Welly Pamungkas

Peranan IT dalam Organisasi Modern

Posted: September 17th 2012

Dalam kehidupan sekarang ini, IT semakin berkembang. Dalam lingkup suatu organisasi, tentunya terdapat tolok ukur untuk memajukan suatu organisasi tersebut.

Suatu Organisasi Modern itu ditentukan oleh IT?

Bertanya-tanya tentang IT, apakah benar IT yang memungkinkan adanya suatu kemajuan Organisasi?

Suatu organisasi yang memanfaatkan teknologi IT, tentunya akan menjadi suatu organisasi yang jauh lebih maju. Jadi sangatlah memungkinkan menciptakan suatu Organisasi Modern dengan memanfaatkan perkembangan IT yang tentunya dapat memaksimalkan kinerja suatu organisasi tersebut.

Nah, dari situlah kita dapat  mengerti dasar mengenai pentingnya IT dalam suatu Organisasi. Namun jika kita telusuri lebih dalam lagi, sebenarnya suatu Sistem Informasi lah memungkinkan untuk memegang kendali suatu organisasi modern.
Jika kita lihat secara teori, Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisis data serta menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. (Turban & Rainer, 2003)

Didalam suatu Sistem Informasi sendiri sebenarnya dapat kita jabarkan menjadi 2, yaitu Informasi mengenai Infrastruktur dan Arsitektur.                                                                                                                                                                                                                                                                              Dari Infrastruktur suatu Organisasi sendiri tentunya meliputi suatu fasilitas, layanan dan pengelolaan yang memungkinkan untuk mendukung semua sumber daya yang ada dari organisasi tersebut. Contohnya saja seperti hardware, software, suatu server yang digunakan untuk menampung data, dll.

Sedangkan dari Informasi Arsitektur, memudahkan dalam memperoleh informasi mengenai kebutuhan perusahaan dan lebih mengarah ke suatu strategi bisnis untuk memperoleh kebutuhan tersebut, sehingga kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php