vynstantia

Eats Sweets and Stay Slim?

Posted: May 28th 2013

coklat, permen, es krim dan makanan manis lainnya merupakan makanan yang disukai oleh semua orang dari anak kecil hingga orang tua..

bahkan.. nasi yang menjadi makanan pokok sebagian besar orang Indonesia mengandung karbohidrat yang akan diubah menjadi gula..

kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kegemukan (obesitas) yang beresiko menjadi penyakit Diabetes.

Pada bulan Maret 2009 seorang Profesor University of California Berkeley, Amerika Serikat, menyelidiki proses perubahan karbohidrat menjadi lemak dan mereka menyimpulkan bahwa gen molekul DNA Protein Kinase (DNA – PK) berperan penting dalam merubah karbohidrat menjadi lemak, dimana DNA – PK sebelumnya diketahui berfungsi memperbaiki kerusakan rangkaian DNA.

Pada Desember 2012 ditemukan molekul baru BAF60c yang juga berperan merubah karbohidrat menjadi lemak. BAF60c diketahui sebagai salah satu molekul dalam struktur kromatin (chromatin). Chromatin adalah struktur yang terdiri dari rangkaian DNA dan protein. Chromatin berfungsi dalam mengepak / melipat rantai DNA yang panjang supaya muat dalam nukleus (inti sel).

BAF60c ditemukan di cairan sel di luar nukleus (cytoplasm). BAF60c kemudian merekat pada bagian chromatin yang terdapat gen yang mengatur sintesis (produksi) enzim – enzim perubah karbohidrat menjadi lemak. BAF60c mengaktifkan proses perubahan karbohidrat menjadi lemak.

Penelitian – penelitian molekuler tersebut membantu menemukan sasaran pengobatan baru untuk mengendalikan lemak tubuh, namun cara terbaik melawan obesitas tetaplah dengan menjaga pola makan sehat / seimbang dan berolah raga teratur.


2 responses to “Eats Sweets and Stay Slim?”

  1. Redita Tonapa says:

    Waahhh.. trus mesti makan apa dong Vyns?
    diubah jadi gula -> diabetes
    diubah jadi lemak -> obesitas
    hhehe
    😀 😀 😀

  2. Libertho Ricky says:

    mungkin susunan tulisannya bisa dibuat rata kiri aj, biar lebih enak bacanya hehe..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php