Wimna Titicreyda Koenoe

Week 11 : Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: December 6th 2012

Wireles

Kita ketahui bahwa Wireless adalah jaringan tanpa kabel dengan wireless dapat memudahkan kita untuk memakai dan melakukan tugas-tugas produktif dan mengakses internet serta perangkat lain

Wireless device bisa digunakan di IPAD,Smartphone,PDA.

Protokol wireless ,layar tampilannya kecil,koneksinya rendah dan memory yng minim untuk mengakses informasi dan layanan.

Microbrowser : ukran file yg kecil dengan low memory dan bandwidht yang rendah dari jaringan nirkabel.

Page : 1 arah ,nirkabel sistem pesan.

Wireless transmision system : memakai gelombang. Gelombang microwve digunakan dengan volume tinggi,komunikasi dengan jarak yang jauh,point to point.

Satelit komunikasi adalah GEO,MEO,LEO

GPS : sistem jaringan nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna dapat menentukan atau mengetahui posisi mereka dimana mereka berada,GPS didukungoleh 24 satelit bersama didunia.

Wireless komputer jaringan dan akses internet

Standar IEEE untuk jarigan komputer nirkabel :

IEEE 802.15 Bluetooth dan Zigbee 802.15.4 , Jangkauan bluetooh bisa sampai jarak 10 m dan maksimal menghubungkan 8 perangkat,dan daya komuniksi rendah sedangkan Zigbee aplikasinya membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah,dapat memindahkan data hanya seperempat kecepatan bluetooth dan menangani ratusan perangkat sekaligus.

IEEE 802.11 Wi-fi ,Wi-fi dapat mengirimkan data hingga 54 Mbps dalam jarak 30 m,Manfaat dari wi-fi adalah biaya yang rendah dan akses internet yang sederhana.

IEEE 802.16 Wi-Max ,jangkauan akses nirkabel berjarak hingga 31 mil,kecepatan mentransfer data 75 Mbps sistem aman tang menawari video dan suara.

Mobile Computing dan Mobile Commerce

Koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan komputsi seperti internet dan intranet memiliki 2 karakteristik ,yaitu:

  1. 1.     Jangkauan yang luas
  2. 2.     Mobilitas

m-commerce ,mengarah pada e-commerce transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel melalui internet, Aplikasi M-commerce sperti mobile banking dan jas keuangan.

Teknologi nirkabel telah maju , komunikasi mobile banyak menyediakan aplikasi-aplikasi yang bekerja untuk situasi yang drurat contohnya dalam penerbangan pesawat.

Ada juga teknologi yang bernama Teknologi RFID teknologi ini memungkinkan produsen untuk melampirkan tanda dengan memakai chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan melalui sinyal radio.

Keamanan

Jaringan nirkabel mempunyai sistem keamanan, ada beberapa ancaman yang terkait pada jarigan nirkabel tsb:

-Jalur akses yang tidak sah

-Tindakan mencari W-lan saat mengemudi

-Menguping

-Radio frekuensi jamming

Untuk mengatasi ancaman tersebut ada solusinya ,yaitu:

-Mendeteksi jalur akses

-Mengenkripsi transmisi nirkabel dengan WPA

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php