yerico seto

tugas pti

Posted: December 9th 2013

BAB 8

INTERNET, INTRANET DAN EXTRANET

 

    I.        INTERNET

Internet merupakan Jaringan komputer terbesar di dunia ( a network of netwok). Pertukaran informasi sangat mudah menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eklusif, dalam jaringan yg saling berhubungan.
Semangat berbagi dan akses terbuka untuk informasi adalan landasan dari internet.
dalam internet terdapat landasan sebagai berikut :

  1. E-mail
  2. Web
  3. File transfer
  4. Chat
  5. Message board
  6. Instant messaging

Internet  bersifat Internasional, dengan pengguna dari berbagai benua. Jaringan besar, menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah  diseluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Namun Biaya internet  untuk pengguna pribadi masih belum merata (masih mahal untuk beberapa populasi). Regulasi, budaya, politik sering kali menghambat tingkat adopsi dari internet secara internasional.
Sebagian besar situs menggunakan bahasa inggris, dan Sebagian konten yg dihasilkan berasal dari United States

 

  1. A.  Infrastruktur Internet
  • Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet
  • Pemerintah US berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer
  • Infrastruktur Internet  di sediakan oleh penyedia layanan jaringan
  • Koneksi antara dan aliran informasi antara backbone providers  bersifat terbuka dan gratis

 

 

  1. B.   Operasi dari Internet
  • Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols):

ü  Internet protocol (IP)

ü  Transport control protocol (TCP)

  • Internet adalah  packet-switching network

v  Pesan di dekomposisi menjadi paket, mengandung bagian dari pesan, plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer, serta bagaimana paket terelasi dengan paket lainnya

v  Packet berjalan secara independen dan bisa  melalui rute yg berbeda

v  Packet di susun kembali menjadi pesan yang diterima oleh komputer

  • Setiap komputer pada internet di identifikasikan dengan IP address
  • Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain
  • Network Solutions, Inc. Memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai tahun 1999.
  • Saat ini, 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain
  • Cybersquatting – Membeli  nama domain untuk dijual kembali.
  • Mengakses Internet

I.            Connect via LAN Server

II.            Connect via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP)

III.            Connect via an Online Service

 

 

  1. C.  Layanan Internet– Web Services
  • Pengiriman komponen perangkat lunak melalui website dari pada melalui cara tradisional (disks, CDs)
  • .NET – Microsoft’s new platform for XML Web services.  Integrates web sites and programs to deliver applications.

 

 

 

  1. D.  Layanan internet– World Wide Web
  • Aplikasi yg menggunakan fungsi  Internet transport
  • Sistem dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture
  • Based on HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web
  • menangani text, hypermedia, graphics, dan sound
  • Home Page – menampilkan teks dan grafis; halaman pengantar sebuah website
  • Web Site – Semua halaman dari perusahaan atau individu
  • Hyperlinks – cara untuk menghubungkan atau menavigasikan semua halaman pada web site
  • Webmaster – orang yg bertanggung jawab terhadap sebuahWeb site
  • Uniform Resource Locator (URL) – mengacu ke alamat sumber tertentu di web
  • Hypertext Transport Protocol (HTTP) – standart komunikasi yg digunakan untuk mentransfer page melalui WWW di internet

 

 

  1. E.   Internet Challenges
  • Teknologi baru
    • Adopted by vendors more rapidly than users and customers can implement them
    • Web developers cannot assume that users can run their innovations successfully
  • Regulasi Internet
    • Organisasi teknis(e.g., World Wide Web Consortium) mengembangkan standart untuk mengatur fungsionalitas internet
    • Organisasi tersebut  tidak dikenai tanggung jawab baik secara hukum atau operasional terkait penggunaan internet
    • Bagaimana mengontrol konten yg kontroversial di Web?
  • Internet Expansion
    • Pertumbuhan lalu lintas internet yg luar biasa telah mempengaruhin beberapa elemen dari jaringan
  • Slower retrieval times
  • Unreliable data transmission
  • Penolakan layanan karena overloaded servers
  • Improved hardware technology
  • Improved Web management software
  • Pemerintah mengijinkan grup mengembangkan standart privasi; does not take any action now unless real problems arise
  • Pemerintah merekomendasikan standart privasi untuk internet; does not pass laws at this time
  • Pemerintah meloloskan hukum yg mengatur bagaimana informasi  personal bisa dikumpulkan dan digunakan di internet
    • Pendekatan untuk mengatasi permasalahan tsb
  • Internet Privacy – Web sites  mengumpulkan informasih dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna
    • Cookie – file data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Mengumpulkan data  pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.
    • Tiga pendekatan potensial mengenai isu privasi
    • Keamanan transaksi finansial juga menjadi perhatian

 

II.            INTRANET

  • Jaringan private yg menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP
  • Menyediakan akses yg mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan
  • Digunakan untuk men-deploy aplikasi perusahaan
    • Examples – policies and procedures manuals; human resource forms; product catalogs
    • Keamanan menjadi perhatian utama
      • Security measures include – public key security, encryption, digital certificates, firewalls

 

  1. EXTRANET
  • Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers
  • Memberikan akses mudah pada  informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis
  • Penting untuk mencegah unwanted entry ke sistem internal
  • Virtual private networks (VPNs) sering digunakan untuk menambahkan keamanan dari komunikasi internet
  • Sebuah perusahaan men-set Extranet untuk dealers, customers, atau suppliers
  • Perusahaan perusahaan dalam satu industri men set collaborative Extranet untuk keuntungan bersama
  • Beberapa perusahaan berkolaborais melalui sebuah Extranet untuk  usaha bersama (joint venture)
  • Biaya komunikasi rendah; komunikasi lebih baik; peningkatkan order entry dan customer service; peningkatan efektivitas bisnis
  • Security
  • Konfigurasi Extranet
  • Benefits include –

 

 

 

BAB 9

Sistem Informasi Functional, Enterprise, dan Interorganizational

 

  1. A.   Sistem Informasi Fungsional
  • karakteristik
  • Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yg spesifik
  • secara spesifik  aplikasi SI bisa diwujudkan dalam
    • Aplikasi yg benar benar independen
    • Terintegrasi  membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren
    • Di integrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yg lebih luas

 

Transaction Processing Systems

            Transaksi merupakan :

  • Setiap peristiwa / event yang terjadi selama  proses operasi bisnis
  • Business events (transactions) bisa memicu business events lainnya
  • setiap event (transaction) bisa di deskripsikan oleh  sejumlah item data
  • Transaction processing systems (TPS) di rancang untuk mencatat dan menyimpan data yg menjabarkan setiap business event yg terjadi
  • TPSs : automated, berulang, konsisten, high-volume tasks
  • TPSs menyediakan fondasi untuk sistem informasi lainnya
  • TPS memberikan impresi/kesan kepada konsumen mengenai kualitas dari sebuah bisnis

 

  • Karakteristik dari TPSs
    • Data yg diproses dalam volume yg besar
    • Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal
    • TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.)
    • Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar
    • Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume)
    • Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured)
    • Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity
    • Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi
    • Membutuhkan kehandalan pengolahan yg tinggi;  organizations cannot function for long without TPSs
    • Mendukung  Inquiry processing

 

TPS Today

  • Secara tradisional, TPS di implementasikan pada sistem main frame  menggunakan batch processing
  • Online Transaction Processing (OLTP)
    • Dapat dibanggun menggunakan client/server architecture, hemat
  • Internet (Intranet) Transaction Processing
    • mengijinkan multimedia data transfer
    • fast response time
    • storage of large databases of graphics and videos
    • real time
    • low cost

Tipikal tugas TPS

  • Pemrosesan Order
  • Bertugas sebagai General ledger / buku beasr
  • Mengelola hutang dan piutang
  • Manajemen persediaan , pengiriman dan penerimaan barang
  • Menangani penggajian
  • Menyediakan laporan periodik

 

 

  1. B.   Accounting and Finance Systems
  • Financial Planning and Budgeting
    • Prediksi financial dan economic
    • Penganggaran biaya (Budgeting)
  • Investment Management
    • Akses ke laporan ekonomi dan finansial
    • Analisa finansial
  • Financial Controls
    • Kontrol anggaran
    • Auditing
    • Analisa kesehatan finansial
    • Analisa Profitability dan kontrol biaya (cost)

 

 

  1. C.  Marketing & Sales Systems

 

a)      Distribution Channel (definition)

    • menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan, diperluas melalui perantara seperti grosis maupun pengecer

b)      Other Channel Systems

    • Mendukung semua yg terkait dengan pemasaran seperti after-sales customer support

c)      Customer Service

    • Analisa  profil dan preferensi konsumen
    • mass customization – high volume production of specialized product
    • targeted advertising
    • customer inquiry systems dan automated Help Desk

d)      Telemarketing

    • advertisement and reaching customers
    • order processing
    • customer service
    • sales support
    • account management

e)      Distribution Channels

    • Manajemen pengiriman
    • Improve retail stores

f)       Marketing Management

    • Men set dan me monitor harga dari produk dan layanan
    • Memonitor dan mengevaluasi produktivitas dari salesperson
    • Evaluasi keuntungan dari products / customers
    • Menilai trend penjualan
    • Analyze new products, services, and markets

g)      Ethical and Social Issues in IT-supported Sales Activities

    • Pengumpulan dan penggunaan informasi
    • concern kepada masalah privasi

h)      Tren saat ini– Customer Relationship Management (CRM)

    • concern kepada pengembangan relasi one-to-one kepada konsumen

 

  1. D.  Production & Operations Management Systems

 

  • Logistics and Material Management
    • Logistics Management

ü  Pemesanan, pembelian, pengiriman keluar dan kedalam

    • Inventory Management

ü  Menentukan banyaknya persediaan

    • Quality Control

ü  Memonitor dan melaporkan kualitas dari bahan dasar, pemrosesan, hingga jadi barang jadi

  • Planning Production/Operations
    • Material Requirements Planning; MRP II
    • Just-In-Time
    • Project Management  (PERT &  CPM)
    • Short-term scheduling
  • Automatic Design Work and Manufacturing
    • Computer Aided Design (CAD)
    • Computer Aided Manufacturing (CAM)
    • Computer Integrated Manufacturing (CIM)

 

 

 

  1. E.   Human Resources Management Systems
  • Recruitment
    • Melacak semua lowongan yg terbuka
    • Mengiklankan lowongan melalui internet
    • Seleksi karyawan
  • Human Resources Maintenance and Development
    • Pelatihan karyawan
    • Penilaian performa
    • Analisa Turnover (omset), keterlambatan, absensi
  • Human Resources Management and Planning
    • Mengelola  personnel files dan skills inventory
    • Mengelola tunjangan
    • Menyesuaikan dengan government reporting
    • Personnel planning
    • Succession planning
    • Labor negotiations

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 10

Electronic Commerce

  1. A.  Sejarah & Ruang lingkup E-Commerce (EC) :
  • Sejarah

–        Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)

–        Awalnya terbatas untuk perusaahn besar

–        Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

  • Ruang lingkup EC saat ini

–        Iklan

–        perbankan

–        Jual beli alat elektronik

–        Jual beli saham

–        Pencarian pekerjaan

–        lelang

–        Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–        Menyediakan layanan konsumen

 

  1. B.   Definisi dan konsep EC
  • Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
  • Definisi EC di ambil dari sudut pandang

–        komunikasi

–        Proses bisnis

–        layanan

–        Online

–        kolaborasi

–        komunitas

  • Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik
    • Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)
      • Old-economy organizations (corporations)
      • Bisnis dijalankan secara offline
      • Menjual produk melalui physical agents
      • Pure EC: semua dimensi adalah digital
        • Perusahaan Online (virtual)
        • New-economy organization
        • Menjual barang dan jasa secara On line
        • Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik
        • Click-and-mortar organizations
        • Melakukan kegiatan EC
        • Melakukan bisnis utama di dunia nyata

 

  1. C.  EC vs E-business
  • E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:

–        Layanan konsumen

–        Kolaborasi dengan rekan bisnis

–        Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Pure vs. Partial EC: berdasarkan tingkat digitalisasi dari produk , proses bisnis, dan delivery agent

 

  1. D.  Tipe E-Commerce
  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

 

  1. E.   Electronic Marketplaces
  • Pasar memfasilitasi pertukaran
    • Informasi
    • barang
    • jasa
    • pembayaran
    • Pasar menciptakan nilai ekonomi untuk
      • Pembeli
      • penjual
      • perantara
      • Masyarakat pada umumnya

 

 

 

  1. F.    Electronic Markets vs Inter-organizational Systems

 

E-markets

  • Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar
    • barang
    • Layanan
    • uang
    • informasi

Inter-organizational Information Systems (IOS)

  • Antara dua atau lebih perusahaan
    • Pemrosesan transaksi harian
    • Aliran informasi

 

 

 

 

  1. G.  Electronic Commerce Requirements

 

  • Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi
  • Mekanisme Pembayaran Electronic

–        Electronic checks

  • Konsumen membuka rekening di bank
  • Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
  • Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
  • Mekanisme Pembayaran Electronic (continued)

–        Electronic credit cards

  • Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
  • Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan

–        Electronic cash in PC

  • bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
  • Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
  • Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
  • Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
  • Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s

Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya

  • Mekanisme Pembayaran Electroniccontinued)

–        Pembayaran Electronic dengan e-cash

  • Credit cards menggunakan magnetic strips
  • Kartu menyimpan informasi mengenai prepaid cash yg bisa digunakan untuk melakukan pembayaran

–        Smart cards

  • Kartu dengan microprocessors, bisa menyimpan lebih banyak informasi

–        Person-to-person payment systems

  • Transfer dana antara individu (PayPal)

–        Electronic Funds Transfer (EFT)

  • Transfer uang secara Electronic dari dan kepada  financial institution menggunakan jaringan telekomunikasi

–        Electronic wallets

–        Purchasing cards

 

 

 

 

BAB 11

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

 

  1. A.  Teknologi Wireless
  • Perangkat Wireless  cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya

–        Contoh: PDA, cellular phones, smart phones.

–        Wireless Application Protocol (WAP) Sebuah standart yg mengijinkan perangkat wireless dengan layar yg kecil, koneksi  bandwidth rendah dan memory terbatas bisa mengakses informasi dan layanan berbasis Web

  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas
  • Pager adalah wirelessa messaging system satu arah; mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk

 

 

  1. B.   Wireless Transmission Media
  • Microwave transmission systems digunakan secara luas untuk komunikasi yang bervolume tinggi, jarak jauh dan point-to-point

–        Point-to-point  memiliki 2 karakteristik : pertama, transmitter dan receiver harus berada pada line-of-sight ; kedua, transmisi harus diarahkah langsung dari transmitter ke receiver.

  • Satellite transmission : menggunakan satelit komunikasi; terdiri dari 3 tipe satelit dengan orbit berbeda sbb :

–        Geostationary (GEO)

–        Medium-earth-orbit (MEO)

–        Low-earth-orbit (LEO)

  • Footprint adalah area permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit –  mengatasi keterbatasan dari microwave data relay stations.
  • Broadcast transmission mengijinkan satelit untuk mengirimkan sinyal ke banyak receivers sekaligus
  • Propagation delay adalah jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO yg menganggu pembicaraan pada two-way telephone

  1. C.  Types of Orbits
  • Geostationary earth orbit (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan stabil pada posisi tersebut; sempurna untuk sinyal TV.
  • Medium earth orbit (MEO) terletak 6,000 miles di atas permukaan bumi dan bergerak; digunakan untuk GPS dan lebih murah.
  • Low earth orbit (LEO) berada 400 sampai 700 miles di atas permukaan bumi dan bergerak lebih cepat, digunakan untuk telpon

 

 

GPS adalah sistem wireless yang menggunakan satelit yg memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka di mana saja di bumi; didukung oleh 24 shared satellites di seluruh dunia.

IOS mengijinkan user Internet melalui GEO satellites dari antena yg terpasang di rumah/lokasi user. Hanya tersedia di eberapa area dan bisa memiliki propagation delay atau terganggu oleh kondisi sekitar

  1. D.  Radio
  • Radio transmission menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data langsung antara transmitters dan receivers.
  • Satellite radio (digital radio) menawarkan uninterrupted, near CD-quality music yang dikirim ke radio pengguna. (XM satellite radio uses GEO; Sirius uses MEO)
  • Infrared light adalah cahaya merah yang tidak terlihat oleh mata manusia, sering digunakan untuk pada remote control units untuk TVs, VCRs, DVDs, CD players.

 

 

  1. E.   Wireless Computer Networks dan Internet Access
  • IEEE standards untuk wireless computer networks include:

–        IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).

–        IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)

–        IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)

–        IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

  1. F.    Bluetooth
  • Bluetooth digunakan untuk membuat PANs kecil:

–        Menghubungkan hingga 8 devices dengan jarak area 10-meter;

–        low-power, radio-based communications;

–        Dapat mengirimkan data hingga 1 Mbps (more).

  • Personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yg digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat komputer yg sifatnya perorangan(close to one person.) (e.g., telephones, PDAs, smart phones)

 

  1. G.   Zigbee
  • Zigbee ditujukan pada aplikasi yang membutuhkan transmisi data dan konsumsi daya yg rendah:

–        Memindahkan data dengan kecepatan ¼ dari Bluetooth;

–        Bisa menangani ratusan perangkat sekaligus

  • Fokus saat ini untuk menghubungkan sensor secara wireless yg ditanam pada industrial controls, medical devices, smoke and intruder alarms and building and home automaton.

 

  1. H.   Wireless Local Area Networks (WLANs)
  • WLAN membutuhkan transmitter dengan antena, disebut wireless access point,  yg menghubungkan wired LAN atau antena satellite yg menyediakan koneksi Internet.

–        Wireless network interface card (NIC) dibutuhkan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan built-in radio dan antenna di dalamnya.

–        Hotspot  wireless access point yg menyediakan layanan ke beberapa pengguna dalam jangkauan area yg terbatas (up to a couple hundred feet).

  • IEEE standard for WLANs is the 802.11 family, known as Wi-Fi, for Wireless Fidelity.

–        802.11a can transmit up to 54 Mbps within 30 meters; 802.11b can transmit up to 11 Mbps within 30-50 meters; 802.11g – 54 Mbps, 50 meters.

–        Benefits are low cost and simple Internet access

 

 

  1. I.     Problems with Wi-Fi
  • Roaming – User tidak bisa berpindah dari satu hotspot ke hotspot lain jika hotspot menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yg berbeda.
  • Security – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, tidak mudah untuk melindunginya
  • Cost – layanan Wi-Fi komersial murah tapi tidak gratis dan tiap layanan memiliki biaya yg berbeda dan account log in user yg terpisah

 

  1. J.     WiMax
  • Worldwide Interoperability for Microwave Access, popularly known as WiMax, is the name for IEEE standard 802.16.

–        Wireless access range of up to 31 miles;

–        Data transfer rate of 75 Mbps;

–        Secure system that offers voice and video.

 

 

 

 

  1. K.   Mobile Computing and Mobile Commerce
  • Mobile computing  mengacu pada real-time, koneksi wireless antara perangkat mobile dan computing environments lainnya, seperti Internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utamayg membedakan dari jenis komputasi lainnya.

–        1 Mobility – user membawa perangkat mobile dan bisa berkomunikasi secara real time dgn sistem lain di mana pun mereka berada.

–        2 broad reach– user bisa di hubungi secara mudah saat mereka membawa perangkat mobile ‘terbuka’.

  • 2 karakterisitik, mobility dan broad reach, memberikan 5 nilai lebih terkait batasan geografi dan waktu:

–        Ubiquity : being present everywhere.

–        Convenience : kemudahan

–        Instant connectivity : kemudahaan konektivitas

–        Personalization: enables the dynamic insertion, customization or suggestion of content

–        Localizations of products and services.

 

  1. L.    Mobile Commerce
  • M-commerce mengacu kepada transaksi e-commerce (EC) pada lingkungan nirkabel khususnya melalui internet.
  • Pengembangan  m-commerce di dorong oleh faktor berikut:

–        Meluasnya ketersediaan perangkat mobile

–        No need for a PC

–        “Cell phone culture”

–        Penurunan harga

–        Peningkatan Bandwidth

 

 

  1. M.  Intrabusiness Applications
  • Mengakses informasi

–        Mobile Portal  gmenyediakan konten dan layanan untuk mobile users meliputi news, sports, email, entertainment, travel and restaurant information; community services; dan stock trading.

–        Voice Portal adalahWeb site dengan audio interface  dan bisa di akses melalui handphone biasa.

 

  1. N.   Location-based Applications
  • Shopping from Wireless Devices – vendor online memungkinkan konsumen untuk berbelanja melalui perangkat nirkabel.
  • Location-based Advertising : saat pemasar mengetahui lokasi terkini dan preferensi dari mobile users, mereka bisa mengirim pesan iklan tertentu melalui perangkat wireless mengenai informasi toko, mall, atau restaurant terdekat.
  • Location-based Services menyediakan informasi ke konsumen mengenai layanan dan kondisi lokal melalui cell phones.

 

  1. O.   Wireless Telemedicine
  • Telemedicine : penggunaan telekomunikasi modern dan IT untuk menyediakan perawatan klinis bagi individu yang jauh dan untuk mengirimkan infromasi terkait dengan perawatan klinis tersebut.
  • Teknologi nirkabel memudahkan proses pemberian resep pasien.
  • Komunikasi Mobile menyediakan aplikasi telemedicine untuk situasi darurat yang muncul selama penerbangan pesawat

 

  1. P.    Telemedicine Applications
  • Menyimpan dan mengurum gambar digital dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Mengijinkan pasisen di satu lokasi berkonsultasi dengan dokter secara real time melalui video conferencing.
  • Menggunakan robot untuk melakukan remote surgery, kasus pada pasien di daerah pedesaan dan dokter di area perkotaan
  • Teknologi nirkabel memudahkan proses pemberian resep pasien.
  • Komunikasi Mobile menyediakan aplikasi telemedicine untuk situasi darurat yang muncul selama penerbangan pesawat

 

  1. Q.   Pervasive Computing
  • Pervasive Computing (Ubiquitous computing) adalah invisible “everywhere computing” yg ditanam pada objek disekitar kita – lantai, atap, mobil, mesin cuci, microwave oven, cell phones, baju, dsbnya. (e.g., smart home, peralatan cerdas)

 

  1. R.    Wireless Sensor Networks (WSNs)

 

  • Wireless Sensor Networks adalah jaringan yg saling terhubung, menggunakan baterei, sensor nirkabel yg disebut motes ditempatkan pada lingkungan fisik

–        Motes mengumpulkan data dari banyak titik mote.

–        setiap mote mengandung processing, storage, dan radio frequency sensors dan antennaes.

–        Motes menyediakan informasi yang mengijinkan komputer pusat mengintegrasikan laporan dari aktivitas serupa dari sudut pandang yg berbeda

 

 

 

BAB 14

Implementasi IT:  Etika, dampak, dan keamanan

 

  1. A.  Etika dalam IT
  • Etika : : kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan yang tidak
  • Code Etik– prinsip yg menuntun anggota dari organisasi
  • Tipe Etika

–        Privasi –  apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain

–        Accuracy – Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data

–        Property – Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya

–        Accessibility – siapa yg bisa mengakses informasi

 

  1. B.    Privasi
  • Privasi informasi – hak untuk menentukan apakah informasi pribadi bisa dibagikan ke orang lain
  • Electronic surveillance – Penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah
  • Penyimpanan informasi pribadi di db:

–        Apa yg disimpan?  Bagaimana memastikan keakurasiannya?  Siapa yg akan memperoleh informasi tersebut?  Bagaimana informasi tsb akan digunakan?

  1. C.    Hak kekayaan intelektual
  • Properti intangible yg diciptakan seseorang/perusahaan, dilindungi oleh hukum

–        Trade secret – intellectual work – tidak public  (coca cola, kfc)

–        Patent –hak eksklusif untuk penemuan (inovasi teknologi) yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun

–        Copyright /hak cipta– Pecipta dari kekayaan intelektual diberikan hak kepemilikan seumur hidup + 50 tahun terkait dengan penggunaanya.  Software secara umum memiliki copyrighted.

 

  1. D.   IT and Organizations

v  IT memiliki potensi untuk mengubah sebuah organisasi.

  • Perubahan Structures organisasi
  • Bekerja jarak jauh (remote)

 

  1. E.    IT and Jobs
  • Beberapa pekerjaan akan tereliminasi, khususnya perantara (e.g., travel agents)
  • Banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang
  • Kemampuan IT menjadi persyaratan

 

  1. F.     IT and Individuals
  • Dehumanisasi, kehilangan kontak sosial
  • Peningkatan beban kerja dan permintaan akan kemampuan komputer
  • Penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan

 

  1. G.   IT and Society
  • Beberapa berpendapat IT meningkatkan kualitas hidup

–        Membantu penyandang cacat

–        Meningkatkan health care system

–        Meningkatkan informasi konsumen

–        Robots berperan pada situasi berbahaya

–        Menekan angka kejahatan

–        Melindungi data dari akses tidak sah

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php