Vinsensius Adityo

Wireless and Mobile

Posted: November 30th 2012

Berbicara soal wireless, tentu dalam benak kita muncul kata “hotspot”. Sadar atau tidak sadar, hotspot telah menjadikan kita semakin mudah terhubung dengan piranti lain melalui internet. Kebutuhan akan internet dan network, tentu menjadikan kita semakin mudah dalam memajukan segala aspek, seperti aspek bisnis, ekonomi, sosial, dsb.

Contoh konkret saja dengan adanya tablet yang berbasis android dan smartphone serta laptop, telah difasilitasi dengan adanya wi-fi yang memungkinkan kita untuk terkoneksi ke dalam internet tanpa bantuan kabel.

Dari kata “wireless” kita dapat menemukan arti di dalamnya. “Wire” yang berarti kabel dan “less” yang berarti kurang atau tanpa, maka wireless sendiri berarti tanpa kabel atau nir-kabel. Kita memanfaatkan signal atau gelombang yang dipancarkan oleh hot-spot dan menjalinkan kedua piranti tersebut, sehingga kita bisa terkoneksi ke dalam internet tanpa kabel.

Bahkan di zaman ini, piranti-piranti yang memanfaatkan internet nir-kabel pun semakin kompleks. Melihat dari sisi kebutuhan manusia akan internet dan piranti hardware atau gadget yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan manusia.  Dan manusia pun mau tidak mau harus berpindah-pindah tempat atau nomaden, maka perlu adanya fasilitas yang wireless dan bisa dibawa kemana-mana (mobile) dan dengan piranti yang portable.

Sudah umum dikalangan kita bahwa perangkat-perangkat yang kita gunakan saat ini, sudah memiliki fasilitas yang memadai, terutama untuk terkoneksi dengan wi-fi. Kita lihat saja contohnya dalam smartphone atau tablet yang kita gunakan. Ketika piranti menangkap adanya wi-fi di suatu area, tentu akan muncul tanda bahwa ada signal yang memungkinkan kita terkoneksi melalui internet. Kita hanya perlu mengkoneksikan piranti tersebut dengan wi-fi atau wireless yang ada, apabila sudah terkoneksi, akses internet pun jadi semakin mudah.

Merambah ke dunia bisnis. Internet juga menjadi salah satu hal yang vital di dalam perusahaan. Sebagai media komunikasi perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan individu, atau antar individu. Periklanan, bisnis dan transaksi sekarang dikembangkan melalui internet. Semakin suatu perusahaan itu mahir dalam memanfaatkan internet, maka pasar atau market atau individu akan semakin tertarik untuk memanfaatkan layanan yang disedikan di dalam internet. Dan tentu melalui hal tersebut, kita dapat merasakan bahwa peran internet menjadi sangat mendukung, jika kita memanfaatkannya dengan baik dan benar.

Tetap waspadai cyber-crime, karena kejahatan di masa kini tidak hanya terjadi di realita kita saja, tetapi juga melaluli dunia maya. Jadilah bijak dan manfaatkanlah internet dengan baik dan benar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php