Vipen

Week 4 : Computer Hardware

Posted: October 1st 2012
Hardware adalah : perangkat keras pada computer yang dapat dilihat oleh mata dan dapat tersentuh oleh tangan,  perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, Contoh dari hardware seperti monitor,CPU, keyboard, mouse.

Komponen hardware dari informasi sistem :

– CPU (central processing unit)/system unit
– Memory (primary and secondary storage)
– Input devices
– Output devices
– CPU (central processing unit) atau mesin memproses yang disokong oleh motherboard (papan induk) dan dibantu oleh komponen-komponen yang terdapat di dalam motherboard tersebut.
– Primary Memory adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program di personal komputer (PC)

Jenis Memory Utama :

1. ROM (read only memory)

adalah memori yang hanya bisa di baca datanya saja pada program , personal komputer terdapat pada BIOS (basic input output system) ..

2. RAM (read acces memory) adalah memory yang memiliki kemampuan untuk di rubah data atau program yang tersimpan di dalam nya .. Jenis-jenis Ram : SDRAM, EDORAM, PDRAM, DDRAM
– Secondary Memory (memori sekunder) adalah memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.
* Input Device ( Perangkatan Masukan )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
* Output device ( perangkat keluaran )
Perangkat yang berfungsi sebagai perangkat keluaran dari hasil  sebuah intruksi yang telah  diproses oleh CPU
( central Prosessing Unit ). Adapun perangkat output device terdiri dari:

  1. Printer
  2. Speaker
  3. Projector

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php