Wahyu_whitestar

Organisasi Data dan Informasi

Posted: October 8th 2012

ORGANISASI DATA DAN INFORMASI
Data adalah Database yang berisi file, file berisi catatan, rekaman berisi bidang, bidang mengandung karakter tulisan atau sebuah angka. Ada data yang berbentuk data Pengaturan dan Akses.
•    Field adalah suatu grup logic yang dari karakter yang membentuk suatu word angka. Field ini berbentuk kolom. Pengertian lain Field adalah bagian dari table yang merupakan item-item (kolom) dari data.
Field dibagi tiga komponen yaitu  :
1.    Nama Field,  pada sistem operasi windows boleh dibuat bebas seperti contoh: Nomor Induk, Nama Pegawai, Golongan, Tgl_lahir, dsb
2.    Tipe Field, Ada beberapa macam tipe dari field.
3.    Properti Field, berfungsi untuk mengatur masukan dan tampilan data.
Beberapa macam tipe dari field, contoh :
1. String:  Tipe field untuk data-data string/ character seperti NIP,Nama, Alamat, Golongan, dsb.
2. Number:  Tipe field untuk data-data numeric/ angka.

•    Record adalahkumpulan elemen-elemen data yang digabungkan menjadi satu kesatuan, masing-nasing elemen data tersebut dikenal dengan sebutan field.
•    File adalah suatu grup logic yang didalamnya berisi kumpulan dari beberapa record.
•    Data Base adalah suatu logic yang didalamnya berisi kumpulan  dari beberapa file.
Suatu field memiliki kombinasi dari satu atau beberapa karakter. Filed ini berbentuk suatu kolom.
•    Field Size mempunyai fungsi sebagai tampungan (ukuran) suatu karakter.
•    Field Name  mempunyai fungsi untuk menampilkan Nama dari sebuah karakter yang unik.
•    Data Type “Type yang digunakan untuk menampilkan sebuah data seperti sebuah Text, Numeric, AutoNumber, Currency, Date, Memo, Yes/No, Hyperlink, dan Object.
Data Manajemen Terminolgy memliki beberapa komponen seperti:
1.    Primary Key adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key. Pengertian lain dari Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel.
Ada beberapa kriteria Primary Key:
•    Key tersebut lebih natural untuk dijadikan acuan
•    Key tersebut lebih sederhana
•    Key tersebut cukup uniqe
2.    Secondary Key adalah suatu data pembeda yang tidak unik.
3.    Entity adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Pegertian lain dari Entity atau Entitas yaitu sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain.
4.     Attribute adalah setiap karakteristik atau kualitas menggambarkan entitas tertentu atau ini bisa disebut suatu field.
Penempatan Data yang ada didalam Database, untuk database ada dua pilihan yaitu terpusat(ada 1 pusat dan ditribusi( ada lebih dari 1 data yang bisa di kelola).Data terpusat memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan data terpusat adalah tidak perlu ada sinkronisasi,servicenya mudah karena terpusat,untuk areal kecil kecepatan lebih cepat. Sedangkan kekurangan dari data terpusat yaitu bisa lebih lambat karena area luas.
Data terdiribusi memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu kelebihannya memerlukan proses sinkronisasi,memiliki sifat cepat di area luas, dekat dengan penggunanya. Kelemahannya lambat di area yang kecil.Database Management System adalah Satu set program perangkat lunak yang menyediakan akses ke database. Data ini disimpan dalam satu lokasi, dari yang dapat diperbarui dan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php