Yeni Rohmawati

Keadaan Lapang ataupun Sempit Semua adalah Ujian

Posted: November 2nd 2012

Dalam kehidupan pasti kita pernah merasakan keadaan yang sempit maupun yang lapang, semua itu hakikatnya adalah sama-sama bernama ujian. kerena didalam keadaan lapang kita diuji apakah kita bisa bersyukur dan memanfaatkan keadaan lapang tersebut atau bahkan sebaliknya, begitu pula dengan keadaan sempit apakah kita bisa bersabar atau malah sebalikknya. Allah berfirman,

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (Al-Baqarah 155)

Ayat di atas sudah jelas bahwa hidup itu ada keadaan lapang dan sempit. Jika dalam keadaan sempit konsekuensinya harus bersabar kerena tidak mungkin badai tak berlalu.  Badai pasti berlalu…hehehe

“Allah tiada meninggalkan kamu dan tiada pula benci kepadamu”. (Adh Dhuhaa 3)

Yakinlah bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita bahkan tidak pula pernah membenci kita jadi dalam keadaan sesempit apapun kita tidak boleh takut dan putus asa karena Allah selalu bersama kita.

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendo’a apabila ia berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran”.(Al-Baqarah 186)

Dalam ayat di atas sudah jelas bahwa Allah itu selalu dekat bersama kita dan selalu mengabulkan do’a hambanya. sebagai Allah kita harus melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Begitu pula jika dalam keadaan lapang konsekuensinya ya harus bersyukus dan memanfaatkan kelapangan tersebut dijalan Allah.

 

jadi intinya keadaan sempit maupun lapang semua adalah ujian….KEEP SPIRIT!!!!!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php