Yismaya Yudhawira Panitro

Data, Pengetahuan, dan Pendukung Keputusan

Posted: December 8th 2012

1. Peran Manager

  • Peran interpersonal : tokoh, pemimpin, penghubung
  • Peran informasional : monitor, penyebear, juru bicara
  • Peran pembuat keputusan : pengusaha, pengalokasi sumber daya, mengatasi gangguan, negosiator

 

2. Manager butuh dukungan IT karena :

  • Volume informasi yang tersedia mengejutkan
  • Pengolahan informasi secara manual dengan cepat sangat sulit
  • Pemodelan komputerisasi membantu pengelolaan yang kompleks

 

3. Data

  • Sumber data

–  Internal data

–  Personal data

–  Eksternal data

  • Metode pengumpulan data

–  Secara manual

–  Dengan alat dan sensor

–  Scan atau transfer elektronik

 

4. Kualitas data

  • Karakteristik data yang berkualitas tinggi adalah akurat, aman, relevan, lengkap, tepat waktu, dan konsisten

 

5. Menyimpan dan Mengelola Data

  • Menyimpan data

–  Di dalam database atau di data warehouse dan data marts

  • Kesulitan pengelolaan data

–  Volume data secara eksponensial meningkat setiap waktu

–  Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data

–  Semakin banyaknya data eksternal

–  Keamanan, kualitas, dan integritas data sangat penting

–  Kesulitan memilih alat pengelolaan data

 

6. Proses Pembuatan Keputusan

  • Tahap pembuatan keputusan

–  Intelligence Phase : analisa masalah

–  Design Phase : merancang penyelesaian masalah

–  Choice Phase : mengambil keputusan

–  Implementation of Solution : melaksanakan keputusan yang telah diambil

  • Decision Support System menyediakan dukungan komputerisasi untuk proses pembuatan keputusan
  • Pengguna secara aktif bekerja dengan data warehouse
  • Pengguna menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan

 

7. Model

  • Model adalah representasi sederhana dari kenyataan
  • Jenis-jenis model

–  Model iconik (skala)

–  Model analog

–  Model matematika (kuantitatif)

–  Model mental

 

8. Jenis-jenis Keputusan

  • Struktur : rutin, prosedur jelas
  • Semistruktur : biasanya melibatkan judgment, ada prosedur tetapi belum cukup untuk mengambil keputusan
  • Tidak terstruktur : tidak ada prosedur tertentu

 

9. Decision Support Systems

  • Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur
  • Karakteristik dan kapabilitas

–  Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial

–  Mendukung beberapa keputusan yang saling tergantung atau berurutan

–  Mudah untuk dibangun

–  Menjalankan analisis sensitivitas

  • Sensitivity Analysis

–  Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model

  • What-if Analysis

–  Memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan

  • Goal-seeking Analysis

–  Menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output

  • Komponen dan struktur DSS

–  Data management

–  User interface

–  Model management

–  Knowledge management

 

10. Enterprise Decision Support

  • Executive Information Systems

–  Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif

–  Akses data yang cepat dibutuhkan oleh eksekutif

–  User interface mudah untuk dipahami

–  Berbasis tampilan grafik yang tinggi

–  Sering terkoneksi dengan layanan informasi online

–  Terintegrasi dengan email

–  Kemampuan dari EIS adalah mendetailkan informasi yang umum, akses status, analisa tren, analisa ad hoc, exception reporting, inteligen EIS, integrasi dengan DSS, aksestibilitas web

  • Group Decision Support Systems

–  Memfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan

–  Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok yang negatif

–  Mendukung pekerjaan kelompok dengab mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisa yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah

–  Implementasi GDSS : face to face meetings, corporate “war room”, dan support for virtual teams

 

11. Online Analytical Processing (OLAP)

  • Analisa oleh end user dari desktop mereka, online, menggunakan tool seperi spreadsheets
  • Menganalisa relasi dari berbagai jenis elemen bisnis
  • Melibatkan aggregated data
  • Membandingkan aggregated data melalui periode waktu secara hierarki
  • Menampilkan data dari sudut pandang yang berbeda
  • Melibatkan perhitungan komplek antara elemen data
  • Merespon permintaan user dengan cepat

 

12. Visualisasi Data

  • Hasil analisis data dapat menjadi lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Visualisasi Data, teknik-teknik tersebut yaitu :

–  Visual Interactive Modeling

–  Visual Interactive Simulation

–  Geographic Information Systems

 

13. Knowledge Management

  • Konsep kunci

–  Knowledge assets : terkait pasar, produk, teknologi, dan organisasi yang dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis

–  Best practice : koleksi dari solusi atau studi kasus yang sukses

–  Intellectual capital : koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun

–  Knowledge system : mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di database, memelihara database, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna

–  Competitive intelligence : koleksi dari informasi

  • Dukungan IT untuk Knowledge Management

–   Knowledge identification : apa yang penting?

–   Knowledge discovery and analysis : mencari dan mengorganisir pengetahuan

–   Knowledge acquisition : mengumpulkan pengetahuan yang dibutuhkan

–  Establishment of organizational knowledge bases : menyimpan dan mengorganisir pengetahuan perusahaan

–  Knowledge distribution and use : memastikan siapa saja yang membutuhkan pengetahuan dapat mengaksesnya

 

14. Implementasi Knowledge Management

  • Mereorganisasi menjadi perusahaan berbasis pengetahuan
  • Membuat jabatan baru, Chief Knowledge Officer (CKO)
  • Memfasilitasi pembelajaran organisasi

 

15. Promoting Idea Generation

  • Sumber kunci dari pengetahuan adalah ide kreatif yang dimunculkan oleh individu atau grup
  • Software tool (GDSS) dapat mempromosikan ide produktif bagi kelompok
  • Software tool juga tersedia bagi individu untuk membantu memunculkan ide kreatif

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php