Wimna Titicreyda Koenoe

Week 4 :Computer hardware

Posted: September 23rd 2012

Perangkat keras komputer adalah sistem informasi perangkat keras komputer  yang didalamnya sudah diklasifikasikan  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.

Komponen-komponennya terbagi menjadi  4:

  1. CPU
  2. Memory
  3. Input devices
  4. Output devices

Proses CPU adalah menjalankan instruksi dan memberitahukan bagaimana komputer bertindak, Memory adalah Tempat penyimpanan data dan instruksi tapi hanya bersifat sementara. Input devices merupakan  komponen hardware untuk memasukkan data dan instruksi ,ada 2 tipe input yaitu Data dan Instruksi . Output devices merupakan komponen   yang  menyampaikan data atau informasi yang sudah dimasukkan ke pengguna.

 

CPU dan Memory merupakan 2  komponen utama  dari mainboard/motherboard.

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang di dalamnya terdapat sistem unit terdiri dari Adapter,Cards,Processor,Chips,dan memory chips disebut juga system board. Processor adalah otak dari komputer yang merupakan komponen untuk mengeksekusi instruksi dalam menjalankan tugas pengolahan.Komponennya adalah Control unit,Arithmetic logic unit,Registers,Primary storage.

Fungsi dari 4 komponen diatas adalah

1.Control unit:

– Menafsirkan instruksi

-Mengakses instruksi program

-Mengontrol aliran data di sistem

2.ALU(Arithmetic-Logic Unit):

– Melakukan proses pada komputasi data

-Melakukan komparasi data

3.Registers:

– Area penyimpanan berkecepatan tinggi yang menyimpan data dan instruksi

4.Memory:

– komponen elektronik yang menyimpan instruksi,data dan hasil

– Terdiri dari 2 jenis Primary storage and Secondary storage

Primary storage adalah penyimpanan yang sifatnya sementara (informasi,sistem operasi,aplikasi lunak) ,Tipe dari primary storage yaitu Register,Ram ,Chace memory.

Secondary storage ,lebih murah dan lebih lambat dari primary storage ,kapasitas penyimpanannya juga besar ,memorynya bisa dihapus dan diprogram ulang.

Intruksi yang diambil dari primary storage oleh control unit ,ada beberapa step . step pertama operasi CPU instruksi program/item data memory, kedua adalah decode,ketiga adalah execute ,dan yang keempat adalah menampilkan data dari memory dan monitor.

Semakin banyak RAM respon komputer akan lebih cepat, di dalam CPU juga bukan hanya satu pemrosesan tetapi lebih dari satu ,dari pembelajaran tentang perangkat keras selasa kemarin kita jadi tahu komponen-komponen dalam perangkat keras komputer itu apa-apa saja.

Inilah beberapa klasifikasi komputer  :

  1. Super komputer →  komputer yang komputasinya bersifat super cepat, besar karena terdiri dari berbagai gabungan komputer dalam jumlah yang banyak. penggunaan super komputer contohnya digunakan oleh NASA.
  2. Mainframe →komputer yang komputasinya sangat cepat  dan banyak digunakan di aplikasi militer, perusahaan dan komersial.
  3. Minicomputer  →komputer kelas menengah yang banyak digunakan oleh universitas dan laboratorium.
  4. Microcomputer →komputer kelas bawah yang paling banyak digunakan dan sifatnya personal contohnya seperti Laptop dan PC.

Ada beberapa strategic hardware issues yaitu:

  1. Produktivitas
  2. Perubahan gaya bekerja
  3. Produk dan layanan baru ,
  4. Dan peningkatan komunikasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php