1. Peran Manager
2. Manager butuh dukungan IT karena :
3. Data
– Internal data
– Personal data
– Eksternal data
– Secara manual
– Dengan alat dan sensor
– Scan atau transfer elektronik
4. Kualitas data
5. Menyimpan dan Mengelola Data
– Di dalam database atau di data warehouse dan data marts
– Volume data secara eksponensial meningkat setiap waktu
– Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
– Semakin banyaknya data eksternal
– Keamanan, kualitas, dan integritas data sangat penting
– Kesulitan memilih alat pengelolaan data
6. Proses Pembuatan Keputusan
– Intelligence Phase : analisa masalah
– Design Phase : merancang penyelesaian masalah
– Choice Phase : mengambil keputusan
– Implementation of Solution : melaksanakan keputusan yang telah diambil
7. Model
– Model iconik (skala)
– Model analog
– Model matematika (kuantitatif)
– Model mental
8. Jenis-jenis Keputusan
9. Decision Support Systems
– Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial
– Mendukung beberapa keputusan yang saling tergantung atau berurutan
– Mudah untuk dibangun
– Menjalankan analisis sensitivitas
– Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model
– Memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan
– Menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output
– Data management
– User interface
– Model management
– Knowledge management
10. Enterprise Decision Support
– Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif
– Akses data yang cepat dibutuhkan oleh eksekutif
– User interface mudah untuk dipahami
– Berbasis tampilan grafik yang tinggi
– Sering terkoneksi dengan layanan informasi online
– Terintegrasi dengan email
– Kemampuan dari EIS adalah mendetailkan informasi yang umum, akses status, analisa tren, analisa ad hoc, exception reporting, inteligen EIS, integrasi dengan DSS, aksestibilitas web
– Memfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
– Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok yang negatif
– Mendukung pekerjaan kelompok dengab mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisa yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah
– Implementasi GDSS : face to face meetings, corporate “war room”, dan support for virtual teams
11. Online Analytical Processing (OLAP)
12. Visualisasi Data
– Visual Interactive Modeling
– Visual Interactive Simulation
– Geographic Information Systems
13. Knowledge Management
– Knowledge assets : terkait pasar, produk, teknologi, dan organisasi yang dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis
– Best practice : koleksi dari solusi atau studi kasus yang sukses
– Intellectual capital : koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun
– Knowledge system : mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di database, memelihara database, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna
– Competitive intelligence : koleksi dari informasi
– Knowledge identification : apa yang penting?
– Knowledge discovery and analysis : mencari dan mengorganisir pengetahuan
– Knowledge acquisition : mengumpulkan pengetahuan yang dibutuhkan
– Establishment of organizational knowledge bases : menyimpan dan mengorganisir pengetahuan perusahaan
– Knowledge distribution and use : memastikan siapa saja yang membutuhkan pengetahuan dapat mengaksesnya
14. Implementasi Knowledge Management
15. Promoting Idea Generation
Artikel lainnya
Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce
Implementasi IT : Etika, Dampak, dan Keamanan