Welly Pamungkas

Managing Organizational Data and Information

Posted: October 16th 2012

Dalam penyimpanan suatu data tentunya membutuhkan banyak pemirkiran.

Menyimpan data ke dalam suatu basis data itu dapat diterapkan dengan berbagai cara. Tentunya penerapan seperti apapun pasti ada kelebihan dan kekurangannya tidak semuanya itu sempurna.

Di dalam basis data, itu terdapat 3 pokok penting dalam sebuah table penyimpanan data berupa Field, Record dan File.

  • Field
    Pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka
  • Record
    Pengelompokan logis dari field yang terkait yang merupakan bagian dari beberapa field
  • File
    Pengelompokan logis dari records yang terkait yang merupakan gabungan dari beberapa record

Dalam melakukan penyimpanan data terdapat beberapa masalah seperti redudansi data, salinan yang tidak lagi sama, data tidak akurat, akses yang tidak jelas, sulit dalam melakukan akses dan mengintegrasikan.

Untuk membantu menyelesaikan masalah yaitu dengan DDMS (Database Management System) dengan melakukan pengelolaan data dalam berbagai jenis implementasi.

Dalam menempatkan data ada 2 pilihan yaitu terpusat(Centralized) maupun terdistribusi(Distributed) dimana jika penyimpanan secara terpusat akan sangat riskan dalam melakukan suatu backup data, karena bersifat terpusat dalam 1 tempat dan jika terjadi kerusakan maupun bencana maka data tidak dapat diselamatkan, sedangan jika secara terdistribusi, dalam waktu tertentu akan melakukan backup data ke berbagai tempat, karena databasenya tidak hanya terpusat pada 1 tempat saja.

Lebih disarankan dalam suatu perusahaan besar lebih condong ke Distributed database, sehingga keamanan data pun dapat diselamatkan dari suatu masalah yang mungkin terjadi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php