Vitalis Dian Novitasari

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: December 2nd 2012

Perangkat Nirkabel mudah dibawa atau dipakai , memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lainnya. Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan. Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah. Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Microwave sistem transmisi banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point. Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama pemancar dan penerima harus dalam satu garis sama lain (disebut line-of-sight), Dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.

Satelit transmisi Sistem menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda: Geostasioner (GEO), Medium-earth-orbit (MEO), Low-earth-orbit (LEO)

Footprint luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data. Broadcast transmission memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu. Propagation delay adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia. IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.

Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima. Inframerah cahaya lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

Bluetooth digunakan untuk membuat PANS kecil: menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter; menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis; dapat mengirimkan hingga 1 Mbps. Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

Zigbee target aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah. WLAN membutuhkan pemancar dengan antena, disebut nirkabel jalur akses, Yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet. Wireless network interface card (NIC) , Hotspot.

Masalah Dengan Wifi

–          Roaming – Pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.

–          Keamanan – Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.

–          Biaya – Komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.

WiMax –>Di seluruh dunia Interoperabilitas untuk Microwave Access, Dikenal sebagai WiMax, Adalah nama untuk standar IEEE 802.16.

Mobile Computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.

M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet.

Mengakses Informasi : Mobile Portal, Voice Portal. Wireless Telemedicine à Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyediaan perawatan klinis untuk individu terletak pada jarak dan untuk transmisi informasi untuk memberikan perawatan itu.

Telemetry Applications –> Telemetry adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.

Radio Frequency Identification –>Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan mereka melalui sinyal radio.

Wireless Sensor Networks adalah jaringan yang saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan dalam lingkungan fisik.

 

 

 

 

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

E-COMMERCE

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php