Vinsensius Adityo

Data, Knowledge and Decission Support

Posted: November 30th 2012

Dalam hal ini, saya ingin mengajak Anda untuk fokus ke dalam dunia perusahaan. Di dalam perusahaan tentu dibutuhkan yang namanya data. Data yang dimaksud adalah data yang sudah dibentuk atau diolah oleh user, maupun data yang diperoleh oleh user. Di mana pun, sebuah data tentu berperan penting dalam penentuan kemajuan suatu perusahaan. Misalnya data keungan yang biasanya vital untuk dibicarakan. Dalam sebuah perusahaan, seorang akuntan selalu dibutuhkan untuk mengelola data keuangan yang ada di dalam perusahaaan. Dan tentunya, sering diminta untuk membuat laporan. Hal itu tidak hanya ada di dalam seorang akuntan saja, di profesi lain dalam perusahaan pun perlu membuat data.

Di dalam sebuah perusahaan, seorang manager atau leader akan selalu mengontrol hal-hal penting di dalam perusahaannya, termasuk kinerja karyawan-karyawan dan staffnya. Seorang manager juga harus menguasai teknologi sebagai modal dirinya untuk meng-handle sebuah perusahaan. Maka illmu pengetahuan (Knowledge) seorang manager, menjadi tonggak utama kelancaran dan kemajuan sebuah perusahaan. Tugas utama seorang manager adalah sebagai penentu pilihan atau decision maker. Setiap langkah dalam perusahaan dan visi-misi yang sudah dibuatnya, tentu menjadi titik awal seorang manager memimpin sebuah perusahaan.

Tentu sudah menjadi hal yang mendasar dalam sebuah perusahaan, bahwa setiap individu memiliki peran penting dan memiliki wawasan masing-masing yang diharapkan kemampuan atau knowledge mereka sesuai dan tepat guna di dalam suatu perusahaan. Sehingga tidak ada tenaga kerja yang kemampuannya tidak digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Maka manager perlu me-manage karyawan mereka sesuai kemampuan dan di sinilah peran manager, yaitu me-manage. Semakin seorang manager tepat dalam menetapkan pilihan, maka kinerja dari setiap karyawan akan menghasilkan segala data yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta perusahaan akan semakin maju dan berkembang.

Pertanyaanny adalah, apakah perusahaan Anda sudah di-manage dengan baik dan benar?

Nah… kaitannya dengan IT adalah IT itu berperan membantu manager dalam mengolah database, di mana database itu akan dimanfaatkan oleh manager untuk melihat, menentukan dan menetapkan suatu pilihan, entah pemilihan bidang kerja bagi tiap karyawannya, kenaikan gaji karyawan, melihat kinerja karyawan dan sebagainya. Maka IT menjadi decision support bagi manager.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php