkatan pada fungsionalitas web documents. Dan masih banyak lagi bahasa pemograman yang ada.

Pada pertemuan ke-6 membahas mengenai “mengelola data dan informasi Organisasi” disini akan membahas mengenai hirarki data yaitu basis data mengandung file,file mengandung records,records mengandung fields,fields mengandung characters (isi data base). Mari kita membahas pengertiaannya Field adalah pengelompokan logis dari karakter sehingga membentuk kalimat,kata,atau angka. Record adalah pengelompokan logis dari field yang terkait . File sendiri adalah pengelompokan logis dari records yang terkait,dan database sendiri adalah pengelompokan logis dari files yang terkait.

Akan membahas lagi tentang Terminologi Dari Manajemen Data Entity(informasi hal yang dikelola),Record(menjabarkan dari entity),attribute(mendeskripsikan entitas tertentu),fields(menjelaskan attributes),Primary Key (mengindentifikasikan record),secondary key(membentuk grup dari records). Permasalahan dalam tradisional file Data Rendundancy(data yang sama ditemukan dibeberapa tempat),data inconsistency(salinan berbagai data tidak lagi sama),data integrity(data harus akurat dan berimbang),security(sulit membatasi akses),data isolation(data pada beberapa file data sulit diakses dan integrasikan),application/data independence(aplikasi yang dikembangkan berdasarkan bagaimana data disimpan). Berikutnya mengenai bagaimana cara menempatkan data dan database yaitu terdapat 2 pilihan yaitu centralzed (pada satu lokasi dan memusat keuntungan tidak ada data yang sama serta dapat akurat) dan distribute(disimpan di lokasi yang lebih dari satu  namun kekurangannya akan terdapat data yang sama.

Pengembangan Databases pertama dikembangkan dengan conceptual design-model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis,yang kedua organisasikan dengan entity Relationship(ER) modeling yaitu dengan cara proses perencanaan design bases data dan entity classes-instance-identifiers-relationships. Ketiga dengan analisa struktur data dengan menerapkan proses normalisasi dengan begitu metode untuk relational database  menjadi lebih efisien,help archieve(minimum redundancy,maximum data integrity,best processing performance) dan ke-4 implementasikan struktur data fisik dari bisnis data pada database management system software : create tables,define fields and field properties,establish primary keys,define table relationships,dan add actual data(records)to tables.

Databases management system adalah software program yang menyediakan akses ke databases,data disimpan disuatu lokasi,dapat diambil dan di update serta aplikasi yang diberikan akses pada data yang disimpan dengan berbagai mekanis. DBMS ada 2 yaitu logical view yaitu yang menampilkan data dengan format yang dipahami user dan Physical view berkaitan dengan physical arrangement dan lokasi data pada derect access storage devices(DASD). Komponen DBMS yang pertama itu data model (mengindentifikasikan cara data distrukturkan),yang ke-2 Data definision language/DDL(digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari databases.Yang ke-3 yaitu data manipulation language/DML(digunakan untuk mendapatkan isi dari databases,menyimpan,atau mengupdate informasi pada databases. Yang ke-4 yaitu data dictionary(yang menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data. Keuntungan dari DBS itu sendiri yaitu yang pertama meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan,mengurangi komplesitas dari Is Environment,mengurangi redundan dan inkonsistensi data,meningkatkan data integrity,aplication/data independence,meningkatkan keamanan dataa,mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan,menigkatkan fleksibilty dari is dan meningkatkan akses data. Yang terakhir pada pertemuan ini yaitu membahas mengenai Logical Data Models yaitu kemampuan manager untuk menggunakan basis data,dalam logical struktur databases mempertimbangkan karakteristik dari data dan bagaimana data di akses. Dan terdapat 3 bentuk umum dari data models yaitu hierarchical,network,dan relational. Dengan mengunakan models tersebut perancang dapat membangun logical atau conceptual view dari data yang di impementasikan kesemua basic data dan semua DBMS.

Ada yang dinamankan stored data yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu data warehouse yaitu sistem basic data yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan,penekanan pada pengorganisasian yang baik,data yang disimpan yaitu data saat ini,masa lalu,detil dan rangkuman data. Yang kedua data mart yaitu small scale,simpler data warehouse. Easier to implement. Targets smaller business segments. Dan yang terakhir yaitu data mining ini mengekstrak pengetahuan dari data warehouse,menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi,korelasi,dan relasi (classifying,clustering,associating,sequencing,dan forecasting) contohnya segmen pasar dan karakteristik dari komsumen,pola belanja komsumen dan perilaku penipuan.

Pada pertemuan ke-7 membahas mengenai Jaringan Dan telekomunikasi :

Yaitu pertama pengertian dari komunikasi itu sendiri adalah proses yang melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis yang saling mengirimkan data yang bisa berupa foto,voice,text,vidieo,dan sebagainya serta dapat saling mengirim perintah dan informasi. Komponen dari sistem informasi itu sendiri yaitu

  1. Hardware                                            e. Data communication
  2. Media                                                  f. Provider
  3. Jaringan                                               g. Protocols
  4. Software                                             h. Application

Terdapat beberapa jeni signal yaitu

  1. Signal analog,signal ini bersifat continues dan informasi yang disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang(amplitude and frequency)
  2. Signal digital,signal ini bersifat discrete/denyut serta informasi yang disampaikan dalam bentuk biner. Dan mudah dipahami oleh komputer.

Hardware devices yang digunakan dalam transmisi dan penerimaan data adalah melalui

  1. Modem yang mengubah signal analog  ke digital (dan sebaliknya)
  2. Multiplex yang mentranmisikan  signal melalui media tunggal ex: movie stream
  3. Front-en processsor yaitu komputer khusus yang ditujukan untuk mengelola tugas komunikas.

 

Wire-based communication channels :

–          Twisted pair wire (telephone wire)

–          Coaxial cable

–          Fiber-optic cable

–          Microwave

–          Satelite

–          Radio

Berbicara mengenai media komunikasi terdapat :

n  Transmission speed

n  Transmission mode

n  Transmission accuracy

Layanan jaringan :

–          Switched lines

–          Dedicated lines

–          Wide area telecomm service(WATS)

–          Integrated services digital network

–          Digital subscriber

–          Tmnet – streamix

Dasar-dasar jaringan :

  • Local area network (LAN)
  • Wide Area Network(WAN)
  • Local Area Networks(LANs)

 

Application telekomunication :

  • Elektronic mail
  • Vidioconferencing
  • Elektronik data interchange
  • Elektronic founds tranfer
  • Facsimiles
  • Telecommuting
  • Distance learning
  • Telematic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php