Wendy Junito Borean

Internet, Intranet dan Extranet

Posted: November 11th 2012

Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia digunakan untuk akses membagi informasi dan komunikasi. Internet banyak digunakan dalam pemerintahan, bisnis, organisasi maupun kepentingan pribadi sehari – hari. Setiap komputer yang terkoneksi internet mempunyai ip address dan nama domain. Beberapa layanan yang dapat ditemukan apabila menggunakan internet adalah e-mail, web, file transfer, chat, message board dan lain-lain. File transfer protokol sebagai prokol pada jaringan internet berguna untuk mentransfer file dari satu komputer dengan komputer lainnya. Perkembangan internet mengalami tantangan diantaranya teknologi baru, regulasi internet, ekspansi internet dan privasi internet.

World wide web sebuah aplikasi yang digunakan untuk fungsional transport pada internet. Sistem ini digunakan secara umum sebagai standar penerimaan untuk pengiriman data, format, menampilkan informasi melalui klien dan server serta mampu mengatur teks, hypermedia, grafik dan suara. World wide web mengacu pada alamat website yang akan ditujuh. Delapan dasar tipe website adalah portal,berita, informasi, bisnis,pendidikan, hiburan , advokasi dan personal.

Intranet merupakan jaringan internal yang digunakan untuk teknologi internet yang terdapat pada suatu perusahaan sehingga informasi dapat diakses oleh pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut. Extranet merupakan jaringan yang dipilih untuk dapat mengakses informasi antara partner bisnis misalnya informasi dapat diakses oleh supplier, distributor dan pelanggan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php