Wimna Titicreyda Koenoe

Week 8: The Internet, Intranets & Extranets

Posted: November 12th 2012

Haduh telat lagi nulis pembahasan minggu 8 kemarin. Baik Saya akan coba menjelaskan sedikit apa yang saya tangkap soal pembahasan minggu 8 kemarin.

Seperti yang kita ketahui bersama penggunaaan internet sangatlah banyak dari generasi ke generasi, saya akan menjelaskan sedikit apa itu INTERNET.

Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang terbesar di dunia dan mempunyai layanan-layanan yang ditawarkan kepada pengguna ,layanannya berupa :

  1. WEB
  2. E-mail
  3. Chat
  4. Message board
  5. File Transfer
  6. Instant Messaging
  7. Telnet

Perkembangan Internet

Dari tahun 1984 lebih dari 1000 pengguna, dan sampai hari lebih dari 150 juta pengguna.

Internet dengan begitu banyak pengguna dari berbagai benua, jaringannya yang sangat besar dengan menghubungkan jaringan komputer baik itu bisnis, organisasi ,perusahan maupun sekolah .

Jaringannya yang begitu luas terakses dengan cepat, murah ,dan mudah untuk digunakan. Sebagian besar situs internet menggunakan Bahasa Inggris dan sebagian kontennya yang dihasilkan berasal dari Amerika serikat.

Operasi Internet

Dalam pengoperasian internet terdapat aliran paket infomasi antara komputer satu dengan komputer yang lain ini diatur oleh sebuah protokol , terdapat 2 protokol yaitu,:

  1. Internet Protocol
  2. Transport control protocol

Internet juga merupakan Packet switching network , paket yang berjalan secara independen dan melalui rute  yang berbeda ,paket yang memberikan info mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer ,paket yang disusun kembali menjadi pesan uyang diterima oleh komputer.

Setiap komputer pada internet diidentifikasikan dengan IP adress dan komputer juga memiliki nama domain. Misalkan IP adress adalah angka dan Domain namanya alamat situs.top domain level

Akses internet, sambungkan via LAN, serial line Internet(SLIP/PPP) ,Online Service (AOL/MSN)

 

Layanan Internet World Wide Web (WWW)

WWW adalah aplikasi yang menggunakan fungsi dari tranport internet dan memiliki sistem dengan standard yang umum untuk menerima,menformat dan menampilkan informasi melalui arsitektur  server/client  . Based on HTML dalam WWW terdapat elemen-elemen yang harus dietahui juga pengertiannya,seperti:

  1. Home page : halaman awal sebuah web site dengan tampilan berupa teks dan grafis
  2. Web site : Semua halaman yankan semua  asalnya dari individu atau perusahan
  3. Hyperlinks : menghubungkan semua halaman pada web site
  4. Web master : individu yang bertanggung jawab terhadap sebuah web site
  5. URL : mengacu pada alamat sumber web site
  6. HTTP : komunikasi standard untuk mentransfer halaman melalui www di internet.

Dan masih banyak lagi selain elemen-elemen diatas ,yaitu Browser,Offline browser,search engines dan sebagainya .

 

Sekarang beralih ke pembahasan Intranet .

Intranet

Intranet merupakan jaringan internal yang menggunakan teknologi internet, Intranet tidak seluas jaringan internet, Intranet hanya terdapat pada sebuah perusahan ,pemakaian jaringannya hanya untuk sebuah prusahan dan tidak lebih dari itu. Intranet terkoneksi dengan internet.

Jaringan privatnya menggunakan aplikasi internet dan protokol IP/TCP.

 

Extranet

Perluasan extranet itu dri sebuah intranet, memberi akses yang mudah pada informasi perusahan dan kemudahan kerja sama dbagi mitra bisnis.

Virtual private networks (VPNs) sering digunakan untuk menambahkan keamanan dari komunikasi internet.

Ya demikian pembahasan yang minggu k 8 kmren itu , jadi intinya ketiga jaringan ini sangat berkaitan dan berpengaruh  dan bermanfaat untuk individu dan organisasi ataupu perusahan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php