Yismaya Yudhawira Panitro

Electronic Commerce

Posted: November 27th 2012

1. Sejarah dan Cakupan E-Commerce

  • Sejarah

–  Bermula di awal tahun 1970, lama sebelum Internet digunakan secara komersial

–  Pada awalnya terbatas pada perusahaan besar

–  Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

  • Cakupan

–  Periklanan

–  Perbankan

–  Berbelanja di toko dan mal elektronik

–  Membeli saham

–  Mencari pekerjaan

–  Melakukan lelang

–  Berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–  Menyediakan layanan pelanggan

2. Definisi dan Konsep E-Commerce

  • Electronic Commerce (EC) adalah proses membeli, menjual, mengganti produk, layanan, dan informasi melalui jarigan komputer, terutama internet
  • EC didefinisikan dari beberapa perspektif

–  Komunikasi

–  Proses bisnis

–  Layanan

–  Online

–  Kolaborasi

–  Komunitas

  • Traditional Commerce

–  Semua dimensi adalah fisik, maksudnya membeli langsung ke tempatnya

  • Pure EC

–  Semua dimensi adalah digital, maksudnya kegiatan jual beli hanya dilakukan melalui online

  • Partial EC

–  Penggabungan dari dimensi fisik dan digital

3. Jenis-Jenis E-Commerce

  • Business to business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business to consumer (B2C)
  • Consumer to business (C2B)
  • Consumer to consumer (C2C)
  • Intabusiness (intaorganizational) commerce
  • Government to citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

4. Electronic Marketplace

  • Market memfasilitasi pertukaran informasi, barang, layanan, dan pembayaran
  • Market mendatangkan nilai ekonomi bagi pembeli, penjual, perantara pasar, dan masyarakat pada umumnya

5. Inter-organizational Information System (IOS)

  • Antara dua atau lebih organisasi

–  Memproses transaksi rutin

–  Aliran informasi

6. EC Framework

  • Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 area pendukung, yaitu :

–  Orang

–  Kebijakan publik

–  Standar dan protokol teknis

–  Rekan bisnis

–  Layanan pendukung

7. Lingkungan EC

  • Infrastruktur : hardware, software, dan jaringan yang dibutuhkan untuk melakukan transakasi, komunikasi, dan kolaborasi
  • Electronic Payment Mechanisms

–  Electronic checks

–  Electronic credit cards

–  Electronic cash in PC

–  Electronic payment cards with e-cash

–  Smart cards

–  Person to person payment systems

–  Electronic Funds Transfer (EFT)

–  Electronic wallets

–  Purchasing cards

  • Keamanan

–  Enkripsi

–  Sertifikat elektronik

–  Secure Socket Layer (SSL)

–  Secure Electronic Transaction Protocol (SET)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php