Seibutsu-gaku 生物学

PCR Mencicipi DNA MUMI

Posted: May 28th 2013

PCR memang sudah tidak asing lagi dalam dunia biologi, khususnya di bidang teknologi molekuler. PCR telah banyak digunakan dan diaplikasikan secara luas, baik untuk amplifikasi materi genetik maupun untuk analisis molekuler lainnya, yang banyak dilakukan pada DNA mikrobia, tumbuhan, hewan, manusia, dan makhluk hidup lainnya. Namun sebenarnya kemampuan PCR tidak terbatas sampai disitu. Mungkin orang awam berpikir bahwa DNA hanya dapat diperoleh dari makhluk yang masih hidup. Kenyataannya PCR juga dapat mengamplifikasi dan menganalisis DNA makhluk hidup yang telah mati.

Masih ingat dengan film Jurassic Park yang sempat cukup terkenal dan membuat kagum banyak penonton? Dalam film fiksi tersebut diceritakan bahwa seorang profesor mampu menghidupkan kembali dinosaurus yang sebenarnya sudah punah berjuta-juta tahun yang lalu dengan bermodalkan darah dinosaurus yang dihisap oleh nyamuk. Meskipun dinosaurus telah mati/punah, darahnya masih mengandung DNA yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu dengan bantuan teknologi molekuler, termasuk teknologi PCR.

Nah, kalau dinosaurus yang telah punah saja bisa dimanfaatkan DNA-nya, mengapa mumi tidak?
Setelah kita mendapat DNA mumi (yang tentunya diperoleh dari isolasi dari berbagai sumber DNA), apa yang dapat dilakukan PCR untuk membantu para peneliti dalam mengetahui misteri awetan manusia ini?
Mungkin pertanyaan ini dapat membantu. Kalo kalian liat mumi, bisa gak sih kalian nentuin apakah mumi itu cowo atau cewe secara sekilas?? Pasti akan sulit untuk menentukannya secara akurat, kecuali kalian pake metode tebak-tebak berhadiah… hihihi..
Si Polymerase Chain Reaction (PCR) ini dapat diaplikasikan untuk menentukan jenis kelamin mumi-mumi yang telah terkubur selama ratusan bahkan ribuan tahun. PCR juga digunakan untuk identifikasi penyakit-penyakit, seperti cacar, TBC, lepra, dan penyakit-penyakit lain yang diderita oleh raja-ratu atau orang-orang penting yang telah dimumikan. Contoh kasus penyakit yang terkenal adalah cacar pada mumi Ramses V yang merupakan penguasa Mesir pada dinasti ke-18.

Dari pemanfaatan PCR ini pula, para peneliti memperoleh penemuan yang cukup mengejutkan, yaitu bahwa mumi-mumi ini semasa hidupnya juga menderita kanker…! dengan kata lain kanker sudah ada sejak jaman raja-raja ini.. kanker bukan penyakit yang hanya menyerang manusia-manusia modern O_O. PCR mendeteksi protoonkogen K-ras pada kanker kolon mumi seorang petinggi pada jaman Renaissance Italia. Lebih menariknya lagi, mutasi K-ras ternyata merupakan mutasi yang paling banyak terjadi dan paling banyak ditemukan pada kasus kanker kolon jaman modern ini. Berkat PCR pula, peneliti dan sejarawan dapat mengetahui hubungan kekerabatan dan migrasi populasi pada peradaban masa itu.

Teknologi PCR tidak hanya berperan dalam bidang kesehatan, pangan, lingkungan, maupun bidang lainnya yang kita dengar dan ketahui selama ini, tetapi juga berperan penting dalam menguak sejarah dan misteri pendahulu-pendahulu kita.

It’s all thanks to pak Karry B. Mullis yang telah menemukan teknik PCR. 😀