Vipen

Week 11 : Wireless and Mobile

Posted: November 30th 2012
Wireless ?? Wireless adalah teknologi tanpa kabel . Beberapa tahun yang lalu, pada saat media komunikasi utama adalah telepon genggam. Dimana telepon genggam ini digunakan berkomunikasi dengan seseorang dan harus menggunakan kabel.
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan akan teknologi pun semakin meningkat. Kecerdasan dan intelektual manusia semakin bertambah membuat manusia  terus-menerus menciptakan suatu teknologi canggih yang efisien dan efektif.
Salah satu teknologi tersebut yaitu wireless atau teknologi tanpa kabel yang sudah tidak asing lagi bagi kita dalam dunia internet saat ini.  Berdasarkan sumber yang saya baca. Wireless adalah hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Nah, dengan adanya teknologi wireless ini, yang dulunya kita berkomunikasi menggunakan telepon dengan menggunakan kabel, sekarang kita dapat berkomunikasi dengan seseorang dimana pun kita berada dengan menggunakan telepon seluler atau tanpa kabel. Inilah yang dinamakan mobile communication. Dimana, mobile berarti bergerak.
Lalu, bagaimana konsep komunikasi seluler itu sendiri ?
Sistem komunikasi seluler mencakup sejumlah pengguna wilayah geografis yang luas, dalam spektrum frekuensi terbatas. Sistem ini memberikan layanan yang berkualitas tinggi yang dapat dibandingkan dengan sistem telepon kabel.. Sehingga dapat melakukan teknik perpindahan yang canggih yang disebut handoff yang memungkinkan untuk melanjutkan panggilan tanpa ada gangguan ketika pengguna bergerak, yang terhubung ke satu sel ke sel yang lain.
Sistem seluler dasar yang terdiri dari Mobile Station, Base Station, dan Mobile Switching Centre. Setiap ponsel berkomunikasi melalui radio dengan salah satu base station dan memungkinkan untuk handoff dengan sejumlah base station sepanjang durasi panggilan. Mobile station berisikan transceiver/pemancar, antenna, dan sirkuit control, dan dapat dipasang di dalam kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php