Yonathan Niko

Internet, Intranet, Extranets

Posted: November 12th 2012

Hahaha buru-buru nih ngerjain, udah pada numpuk tugas blognya swt..
oke kali ini pembahasan tentang internet, intranet, dan extranet. Siapa sih yang gak tau internet? Apalagi buat anak TF, udah kayak temen seperjuangan sendiri tuh hahaha.
internet itu adalah jaringan besar, menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah  diseluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah.

Aliran paket informasi antara computer diatur oleh aturan umum yaitu internet protocol atau sering disebut IP, dan juga Transport Control Protocol atau TCP , lalu pada setiap komputer pada internet diidentifikasikan dengan IP address, dan sebagian besar computer memiliki nama domain.
Ada beberapa cara jika ingin mengakses internet, yaitu:

  • Connect via LAN server
  • Connect via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP)
  • Connect via an Online Service (AOL,MSN)

Dalam layanan internet ada yang disebut World Wide Web atau WWW, ini adalah aplikasi yang menggunakan internet transport dan memiliki standart universal untuk menyimpan, menerima, memformat, dan menampilkan informasi via client/server architecture, dalam www ada 8 type website yaitu: Portal, News, information, Business/marketing, Educational, Entertainment, Advocacy, dan Personal.

Selanjutnya tentang intranet, intranet adalah jaringan private yang menggunakan apliaksi internet protocol TCP/IP, jaringan ini menyediakan akses yang mudah terhada informasi perusahaan bagi karyawan, dan biasanya digunakan untuk mendisplay aplikasi perusahaan.
Sedangkan untuk Extranets adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilh oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers, extranet juga memberikan akses yang mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php