Yonathan Niko

Monthly Archives: November 2012


Electronic Commerce

Posted: November 27th 2012

Sekarang topik yang akan dibahas adalah tentang e-commerce, yaitu proses jual/beli, barter produk, layanan, dan informasi melalui jaringan kompuyer, terutama internet. Jika kita sangkutkan dengan e-business, sebenarnya e-business adalah perluasan definisi dari e-commerce, jika e-commerce hanya meliputi beberapa bidang bidang yaitu, pembelian dan penjualan barang saja maka e-business meliputi bidang yang lebih luas yaitu, layanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan. Dalam kerangka kerjanya, aplikasi e-commerce sendiri didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas yaitu: – Masyarakat – Kebijakan Publik – Standar Teknis – Rekan Kerja, dan – Support Service Dalam e-commerce ada berbagai macam mekanisme pembayaran secara elektronik yaitu – Electronic Checks – Electronic Credit Cards – Electronic Cash in PC – E-cash – Smart Cards – Person-to-Person Payment System – Electronic Found transfer (EFT) – Electronic Wallets – Purcahsing Cards Dan dalam e-commerce kita memerlukan beberapa sistem keamanan yaitu, Enkripsi yang biasanya … Read more


Functional Enterprise And Organizational Systems

Posted: November 20th 2012

Sistem informasi fungsional memiliki karakteristik yaitu terdiri dari beberapa Sistem informasi yang fokus pada tugas yang spesifik, dan dalam management information system berfungi untuk menyediakan informasi rutin kepada manajer pada area fungsional. Didalamnya ada yang dinamakan Transaction processing system yaitu untuk mencatat dan menyimpan data yang menjabarkan setiap business event yang terjadi. Transaction processing system memiliki karakter2 seperti berikut: Data yg diproses dalam volume yg besar Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.) Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume) Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured) Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi Membutuhkan kehandalan pengolahan yg tinggi; ¬†organizations cannot function for long without TPSs Mendukung¬† Inquiry processing Lalu ada yang namanya Human Resources Management … Read more


Internet, Intranet, Extranets

Posted: November 12th 2012

Hahaha buru-buru nih ngerjain, udah pada numpuk tugas blognya swt.. oke kali ini pembahasan tentang internet, intranet, dan extranet. Siapa sih yang gak tau internet? Apalagi buat anak TF, udah kayak temen seperjuangan sendiri tuh hahaha. internet itu adalah jaringan besar, menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah¬† diseluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Aliran paket informasi antara computer diatur oleh aturan umum yaitu internet protocol atau sering disebut IP, dan juga Transport Control Protocol atau TCP , lalu pada setiap komputer pada internet diidentifikasikan dengan IP address, dan sebagian besar computer memiliki nama domain. Ada beberapa cara jika ingin mengakses internet, yaitu: Connect via LAN server Connect via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP) Connect via an Online Service (AOL,MSN) Dalam layanan internet ada yang disebut World Wide Web atau WWW, ini adalah aplikasi yang menggunakan internet transport dan memiliki standart universal untuk menyimpan, menerima, memformat, … Read more


Telecommunication And Networks

Posted: November 12th 2012

Komunikasi adalah proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi, dalam sistem telekomunikasi yang berperan untuk mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya adalah hardware dan software. Dalam sinyal telekomunikasi ada 2 jenis yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal Analog sinyal analog adalah gelombang yang bersifat continues, dan informasi yang disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang. Sistem Digital Sinyal digital adalah sinyal yang mudah dipahami oleh komputer, dan informasi yang disampaikan dalalm bentuk biner. Ada beberapa jenis kabel dalam jaringan komunikasi yaitu: Twisted-pair wire: kabel ini adalah kabel yang paling murah dan sangat mudah digunakan, tetapi ada sisi negatifnya yaitu, lambat, rentan akan gangguan, dan keamanannya rendah. Coaxial cable: kabel ini dapat membawa data lebih banyak dan dapat terlindung dari gangguan, di sisi negatifnya, keamanannya masih rendah. Fiber-optic cable: kabel ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber, keunggulan … Read more



© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php