Yoan Fitriani Ginting

Bab 1. Bisnis Dan Teknologi Informasi

Posted: October 7th 2013

Dalam era informasi saat ini dunia bisnis ditandai dengan perubahan yang pesat, kompleksitas, perkonomian global, kompetisi yang sangat ketat, dan fokus terhadap customer. Dan karena itu dunia bisnis saat ini menghadapi berbagai tekanan, diantaranya tekanan dalam memprovokasi respon organisasi. Tanggapan bisnis terhadap tekanan mungkin melibatkan penggunaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi.

Dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi memerlukan strategi bisnis, strategi IT, dan strategi SI. Berikut penjabarannya

  • Data merupakan fakta-fakta mentah, dikumpulkan, tidak terorganisir.
  • Informasi merupakan data yang terorganisir dalam cara yang berarti.
  • Pengetahuan merupakan informasi yang terorganisir untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran akumulasi, atau keahlian.

Teknologi informasi menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan-tekanan. yaitu Komputer, komputer adalah suatu alat elektronik yang beroprasi dan terkontrol dan tersimpan di dalam memori. Di dalam komputer ada beberapa komponen penting, yaitu hardware meliputi Input device, proses/system unit, output device, storage, dan komunikasi jaringan ( network ), dan software meliputi aplikasi software, sistem perangkat Lunak, dan GUI.
kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi dalam organisasi modern adalah pengolahan lebih cepat, transaksi bisnis lebih akurat, meningkatkan komunikasi, mendukung, dan meningkatkan pengambilan keputusan. Intinya pengetahuan tentang IT dan aplikasi membantu pengusaha mengembangkan strategi bisnis yang efektif dalam mempekerjakan IT.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php