Wimna Titicreyda Koenoe

Week 9: Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Posted: November 19th 2012

telat lagi dah nulis materi week 9 x_x

Fungsional Sistem Informasi

Karakteristik:

Sistem informasi yang melakukan aktivitas khusus, mis: Fokus pada satu perusahan sja dalam arti melakukan kegiatan khusus pada suatu perusahan.

Spesifiknya sangat independen , terintegrasi dengan sistem fungsional yang terbentuk ,dapat mengintegrasikan juga lintas deprtemennya untuk mendukung proses indusrti yang luas.

Interface dengan satu sama lain ,dengan lingkungan dalam pembentukan sstem infromasi organisasi yang besar atau luas.

Manajemen Informasi sistem , menyediakan informasi yang tiap harinya harus diberikan kepada para manajer di bidang fungsional.

Transaksi pengolahan sistem

Setiap bisnis yang terjadi selama beroperasinya bisnis itu , setiap bisnisndapat memic ukegiatan bisnis lainnya

dengan transaksi dan tiap kegiatan juga dapat dijelaskan dengan sejumlah item data.

TPS juga dirancang utuk menyimpan dan merekam data pada tiap kegiatan bisnis yang terjadi . TPS juga adalah dasar bagi semua sistem informasi.

karakteristik TPS:

-Proses volume data yang besar

-Pengoperasiannya teratur

-Kapasitas penyimpann yang besar

-Kecepatan pemrosesan yang tinggi karena volumenya tinggi

-Input dan output yang sangat terstruktur

Secara tradisional TPS diterapkan pada sistem mainframe yang menggunakan batch processing(sederhana dan murah)

Akuntansi dan keuangan sistem

Dalam sistem akuntansi dan keungana terdapat:

-Keuangan perencanaan dan penganggaran

-Manajemen investasi

-Kontrol keuangan

 

Pemasaran dan penjualan sistem

Saluran distribusi yaitu menyediakan barang/jasa kepada customer dan dapat memperpanajng melalui perantara sperti brosir da pengecer.

Perusahan :    Pabrik, distribusi,desain,akuntansi keuangan.

Saluran sistem lain mendukung semua hubungan pemasaran .

saluran sistem:

-Sistem pasar intelijen

-sistem target pemasaran

-Sistem penjualan

-Sistem pengiriman

-Sistem dukungan pelanggan

 

Layanan pelanggan : profil pelanggan dan analisis preferensi , iklan bertarget.

Telemarketing :  Pelanggan dan iklan yang mencapai, Pemrosesan pemesanan, Pelayanan terhada[ pelanggan, Akun manajemen.

Dalam manajemen pemasaran adalah mengatur dan memonitor harga produk barang atau ajasa ,dan memantay dan mengevaluasi produktivitas penjual, Menganalisis produk baru.

 

Interorganizational information system

Sistem elektronik yang melibatkan arus informasi antar 2 atau  lebih dalam hubungan organisasi.

IOS diimplementasikan dengan swasta, nilai tambah jaringan.

Jenis sistem interorganizational:

-Sistem global

-Elektronik data interchange

-Elektronik transfer data

-Ekstranet

-Database

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php