Yeni Rohmawati

MENGELOLA DATA ORGANISASI DAN INFORMASI

Posted: October 20th 2012

yuk kita simak apa sih database, file, record, field?

  1. Database adalah kumpulan logis dari file yang terkait.
  2. File adalah pengelompokan logis dari records yang terkait.
  3. Record adalah pengelompokan logis dari field yang terkait
  4. Field adalah pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat atau angka.

jadi urutannya database, file, record, field, karakter…

field mempunyaibeberapa bagian:

  1. Field Size adalah jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuah field.
  2. Field Name adalah  nama unik, sebagai identifikasi dari setiap field.
  3. Data Type adalah Jenis spesifik dari data yg ditampung. (Text, numeric, autonumber, currency, date, memo, yes/no, hyperlink, dan object).

di dalam record dijelaskan tentang entity, yaitu orang, tempat, benda, atau kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola.

didalam “Traditional File Environment” sering terjadi permasalahan-permasalahan antara lain:

  • Data Redundancy
    Data yang sama ditemukan di beberapa tempat peyimpanan.
  • Data Inconsistency
    Salinan berbagai data tidak lagi sama seperti pada penyimpanan awal.
  • Data Integrity
    Data harus akurat dan benar.
  • Security
    Yang membatasi akses ke berbagai data pada berbagai aplikasi.
  • Data Isolation
    Data pada file data dari beberapa aplikasi yang sulit di akses dan integrasikan.
  • Aplikasi/Data Dependence
    Aplikasi dikembangkan berdasarkan bagaimana data di simpan.

dalam menenpatkan data pada database ada 2 pilihan yaitu:

  1. Centralized Database
    – Semua file berada pada satu lokasi fisik yg sama
    – Menyediakan database administrators  dengan kemampuan mengelola keseluruhan database pada satu lokasi
    – Konsistensi data ditingkatkan dan lebih aman
    – File hanya bisa di akses melalui centralized host computer
    – Proses Recovery lebih mudah
    – Rentan terhadap single point of failure
    – Speed problem terkait transmission delays
  2. Distributed Database
    – Salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data, berada pada lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna
    Terdapat 2 tipe :
  • Replicated database
    – Salinan database di banyak lokasi
    – Mengurangi single-point-of-failure problems
    – Meningkatkan user access responsiveness
  • Partitioned database
    – potongan dari database di setiap lokasi
    – setiap lokasi bertanggung jawab terhadap datanya

Database Management System (DBMS)

Komponen-komponen DBMS :

  1. DATA MODEL
    – Mendefinisikan cara data di strukturkan secara konseptual
  2. DATA DEFINITION LANGUAGE (DDL)
    – Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base

    – Users menjabarkan logical view (schema) dari database menggunakan DDL
    – Mendefinisikan Physical characteristics dari records dan fields
  3. DATA MANUPULATION LANGUAGE (DML)
    – Digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau meng-update informasi pada database, dan mengembangkan aplikasi database

    – Structured query language (SQL) – most popular relational database language
  4. DATA DICTIONARY
    – Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data

Keuntungan dari DBMS :

  • Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan
  • Mengurangi kompleksitas dari IS environment
  • Mengurangi redundan dan inkonsistensi data
  • Meningkatkan data integrity
  • Application/data independence
  • Meningkatkan keamanan data
  • Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan
  • Meningkatkan fleksibility dari IS
  • Meningkatkan akses data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php