Vitalis Dian Novitasari

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: November 4th 2012

 Komunikasi computer adalah proses dimana dua atau lebih computer atau perangkat transfer data, instruksi, dan informasi. Komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransfer informasi dari satu lokasi ke lokasi lain : Perangakat keras, media, jaringan,perangkat lunak, komunikasi data penyedia, protocol, aplikasi.

Sinyal telekomunikasi ada 2 yaitu : 1. Sinyal analog : gelombang kontinyu, informasi yang dsampaikan olek karakteristik gelombang perubahan (amplitude dan frekuensi). 2. Sinyal digital : informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (on atau off pulses)

Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerima : 1. Modem : perangkat yang mengubah sinyal analog ke digital(dan sebaliknya), memungkinkan transmisi sinyal melalui system telepon. 2. Multiplex : perangkat yang menstransmisikan beberapa sinyal melalu media tunggal. 3. Front-end Processor : computer khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi.

Kabel saluran komunikasi :

– Twisted-pair wire : murah dan dengan mudah untuk bekerja. Lambat, terganggu, keamanan rendah.

– Coaxial cable : membawa lebih banyak data. Lebih mahal, sulit untuk bekerja, keamanan rendah.

– Fiber – optic cable : mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui fiber glass. Cepat, kapasitas tinggi, aman, tidak terganggu. Sulit untuk bekerja.

– Microwave : kapasitas tinggi, relative murah untuk kawat. Membutuhkan garis menara transmisipandangan, terganggu lingkungan.

– Satelit : sangat tinggi kapasitasnya. Cakupan area sangatt luas. Mahal, memerlukan enkripsi unuk keamanan.

– Radio : cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah, mudah untuk menginstal, kecepatan tinggi, tidak aman.

Memahami media komunikasi : 1. Kecepatan transmisi : – Bandwidth : rentang frekuensi yang tersedia dalam saluran. Lebih banyak bandwidth kapasitas channel lebih. 2. Modus transmisi : – karakter demi karakter(asynchronous) dan aliran karakter (sinkron). 3. Transmisi akurasi : – Control akurasi ke pesan ditambah. – Kesalahan yang diperlukan deteksi dan koreksi. Jaringan : alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan 2 atau lebih system computer.

LIngkungan jaringan : – Local Area Network(LAN): sbuah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relative kecil. LAN dapat dihubungka ke jaringan eksternla melalui gateway. – Wide Area Network (WAN) : jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas.

Internet adalah WAN terbesar di dunia.

• Nilai tambah jaringan (VAN) – Swasta, data-satunya jaringan yang dikelola oleh pihak ketiga; diakses melalui berlangganan.

• Virtual private network (VPN) – Aman gerbang antara sistem perusahaan dan internet.

Komponen jaringan komunikasi perangakat lunak :  Jaringan Sistem Operasi – Memungkinkan semua perangkat pada jaringan untuk berkomunikasi  Manajemen Jaringan Perangkat Lunak – Menyederhanakan tugas manajemen jaringan manusia  Protokol – Menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan Jenis-jenis protocol : Ethernet, TCP-IP.

RINGKASAN • Komponen dari sistem Telecomm • Jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem Telecomm • Jenis jaringan • Cara untuk mengatur pemrosesan jaringan • Cara untuk memanfaatkan jaringan dalam bisnis saat ini


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

MENGELOLA DATA ORGANISASI DAN INFORMASI

Go to post

THE INTERNET, INTRANETS AND EXTRANETS

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php