Yonathan Niko

Telecommunication And Networks

Posted: November 12th 2012

Komunikasi adalah proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi, dalam sistem telekomunikasi yang berperan untuk mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya adalah hardware dan software. Dalam sinyal telekomunikasi ada 2 jenis yaitu sinyal analog dan sinyal digital.
Sinyal Analog
sinyal analog adalah gelombang yang bersifat continues, dan informasi yang disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang.

Sistem Digital
Sinyal digital adalah sinyal yang mudah dipahami oleh komputer, dan informasi yang disampaikan dalalm bentuk biner.

Ada beberapa jenis kabel dalam jaringan komunikasi yaitu:
Twisted-pair wire: kabel ini adalah kabel yang paling murah dan sangat mudah digunakan, tetapi ada sisi negatifnya yaitu, lambat, rentan akan gangguan, dan keamanannya rendah.

Coaxial cable: kabel ini dapat membawa data lebih banyak dan dapat terlindung dari gangguan, di sisi negatifnya, keamanannya masih rendah.

Fiber-optic cable: kabel ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber, keunggulan kabel ini ketika mengirimkan informasi lebih cepat dan juga aman.

Selain menggunakan kabel, dapat juga menggunakan sinyal seperti:
Satelit: kapasitas satelit sangat besar dan jangkauan areanya lebih luas, tetapi menggunakan sateliut membutuhkan biaya yang mahal dan enkripsi untuk keamanan data.

Radio: menggunakan sinyal radio sangat cocok untuk komunikasi jarak pendek, tetapi sinyal radio juga mempuyai sisi negatif yaitu kurang aman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php