Yismaya Yudhawira Panitro

Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce

Posted: December 4th 2012

1. Teknologi Wireless

  • Perangkat wireless cukup kecil untuk dengan mudah dibawa atau dipakai, mempunyai daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkatv lainnya
  • Microbrowser adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam memori rendah dengan kendala dari perangkat wireless dan bandwidth yang rendah dari jaringan wireless
  • Pager adalah satu arah, sistem pesan wieless, pager mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk
  • Media Transmisi Wireless

–  Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk komunikasi dengan volume tinggi, jarak jauh, dan point to point

–  Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, ada tiga jenis satelit masing-masing dalam orbit yang berbeda yaitu  geostationary (GEO), medium earth orbit (MEO), dan low earth orbit (LEO)

–  Footprint adalah luas area di permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit

–  Transmisi broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke banyak penerima pada satu waktu.

–  Propagation delay adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit

  • Global Positioning System (GPS)

–  GPS adalah sistem wireless yang menggunakan satelit yang memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di dunia

  • Internet Over Satellite (IOS)

–  IOS memungkinkan pengguna mengakses internet melalui satelit GEO dari

  • Radio

–  Transmisi radio menggunakan frekuensi gelombang radio untuk megirim data secara langsung antara pemancar dan penerima

–  Satelit radio (digital radio) menawarkan gangguan, dekat kualitas musik CD yang dikirim ke radio dari ruang angkasa (satelit radio XM menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)

–  Infrared adalah cahaya merah yang tidak bisa dilihat mata oleh mata manusia, biasanya digunakan pada remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player

 

2. Jaringan Komputer Wireless dan Akses Internet

  • Standar IEEE untuk jaringan komputer wireless termasuk :

–  IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk wireless personal area networks (PANs) dan 802.15.4 (Zigbee)

–  IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk local area networks (WLANs)

–  IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk metropolitan area networks (WMANs)

–  IEEE 802.20 (diusulkan) untuk wide area networks (WWANs)

  • Bluetooth digunakan untuk membuat PANs dalam skala kecil

–  Dapat menghubungkan 8 alat dalam jarak 10 meter

–  Menggunakan tenaga yang rendah, berdasarkan komunikasi radio

–  Dapat mengirim sampai 1 Mbps

  • Personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya telepon, PDAs, smartphone) dengan seseorang
  • Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat pengiriman data rendah dan konsumsi daya rendah
  • WLANs

–  Memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut dengan wireless access point, yang menghubungkan ke kabel LAN atau satelit yang menyediakan koneksi internet

–  Standar IEEE untuk WLANs adalah 802.11, yang dikenal dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity)

  • Masalah dengan Wi-Fi

–  Roaming : pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yang berbeda

–  Keamanan : karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, ini sulit untuk diproteksi

–  Biaya : layanan Wi-Fi komersial biayanya rendah tapi tidak gratis dan masing-masing layanan memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk log on

  • WiMax

–  Worldwide Interoperability for Microwave Access, yang dikenal dengan WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16

 

3. Mobile Computing dan Mobile Commerce

  • Mobile computing mengacu pada real time, koneksi wireless antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet dan intranet dan memiliki 2 karakteristik utama, yaitu mobilitas dan jangkauan yang luas, yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi
  • 2 karakteristik tersebut menciptakan lima nilai tambah atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu :

–  Ubiquity

–  Kenyamanan

–  Konektivitas instan

–  Personalisasi

–  Lokalisasi produk dan jasa

  • Mobile commerce mengacu pada transaksi e-commerce yang dilakukan dalam lingkungan wireless terutama melalui internet
  • Pengembang m-commerce didorong oleh faktor-faktor berikut :

–  Meluasnya ketersediaan perangkat mobile

–  Tidak perlu untuk PC

–  Budaya telepon seluler

–  Penurunan harga

–  Peningkatan bandwidth

  • Aplikasi mobile commerce antara lain :

–  Financial Services

–  Mobile Banking

–  Wireless Electronic Payment Systems

–  Micropayments

–  Mobile (Wireless) Wallets

–  Wireless Bill Payments

  • Aplikasi intrabisnis

–  Mobile portal

–  Voice portal

  • Aplikasi berbasis lokasi

–  Shopping from wireless devices

–  Location based advertising

–  Location based services

  • Wireless Telemedicine

–  Telemedicine adalah telekomunikasi dan informasi yang menggunakan teknologi modern untuk penyediaan perawatan klinis bagi individu yang jaraknya jauh dan transmisi informasi untuk memberikan perawatan tersebut

  • Aplikasi Telemedicine

–  Menyimpan dan mentransfer gambar digital dari satu lokasi ke lokasi lain

–  Memungkinkan pasien di satu lokasi untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di lokasi lain secara real time melalui videoconference

–  Menggunakan robot untuk melakukan opersai jarak jauh, dalam beberapa kasus, pasien di daerah pedesaan dan dokter spesialisnya di daerah perkotaan

  • Aplikasi Telemetry

–  Telemetri adalah transmisi wireless dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote

 

4. Pervasive Computing

  • Pervasive computing (ubiquitous computing) tidak terlihat “dimana komputasi” yang tertanam di dalam benda-benda di sekitar kita, seperti lantai, lampu, mobil, mesin cuci, microwave oven, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya (misalnya smart home dan smart appliances)
  • Identifikasi frekuensi radio

–  Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk memberikan label dengan antena dan chip komputer pada barang kemudian melacak pergerakan mereka melalui sinyal radio

–  Auto ID membuat jaringan yang menghubungkan komputer ke objek

  • Wireless Sensor Networks (WSNs)

–  Wireless Sensor Networks adalah jaringan interkoneksi, bertenaga baterai, sensor wireless disebut motes yang terletak di dalam lingkungan fisik

–  Mesh Network terdiri dari motes, dimana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk dikirim dan kemudian menyampaikan data tersebut ke tetangga terdekat

–  Keuntungannya adalah jika satu mote gagal, yang lain bisa mengambil data

–  Sangat efisien dan dapat diandalkan

 

5. Keamanan Wireless

  • Empat ancaman utama

–  Rogue access point adalah titik akses yang tidak berhak ke jaringan wireless

–  War driving adalah tindakan mencari WLAN saat ketika mengemudi di sekitar kota atau di tempat lain

–  Eavesdropping mengacu pada upaya oleh pengguna yang tidak berhak/sah untuk mengakses aliran data melalui jaringan wireless

–  Radio frequency jamming adalah ketika seseorang atau perangkat sengaja atau tidak sengaja menggangu transmisi jaringan wireless anda

  • Solusi untuk menghindari ancaman tersebut antara lain :

–  Mendeteksi titik akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler

–  Blokir SSIDs anda

–  Enkripsi transmisi wireless dengan Wi-Fi Protected Access (WPA)

–  Ketahui siapa yang menggunakan jaringan anda dan apa yang mereka lakukan

–  Secara otomatis beralih ke jaringan wireless yang berbeda ketika ada gangguan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php