Wendy Junito Borean

E-Commerce

Posted: November 25th 2012

Kemajuan teknologi mendorong dunia bisnis mengomersialkan barang dan jasa tidak hanya dalam bentuk konvensional tapi juga melalui pemanfaatan teknologi elektronik.  Proses dari jual beli , pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer disebut Electronic commerce. Terdapat 2 tipe e-commerce yaitu pure e-commerce dan partial e-commerce. Pure e-commerce adalah menjalankan bisnis dalam penjualan barang dan jasa hanya dalam dunia virtual, sedangkan partial e-commerce menjalankan bisnis menggunakan perpaduan penjualan barang dan jasa secara konvensional dan virtual.

Pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis bukan hanya sekedar penjualan barang dan jasa, tapi mengalami perluasan yang meliputi layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis dan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan. Pemanfaatan tersebut disebut sebagai e-bussiness.

Dalam pelaksanaannya aplikasi e-commerce mempunyai 5 infrastruktur pendukung yaitu orang, pengawasan umum, standar teknikal dan protokol, rekan bisnis dan layanan pendukung. Mekanisme pembayaran secara elektronik dapat dilakukan dengan cara cek elektronik, kartu kredit, pembayaran menggunakan uang elektronik.

Penggunaan e-commerce tidak terlepas dari keamanan dan permasalahan. Sehingga dalam pemanfaatannya dilakukan pembuatan kunci, sertifikat elektronik, secure socket layer dan secure electronic transaction protokol.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php