Yonathan Niko

Monthly Archives: October 2012


Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Posted: October 31st 2012

Udah lama gak nulis nih, ni aja baru nulis pertemuan 6, sumpah kelupaan gara-gara kebanyakan tugas #nggaya. Kali ini penjelasan tentang mengelola data dan informasi,  dalam penyusunan dan akses data ada yang kita kenal sebagai hirarki data, nah hirarki data ini adalah basis data yang mengandung file, sedangkan file sendiri mengandung fields, dan fields mengandung characters, bingung? sama gue juga.. hahaha nih penjelasan lagi.. field adalah pengelompokan logis karakter menjadi sebuah kata kalimat atau angka record adalah pengelompokan logis dari field yang terkait file adalah pengelompokan logis dari field yang terkait database adalah pengelompokan logis dari files yang terkait dalam terminologi manajemen data ada yang dikenal sebagai: entity : adalah informasi dari bermacam sumber yang kemudian dikelola, dan entity dijabarkan oleh record attribute: suatu karakteristik atau kualitas yang mendiskripsikan entinitas tertentu, dan dijebarkan oleh fields primary key: field yang secara unik mengidentifikasikan record secondary key: field yang tidak unik tetapi … Read more


Computer Software

Posted: October 2nd 2012

Di postingan sebelumnya udah dibahas kan tentang hardware, nah kalo hardware itu perangkat keras jadi software itu apa? Software ya perangkat lunak dalam komputer, jadi kalian jangan berpikir kalo software itu keluarganya soft… softener soklin maksudnya #eh. Software sendiri itu terbagi jadi 2, apa aja? ada System Software dan ada juga Application Software. System Software: Software yang mengelola sumber daya perangkat keras, jadi dengan adanya sistem software inilah hardware dapat berfungsi, kalo ga ada sistem software ya hardwarenya gak bisa digunain haha, contohnya sistem software itu ada OSX yang terdapat di apple mac, ada juga OS Windows yang terdapat di Windows. Application Software: Software yang berfungsi lebih spesifik, contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe. System Software juga terbagi menjadi 2, yaitu System Control Programs dan System Support Programs: System Control Programs: Sistem yang mengontrol semua penggunaan software, hardware, dan data. System Support Programs: Sistem yang bekerja lebih spesifik, dan biiasanya … Read more



© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php