Yonathan Niko

Computer Software

Posted: October 2nd 2012

Di postingan sebelumnya udah dibahas kan tentang hardware, nah kalo hardware itu perangkat keras jadi software itu apa? Software ya perangkat lunak dalam komputer, jadi kalian jangan berpikir kalo software itu keluarganya soft… softener soklin maksudnya #eh.
Software sendiri itu terbagi jadi 2, apa aja? ada System Software dan ada juga Application Software.

System Software: Software yang mengelola sumber daya perangkat keras, jadi dengan adanya sistem software inilah hardware dapat berfungsi, kalo ga ada sistem software ya hardwarenya gak bisa digunain haha, contohnya sistem software itu ada OSX yang terdapat di apple mac, ada juga OS Windows yang terdapat di Windows.
Application Software: Software yang berfungsi lebih spesifik, contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe.

System Software juga terbagi menjadi 2, yaitu System Control Programs dan System Support Programs:

  • System Control Programs: Sistem yang mengontrol semua penggunaan software, hardware, dan data.
  • System Support Programs: Sistem yang bekerja lebih spesifik, dan biiasanya memaksimalkan kinerja hardware.

Dan ada beberapa masalah yang banyak ditemui dalam penggunaan software, contohnya pembajakan software yang berlisensi, ini yang masih banyak dilakukan oleh banyak orang karena  malas untuk membeli software berlisensi (oke aku ngaku aku juga mbajak, mending duitnya buat beli makan :p), lalu dalam Software Upgrade biasanya terdapat bug yang mengakibatkan penggunaan software tidak maksimal setelah terinstal.

oke segitu aja dulu penjelasannya, kayaknya gak kayak biasanya ya hahaha, maklum lagi banyak pikiran nih hehe, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php