yvdita's

Ethics, Impacts, and Security

Posted: December 4th 2012

Jaman sekarang orang ingin mecuri informasi bisa dilakukan dengan mudah. Dengan pembicaraan yang kemudian dipancing korban bisa menyebutkan data-data privasinya dengan mudah.

Dalam dunia IT pencurian data juga bisa dilakukan dengan mudah. Ada suatu alat yang bisa mendeteksi dan merekam semua informasi yang ada di sekitarnya. Kita tinggal berjalan dengan memegang alat itu diantara kerumumanan orang yang menggunakan gadget, hanya dengan cara semudah itu orang bisa mengambil informasi-informasi dari gadget tersebut,

Situs jejaring sosial sebenarnya memiliki banyak informasi kita. Mulai dari alamat email hingga hal pribadi misalkan gender dan tanggal lahir. Sebenarnya saat kita mendaftarkan diri dalam jejaring sosial sudah ada keterangan tentang informasi kita yang akan dimiliki oleh aplikasi tersebut, tapi karena malas kita tidak membacanya.

Akibat dari bocornya informasi pribadi kita bisa menimbulkan banyak masalah. Misalkan yang sedang trend di tv saat ini adalah cerita seorang siswi SD yang diculik temannya yang dia kenal lewat jejaring sosial. Lalu misalkan kita menabung di bank, kita biasanya dimintai data termasuk juga nomor hp. Nomor hp kita itu terkadang disebarkan dan diminta oleh suatu perusahaan tertentu yang ingin menawarkan kita sebuah produk.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php