Wahyu_whitestar

Wireless,Mobile Computing,dan Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Wireless,Mobile Computing, dan Mobile Commerce

 

  • Microbrowser

Microbrowser adalah Browser yang digunakan untuk piranti mobile yang memiliki keterbatasan dalam mengakses Web.

  • Microbrowser

Adalah  sebuah aplikasi yang di gunakan untk menampilkan file-file yg mendukung web dalam aplikasi microbrowser. Biasanya file ini berektensi wml wbmp untuk menampilkan gambar. Melalui microbrowser pengguna internet maupun ponsel mampu berinteraksi dengan pengguna lain dg memamfaat kan fasilitas yang di sdiakan penyedian layanan. Microbrowser adalah software kecil yang dapat bekerja pada komputer dengan spesifikasi yang sangat rendah, memory yang kecil dan CPU yang lambat. Kita dapat menampilkan informasi yang ditulis dalam bahasa mark-up yang disebut WML. Microbrowser juga mendukung script tambahan yaitu JavaScript yang disebut WMLScript.Teknologi WAP sebenarnya merupakan protokol standar Internet yang dikembangkan dari protokol data tanpa kabel. Sehingga setiap pengguna ponsel bisa mengakses beragam informasi dan layanan di Internet seperti layaknya komputer.

  • Contoh-contoh dari kegunaan WAP Browser:
    • memeriksa informasi pemberangkatan transportasi umum dan memesan tiket.
    • memperlihatkan informasi lalu lintas.
    • memeriksa keadaan cuaca.
    • mencari pasar saham.
    • mencari nomor telepon.
    • melihat hasil pertandingan olahraga.
    • berdiskusi dengan orang lain diseluruh dunia dalam wadah FORUM saling menukar informasi dan menambah wawasan tanpa batasan.
    • membuat rekening e-mail, menulis, mengirim, menerima dan membaca e-mail.
    • mengunduh (download) file-file suara, gambar maupun video dengan berbagai format.
    • media pengawas dan penge
    • Pager

Pager merupakan Sebuah komunikasi dalam bentuk satu arah.

 

  • Transmisi menggunakan Wireless
    • Dengan microwave

Microwave merupakan point ke point komunikasi action.

  • Transmisi Satelit

Sistemnya berkomunikasi dengan satelit.

Menurut orbitnya ada tiga (3) yaitu

  1. Low Earth Orbit
  2. Med Earth Orbit
  3. Geostationary Eart Orbit.
  • Semakin tinggi area cangkupannya makin luas.
  • Area yang dijangkau satelit disebut pointprant.
  • Broadcast Transmision

Memungkinkan satelit dapat berkomunikasi dengan banyak reserver.

  • Propagation Delay

Jeda waktu transmisi dari GED.

  • GPS(Global Positioning System)

Merupakan suatu system wireless yang digunakan untuk mendeteksi lokasi.

  • Internet Over Satelite (IOS)

Internet Over Satelite berguna untuk berkomunikasi ke jaringan internet, tetapi melalui menggunakan satelit.

  • IEEE Standar untuk wireless

IEEE 802.11 adalah sebuah standar untuk implementasi jaringan Wireless atau Nirkabel pada frekuensi band 2.4, 3,6 dan 5 GHz. Jadi semua perangkat dan ketentaun yang ada pada wireless saat ini mengikuti standar ini, dengan adanya standar dimaksudkan agar setiap perangkat wireless yang berbeda tetap dapat berkomunikasi meski berbeda vendor.
Sampai saat ini ada lima standar jaringan wireless yang sudah digunakan, dan ada satu standar yang masih berupa draft.

1. IEEE 802.11 (Legacy)
IEEE 802.11 adalah versi asli dari standar Wireless LAN yang dirilis pada 1997, namun kini sudah sama sekali tidak digunakan lagi. Beroperasi pada band 2.4 GHz, dan data rate yang ditawarkan hanya 1 Mbps dan 2 Mbps, itu sebabnya kini sudah tidak digunakan lagi karena untuk saat ini data rate 2 Mbps terlalu kecil untuk komunikasi jaringan.

2. IEEE 802.11a
Generasi Penerus dari sang Legacy ini dirilis pada tahun 1999, dengan menggunakan Band 5 GHz dan menawarkan data rate sebesar 6, 9, 12, 18, 24, 36, 48, dan 54 Mbps. Serta menggunakan skema modulasi OFDM.

3. IEEE 802.11b
Standar ini dirilis bersamaan dengan IEEE 802.11a pada 1999, namun ia beroperasi pada Band 2.4 GHz, namun IEEE 802.11b ini justru menawarkan data rate yang lebih rendah yaitu 1, 2, 5.5 dan 11 Mbps. Rendahnya data rate ini dibandingkan dengan IEEE.802a dikarenakan menggunakan skema modulasi DSSS, karena skema modulasi yang digunakan IEEE 802a (OFDM) lebih memungkinkan untuk mentransfer data dengan data rate yang lebih tinggi.

4. IEEE 802.11g
Standar yang dirilis pada Juni 2003 ini merupakan soulusi dan juga gabungan dari IEE 802.11a dan IEEE 802.11b, karena menggunakan Band 2.4 GHz namun data rate yang ditawarkan dapat mencapai 54 Mbps, ini dikarenakan menggunakan skema modulasi yang dipakai IEEE 802.11a yaitu OFDM, selain itu keunggulan IEEE 802.11g juga kompatibel secara penuh dengan IEEE 802.11b karena menggunakan frekuensi yang sama 2.4 GHz. Dengan munculnya IEEE 802.11g, perlahan standar IEEE 802.11a mulai ditinggal karena ketidak kompatibelannya dengan standar b dan g.

5. IEEE 802.11n
IEEE 802.11g dapat beroperasi pada frekuensi band 2.4 GHz maupun 5 GHz, namun meski begitu standar yang dirilis pada tahun 2009 ini tidak sepenuhnya kompetibel dengan standar IEEE 802.11g, meski tidak kompatibel dengan IEEE 802.11, data rate yang  ditwarkan masih cukup besar dalam mode mix (kompatibel dengan b/g/n) yaitu 150 Mbps, sedangkan dalam mode yang menggunakan standar IEEE 802.11n sepenuhnya (menggunakan band 5 GHz dan tidak standar dengan b/g) maka data rate dapat mencapai 600 Mbps, ini hanya dapat digunakan setelah semua perangkat berpindah ke standar IEEE 802.11n.  Keunggulan lainnya menggunakan antena MIMO (Multiple Input Multiple Output) yaitu menggunakan antena  penerima  dan pengirim yang jumlahnya lebih dari satu. Dengan penggunaan antena MIMO ini,  didapat  banyak  keuntungan, misalnya  peningkatan  throughput  data  dan link  range  tanpa  tambahan  bandwidth  atau  daya  transmisi,  Peningkatan spectral  efisiensi,  dan mengurangi  fading  (link  reability)

6. IEEE 802.11ac (Draft)
IEEE 802.11ac adalah standar yang sedang dikembangkan yang akan memberikan throughput yang tinggi di band 5 GHz. Spesifikasi ini akan memungkinkan multi-station WLAN throughput  minimal 1 Gbps dan throughput link maksimum tunggal, minimal 500 Mbps.

Mobile Computing dan Mobile Commerce

 

 

 

 

  • Mobile Computing

1. Definisi Mobile Computing

adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa Mobile Computing saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan penggunaan komputer saat ini pun sangat tinggi, sehingga penggunaan Mobile Computing dapat memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan menggunakan komputer.

2. Perkembangan Mobile Computing

Perkembangan Mobile Computing pasti juga mempengaruhi perkembangan Hardware dari Mobile Computing itu sendiri, perkembangannya dimulai dari bentuk sampai teknologi Hardware yang ada di dalamnya yang bertujuan untuk memudahkan sang pemakai.

3. Jenis Mobile Computing

Mobile Computing yang ada saat ini ada beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Laptop merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana.
  • Wearable Computer atau komputer yang dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200. W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200 memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE Windows atau sistem operasi Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk mengakses sistem host remote melalui kabel terintegrasi atau antarmuka nirkabel.
  • PDA(Personal Digital Assistants) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana.  Versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh
  • SmartPhone adalah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel .

4. Tools Untuk Mobile Computing

Dibawah ini adalah beberapa tools Mobile Computing dan kegunaannya.

  • Java ME, popular untuk game
  • Symbian, general purpose, didukung Nokia
  • Android adalah berbasis Linux
  • iPhone , hanya pada Mac OS X
  • Lazarus, bermanfaat utk porting object Pascal
  • Palm OS, kuat di US
  • dll

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php