Wimna Titicreyda Koenoe

Week 10: Electronic Commerce

Posted: November 24th 2012

E-commerce

Jauh sebelum adanya internet untuk penggunaan berbagai macam layanan ,sudah muncul E-commerce ,E-commerce yang batasnya hanya untuk suatu perusahan penggunaanya hanya untuk bisnis dengan bisnis.

Pengertian E-commerce adalah proses pembelian,penjualan dan bertukar produl atau jasa serta informasi melalui jaringan komputer terutama internet ,E-commerce bisa terakses walaupun tidak ada jaringan internet/offline.

Perkembangan E-commerce sangatlah luas sampai saat ini ,e-commerce bukan hanya digunakan bagi perusahan saja tetapi perorangan juga bisa. E-commerce mempunyai manfaat bagi individual yang ingin menggunakan e-commerce sebagai layanan untuk membantu individual itu sendiri melakukan proses pembelian ataupun penjualan.

Dalam E-commerce terdapat 3 tipe ,yaitu :

  1. Tradisional E-commerce : Menjual produk fisik dengan cara agen fisik ,melakukan bisnis offline jadi customer membeli barang langsung ke tempatnya.
  2. Pure E-commerce : Menjual barang atau produk dan jasa hanya secara online ,jadi kita membeli barang hanay melalui online diluar itu tidak dilayani karena pelayanannya secara online saja.
  3. Partial E-commerce : Gabungan dari Tradisional E-commerce dan Pure E_commerce.

Perbedaan antara Tradisional E-commerce dan Pure E-commerce

Pada Tradisional e-commerce membutuhkan modal yang cukup banyak ,offline , dengan tempat yang disediakan mis : menyewa tempat untuk menjual barang otomatis itu membutuhkan budget yang cukup besar dan banyak ,sedangkan pada Pure e-commerce budgetnya hanya sedikit dan terkdang tidak memakan biaya sama sekali karena layanannya bersifat online.

E-Bisnis

E-bisnis lebih luas dari E-commerce ,cakupannya yang luas sehingga tidak hanya melakukan pembelian dan penjualan barang dan jasa akan tetapi juga melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi,  bekerja sama dengan mitra bisnisnya.

E-marketplace

E-marketplace adalah tempat yang disediakan untuk melakukan pertukaran informasi ,barang ,layanan,pembayaran.

Contohnya amazon.

Selain itu ada juga pembayaran elektronik , melakukan transaski pembayaran engan e-cash,kartu krdit, smartcard, paypal.

EFT – Elektronik trasfer uang ke lembga keuangan menggunakan telecomm ,jaringan elektronik dompet

Pembelian kartu keamanan

Unencrypted payment ,pembeli melakukan e-mail atau memberikan nomor kartu kredit kepada penjual di internet ,melakukan transaksi melalui internet

Encrypted payment : rincian kartu kredit uang dienkripsi untuk keamanan

Keamanan

Enkripsi adalah suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci deskripsintersebut atau pemiliknya saja.

Secure socked layer : Protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan

Secure elektronik transaction protocol : Protokol untuk proses kredit mobil

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php