Welly Pamungkas

Perkembangan “Computer Hardware” di tahun 2012

Posted: October 1st 2012

COMPUTER HARDWARE

Apakah anda sudah mengerti apa itu “Computer Hardware”?

Sebelum mengenal lebih jauh, tentunya kita harus mempunyai bayangan mengenai Computer Hardware ( Perangkat Keras Komputer).  Sebenarnya Computer Hardware sendiri bisa kita kategorikan ke dalam 4 buah komponen yaitu sebagai CPU (Central Processing Unit), Memori, Perangkat input dan output. Itulah bayangan sederhana mengenai Computer Hardware.

CPU merupakan otaknya komputer.  Sebenarnya, CPU bisa kita sebut sebagai pusat kemampuan komputasi komputer dalam mengeksekusi suatu instruksi untuk melakukan suatu tugas atau petunjuk yang harus dilakukan. CPU sendiri seringkali kita artikan sebagai Casing Computer, hal tersebut sebenarnya salah. Processor lah yang merupakan CPU. Laptop maupun notebook juga terdapat processor didalamnya, jadi persepsi tersebut sering disalah artikan. Dari CPU sendiri itu terbagi menjadi Control Unit, ALU dan Register. Masing-masing komponen CPU memiliki tanggung jawab sendiri-sendiri. Itulah gambaran mengenai CPU.

Memori. Mendengar kata memori tentunya kita tahu apa itu memori. Gambaran memori adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penyimpan. Memori dalam arti yang lebih mendalam sebenarnya terbagi menjadi 2, yaitu memori primer dan sekunder. Memori primer merupakan suatu memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Jadi proses penyimpanan tersebut tidak bersifat permanen tetapi sementara. Sedangkan memori sekunder merupakan suatu memori yang digunakan untuk menyimpan data yang dapat dihapus ketika perlu. Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dari memori primer dengan sekunder. Memori sekunder tentunya  memiliki penyimpanan yang besar, tetapi lebih lambat dibandingkan primer.

Kemudian, untuk mengenal perangkat input maupun output tentunya sudah sering kita jumpai hampir disetiap harinya. Gambaran singkatnya untuk input berarti memasukkan atau mengirimkan suatu instruksi, sedangkan output adalah hasil dari suatu instruksi. Supaya lebih jelasnya lagi perangkat input bisa kita gambarkan seperti keyboard, mouse, dll. Untuk perangkat output sendiri bisa berupa monitor, LCD, printer, dll.

Sebenarnya untuk mengenal Hal tersebut tidaklah susah, karena perkembangan teknologi sudah semakin cepat. Bahkan jika kita memiliki teknologi tercanggihpun tentunya pada masa yang akan datang sesuatu yang paling canggih itu juga cepat atau lambat akan digantikan oleh sesuatu yang baru. Inilah pesatnya perkembangan Computer Hardware masa kini.

Kita bisa melihat di tahun 2012 ini, sudah banyak sekali perangkat keras yang sangat modern dan tentunya semakin canggih dari yang sebelumnya. Kita bisa mengikuti perkembangan hardware dari berbagai macam majalah, internet, ataupun di toko-toko komputer yang tentunya pasti mengikuti perkembangan hardware. Contohnya saja di kota Jogja ini pada tanggal 29 September 2012 sampai 3 Oktober 2012 terdapat pameran komputer. Kita bisa jelajahi pameran tersebut untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang perkembangan hardware masa kini. Seperti itulah perkembangan Hardware yang semakin cepat, berawal dari harga yang sangat tinggi semakin lama harganya pun semakin menurun.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php